Home / Hunian / Tips Cara Aman Membeli Rumah Bekas

Tips Cara Aman Membeli Rumah Bekas

Rumah adalah sebuah hunian di mana kita bisa berlindung dari segala macam bahaya. Bahkan memiliki sebuah hunian atau rumah, mampu melindungi diri kita dari panas matahari dan juga serta mampu melindungi dari deras dan dinginnya hujan.

Memiliki rumah, akan sangat menyenangkan jika kita bisa mendapat hunian yang nyaman.

Namun, banyak kendala bagi banyak orang yang ingin memiliki sebuah hunian yang nyaman.

Baca Juga: Ini Dia Aset Properti Termahal di Dunia

Ditambah lagi dengan harga tanah yang kian mahal membuat banyak orang harus memikirkan beberapa alternatif lain untuk memiliki sebuah rumah. Untuk solusi paling tepat untuk memiliki sebuah rumah adalah membeli rumah bekas.

Solusi Beli Rumah dengan Harga Miring                         

Rumah bekas sejak zaman dahulu memang seringkali menjadi sebuah primadona bagi banyak orang. Apalagi jika lokasi rumah tersebut letaknya cukup strategis, tentu akan menjadi buruan bagi banyak orang yang ingin mencari tempat tinggal. Mungkin termasuk Anda sendiri yang sedang mencari tempat tinggal.

Photo: Google.com

Membeli sebuah rumah bekas terkadang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dari membeli sebuah rumah baru. Ada banyak alasan yang membuat banyak orang yang pada akhirnya memutuskan untuk membeli rumah bekas dibandingkan dengan rumah baru.

Apalagi biasanya beberapa rumah bekas yang dijual pun beserta dengan isi-isinya baik furniture seperti sofa, lemari, meja, dan lain sebagainya.

Alasan Membeli Rumah Bekas

Alasan utama mengapa membeli rumah bekas yaitu bisa mendapat luas tanah yang jauh lebih besar dan luas dibandingkan dengan membeli rumah baru. Apalagi dengan membeli sebuah rumah bekas, Anda juga akan diberikan kebebasan dalam pajak khususnya PPN.

Photo: Bing

Untuk membeli sebuah rumah bekas juga cukup mudah dilakukan. Apalagi jika Anda memiliki banyak relasi yang siap membantu Anda untuk mencari dan mendapatkan rumah bekas.

Tambahan lain, bahwa dalam membeli sebuah rumah bekas, Anda juga bisa menemukannya dari beberapa sosial media dengan mudah.

Tips Sebelum Membeli Rumah Bekas

Untuk membeli sebuah rumah bekas, Anda perlu memperhitungkan beberapa hal. Karena, terkadang pemilik rumah sengaja menutupi beberapa hal yang seringkali tidak diperhatikan oleh calon pembeli.

Nah, untuk Anda yang ingin membeli rumah bekas, pahamilah beberapa tips sebelum membelinya berikut ini:

  • Membelinya Secara Langsung Oleh si Pemilik

Jika Anda adalah salah seorang yang ingin membeli sebuah rumah bekas, maka cara terbaik yang dilakukan yaitu membelinya secara langsung kepada si pemilik.

Photo: Realtor.com

Jadi, usahakan untuk tidak membeli sebuah rumah melalui perantara. Selain harganya yang lebih mahal, Anda sebagai pembeli pun bisa mendapat banyak informasi seputar rumah tersebut dari si pemiliknya langsung.

  • Memilih Perantara yang Tepat (Jika Terpaksa)

Apabila dengan sangat terpaksa bahwa Anda harus membelinya melalui jasa perantara, maka pilihlah sebuah jasa perantara yang tepat. Jika Anda memiliki beberapa teman yang pernah membeli sebuah rumah bekas melalui perantara, maka tanyakanlah sebagai sebuah referensi.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Kerajaan Termegah di Dunia

Seorang jasa perantara memang akan sangat membantu bagi banyak pihak yang ingin mencari rumah bekas dengan praktis.

  • Bertanya Kondisi Rumah

Sebelum membeli sebuah rumah, Anda harus memastikan berapa usia rumah yang akan Anda beli. Bahkan tanyakan apabila rumah yang akan dibeli pernah melakukan renovasi sebelumnya. Usia bangunan akan menjadi tolak ukur kualitas bangunan yang akan dibeli.

  • Lokasi Rumah

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang memutuskan untuk membeli rumah bekas adalah lokasi yang dianggap sudah strategis.

Namun, tidak semua rumah bekas memiliki lokasi atau letak yang strategis untuk bisa kalian pilih. Maka dari itu, pilihlah lokasi rumah yang berdekatan dengan transportasi umum. Kemudian, pilih juga lokasi rumah yang tidak berada di lokasi kemacetan, dan lain sebagainya.

  • Mengecek Kondisi Fisik Rumah

Setelah mengetahui berapa lama usia rumah yang akan dijual, agar Anda tidak mudah terkena penipuan, maka cara yang bisa dilakukan adalah mengeceknya lagi.

Untuk mengecek rumah, maka yang harus Anda lihat adalah fondasi dari rumah tersebut, kemudian apakah ada keretakan-keretakan di dinding rumah. Selain itu, telitilah apakah lantai masih bagus atau justru sudah mengalami penurunan tanah.

  • Mengecek Lingkungan Sekitar Rumah

Anda patut untuk mengecek bagaimana kondisi lingkungan rumah. Baik dari kondisi apakah rawan kejahatan, ataukah lingkungan yang sepi, keadaan tetangga sekitar. Bahkan jika Anda memilih lokasi rumah, usahakan untuk tidak memilih yang rawan banjir.

  • Mengecek Kelengkapan Dokumen Rumah

Inilah pokok paling penting sebelum membeli rumah bekas. Anda harus mengecek kelengkapan dokumen yang dimiliki oleh rumah tersebut. Anda harus melihat keaslian sertifikat yang dimiliki berupa SHM, IMB, PBB. Jika ada beberapa dokumen yang dirasa kurang sesuai, maka tanyakanlah kepada pemilik rumah tersebut.

  • Mengecek Harga Rumah

Carilah informasi tentang berapa harga kisaran rumah dengan luas rumah yang akan dibeli. Apakah harga rumah dengan kondisi dan luas yang ditawarkan telah sesuai dengan harga pasaran, atau justru sebaliknya.

Sebelum membeli sebuah rumah, apalagi rumah bekas, luangkanlah waktu untuk memikirkan kembali sebelum mengambil sebuah keputusan. Apakah yang akan Anda lakukan dalam membeli sebuah rumah secara langsung, atau justru memanfaatkan seorang perantara untuk membeli rumah.

Setelah pada akhirnya mempertimbangkan untuk membeli rumah tersebut, maka pilihlah notaris yang terpercaya. Akan jauh lebih baik jika Anda memilih notaris rumah dengan orang yang sama serta pernah mengurusi rumah yang akan Anda beli.

Itulah sebagian informasi tentang beberapa cara atau tips yang nantinya bisa Anda gunakan sebelum membeli sebuah rumah bekas. Perhitungkan dengan matang agar nantinya Anda tidak akan menyesalinya selama tinggal di rumah tersebut.

About sibyllineorder.org

Check Also

Tips Berikut Ini Bisa Meningkatkan Harga Jual Rumah Anda

Saat Anda ingin berpindah rumah, tentu ada dua pilihan untuk rumah yang kini Anda tempati, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *