Home / Hunian / Untung Rugi Tinggal di Apartemen Superblok dan Tunggal

Untung Rugi Tinggal di Apartemen Superblok dan Tunggal

Tinggal disebuah apartemen merupakan salah satu alternatif yang dipilih beberapa orang yang tinggal di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Apartemen dipilih karena tempatnya yang nyaman dan fasilitas yang langsung didapat ketika membeli ataupun menyewanya dan juga bujet yang tidak kunjung cukup untuk membeli tanah ataupun rumah.

Untung Rugi Tinggal di Apartemen Superblok dan Tunggal

Tidak hanya itu, apartemen menjadi hunian favorit masyarakat saat ini karena lebih dekat dengan tempat kerja atau kantor mereka, sehingga Anda tidak perlu berada dalam perjalanan selama berjam-jam hanya untuk sampai ke kantor.

Perbandingan Tinggal di Apartemen Superblok dan Tunggal

Meskipun di daerah pinggiran banyak yang menawarkan rumah dengan harga miring, namun rumah di kawasan pinggiran lokasinya sangat jauh dari tempat kerja Anda dan akses transportasi umum yang sulit untuk dicari.

Baca Juga: Meneliti Peluang Untung Besar Berbisnis Rumah Bekas

Jika Anda berminat tinggal di sebuah apartemen, maka Anda wajib mengetahui terlebih dahulu untung rugi tinggal di apartemen superblok dan tunggal untuk menentukan lebih cocok mana untuk dijadikan sebagai hunian Anda. Berikut ini adalah perbedaan terkait untung rugi kedua apartemen tersebut.

1. Apartemen Superblok

Apartemen superblok merupakan sebuah bangunan apartemen yang mempunyai ciri dimana semua bangunannya menjadi satu, seperti mall, perkantoran, dan kawasan komersial lain yang menyatu dengan hunian Anda.

Apartemen Superblok
Photo: Liputan6.com

Biasanya, antar bangunan hanya dibatasi dengan tembok serta hanya memiliki satu pintu masuk saja.

Harga yang ditawarkan apartemen ini memang cenderung lebih mahal dibandingkan apartemen tunggal karena akses mudah untuk ke tempat-tempat komersial tadi.

Namun tidak perlu khawatir, karena harga jual apartemen superblok juga lebih tinggi apabila dibandingkan dengan apartemen tunggal, karena aksesnya yang mudah tersebut.

Baca Juga: Ini Daftar Fasilitas Apartemen Yang Harus Ada

Di Jakarta, beberapa apartemen yang merupakan tipe apartemen superblok adalah Senayan City, Central Park Podomoro City, Gandaria City, dan lain-lain.

Tinggal di sebuah apartemen superblok menjadikan penghuninya dapat memenuhi kebutuhan hidupnya hanya dalam satu kawasan kecil, sehingga tidak diperlukan mobilisasi yang sulit ketika ingin ke tempat yang jauh, seperti Mall.

Hal ini tentunya akan membuat waktu Anda digunakan secara efektif dan efisien serta menghemat uang dan energi.

Bagi sebuah kawasan yang mempunyai berbagai fasilitas publik dalam satu area yang masing-masingnya saling berhubungan dan hanya dibatasi oleh tembok saja merupakan sebuah nilai tambah yang dapat Anda manfaatkan ketika suatu hari nanti ingin menjual apartemen tersebut.

Setidaknya selain memenuhi kebutuhan hunian, dengan adanya apartemen superblok ini juga memberi efek pada perekonomian baru yang terhubung dengan fasilitas publik yang ada di kawasan apartemen ini.

Oleh karena itu, apartemen superblok menjadi salah satu sumber investasi terbaik di masa yang akan datang.

2. Apartemen Tunggal

Apartemen tunggal merupakan sebuah apartemen yang tidak menyatu dengan berbagai fasilitas publik yang menjadikan apartemen ini sebagai hunian yang privasinya terjaga dengan baik.

Apartemen Tunggal
Photo: OKEzone.com

jadi, apartemen ini benar-benar sebuah apartemen yang digunakan sebagai tempat tinggal saja. Tipe apartemen tunggal ini sangat cocok bagi Anda yang menghindari kebisingan ibu kota ataupun memang tidak suka dengan keramaian.

Selain itu, kelebihan dari apartemen tunggal adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan apartemen superblok dan juga biaya tagihan perbulan yang lebih sesuai dengan bujet.

Kelebihan itu membuat apartemen ini banyak diminati oleh kelompok-kelompok karyawan ataupun pendatang yang ingin mengadu nasib di kota-kota besar.

Kompleks apartemen tunggal juga dibuat lebih eksklusif karena tidak akan banyak orang yang hilir mudik kesana kemari karena akses mobilisasi tidak semudah apartemen superblok. Anda juga akan mendapatkan suasana yang tentram dan nyaman bila tinggal di apartemen tunggal.

Apartemen tunggal cocok dipilih sebagai hunian bagi pasangan baru ataupun anak rantauan, hal ini dikarenakan biaya yang lebih murah sehingga tidak perlu mengeluarkan pengeluaran lain yang lebih besar.

Selain itu, apartemen tunggal juga lebih mudah dirawat serta lebih terlihat asri karena tidak bercampur dengan fasilitas pelayanan publik, seperti mall, klinik, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, apabila Anda merasa lebih cocok tinggal di apartemen tunggal, maka Anda dapat memilih apartemen yang dekat dengan tempat kerja atau kantor Anda.

Banyak sekali apartemen tunggal yang berada di kota-kota besar, seperti Jakarta. Anda hanya perlu mencarinya di situs-situs penyedia jasa sewa apartemen ataupun aplikasi yang menawarkan hal serupa.

Itulah penjelasan mengenai untung rugi tinggal di apartemen superblok dan tunggal. Penjelasan di atas dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih tipe apartemen mana yang lebih cocok bagi Anda ataupun keluarga kecil Anda.

Selain itu, ada beberapa tips yang sangat berguna bagi Anda yang tinggal ataupun akan tinggal di apartemen.

Sebelum Anda memastikan ingin membeli satu apartemen, pastikan terlebih dulu bahwa harga belinya sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri jika memang hanya mampu membeli apartemen yang harganya dibawah harga apartemen yang Anda inginkan.

Tidak hanya itu, Anda juga harus tahu akses apa saja yang dapat dilalui di sekitaran apartemen Anda, baik itu taksi, bus, ataupun ojek.

Pastikan bahwa apartemen Anda dapat dijangkau oleh beberapa transportasi umum agar Anda tidak kesulitan untuk berangkat ke tempat kerja.

Tips terakhir adalah bandingkan fasilitas yang diberikan antara satu apartemen dengan apartemen lain. Memilih apartemen yang harganya terjangkau memang bagus, tapi alangkah baiknya jika Anda akan mendapatkan fasilitas yang sesuai juga.

Oleh karena itu, Anda harus selektif dalam memilih apartemen sebelum menjadi hunian bagi Anda.

About sibyllineorder.org

Check Also

Seberapa Pentingnya Asuransi Rumah? Ini Dia Fungsi Utamanya !!!

Program asuransi menjadi sebuah program yang bagi sebagian masyarakat Indonesia dianggap penting. Ada banyak ragam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *