Home / Hunian / Tips Berikut Ini Bisa Meningkatkan Harga Jual Rumah Anda

Tips Berikut Ini Bisa Meningkatkan Harga Jual Rumah Anda

Saat Anda ingin berpindah rumah, tentu ada dua pilihan untuk rumah yang kini Anda tempati, yaitu disewakan atau dijual. Jika Anda ingin menjualnya, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sebab, menjual rumah tidak semudah menjual sayur di pasar. Sama sekali bukan perkara mudah. Selain sulit terapai kesepakatan antara penjual dan pembeli, jika kompetisi sedang besar-besarnya, maka rumah Anda bisa saja justru tidak laku.

Tips Berikut Ini Bisa Meningkatkan Harga Jual Rumah Anda

Hal ini tentu tidak akan terjadi, apabila Anda menjualnya dengan cara atau strategi yang benar.

Sebetulnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya jual rumah atau paling tidak menarik peminat. Tidak lain dan tidak bukan adalah dengan cara mempercantik hunian yang akan Anda jual.

Dengan melakukan ini, Anda bisa dengan mudha menarik peminat, bahkan pembeli. Selain itu, Anda akan semakin percaya diri menjualnya melalui agen properti ataupun menjualnya sendiri. Anda bisa melihat referensi, rumah seperti apa yang bisa memberikan kesan menarik menurut pasar.

Bukan hanya itu, Anda juga harus menilik tips-tips agar penjualan rumah meningkat. Melalui artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda yang ingin menjual rumah agar harga jualnya meningkat. Simak informasinya berikut.

11 Tips Meningkatkan Harga Jual Rumah

Untuk meningkatkan penjualan sebuah properti sebetulnya bukan perkara sulit, hampir sama seperti merawat rumah. Karenanya, mari kita simak tips sederhana untuk meningkatkan harga jual rumah.

1. Memanfaatkan barang-barang yang masih bisa digunakan

Saat Anda pindah rumah, tentu masih ada barang-barang yang masih bisa digunakan, namun tidak mungkin Anda pindahkan ke rumah baru Anda. Barang-barang ini bisa Anda lelang, sumbangkan, atau bahkan meninggalkan barang tersebut di rumah yang akan dijual.

Artikel Terkait: Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Menjual rumah yang gratis furnitur mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan banyak orang melakukannya. Namun, yang perlu diingat, menjual rumah semi-furnished tentu bisa meningkatkan harga jual rumah.

Ingat, barang yang ditinggal haruslah barang-barang yang masih bisa digunakan. Jangan sampai yang Anda tinggalkan adalah barang rusak. Selain itu, sebaiknya Anda menatanya serapi mungkin untuk menarik minat pembeli.

2. Memperbaiki tiap detail bagian rumah

Banyak juga penjual rumah yang tidak memperhatikan detail kerusakan pada saat ingin menjual rumah. Padahal, perbaikan terhadap detail yang rusak bisa meningkatkan daya beli dan nilai dari rumah yang akan dijual.

Memperbaiki tiap detail bagian rumah
Photo: Google.com

Untuk itu, sebelum menjual rumah Anda baiknya lakukan perawatan. Misalnya, periksa dan perbaiki keran yang bocor, ubin yang mulai rusak, tembok yang mulai retak, dinding yang lembab, hingga sekecil gagang pintu yang rusak.

Mungkin semua hal ini sepele bagi Anda yang ingin buru-buru pergi dan menjual rumah, namun beberapa calon pembeli bisa saja menganggap ini sebagai masalah besar.

3. Mengganti atau menambah lampu

Anda mungkin berpikir ini adalah urusan pembeli. Padahal, beberapa pembeli justru memeriksa hal sekecil ini sebagai pertimbangan membeli rumah.

Mengganti atau menambah lampu
Photo: Bing.com

Anda sebaiknya mulai mengganti lampu atau menambahkannya jika ada tempat-tempat yang memang cenderung gelap. Sebab, selain warna cat yang terang atau baru, pencahayaan juga kerap menjadi perhatian pembeli.

4. Bersihkan dan perbaiki kamar mandi

Ruangan yang satu ini cukup penting dan jarang dilewatkan calon pembeli. Sebab, banyak yang masih percaya, bahwa kebersihan sebuah rumah bisa dinilai dari kebersihan kamar mandinya.

ersihkan dan perbaiki kamar mandi
Photo: Google.com

Selain membersihkan kamar mandi pada rumah yang akan dijual, Anda juga sebaiknya memeriksa kerusakan kamar mandi hingga ke hal yang paling mendetail, seperti air ledeng, saluran air, hingga saluran kloset.

Artikel Terkait: Prosedur dan Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah atau Rumah

Jika memang terjadi kerusakan pada area kamar mandi, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu sebelum menjualnya.

5. Perbaharui penampilan dapur

Bisa dikatakan, dapur ibarat jantung bagi kebanyakan rumah. Dapur juga kerap menjadi pertimbangan seseorang dalam membeli rumah.

Perbaharui penampilan dapur
Photo: Yahoo

Misalnya, jika dapur rumah yang akan Anda jual terlalu kecil, bisa dilakukan renovasi agar ukurannya sedikit diperbesar.

Jangan lupa pula untuk memperbaharui penampilan dapur, baik itu mengecatnya dengan warna natural maupun menambahkan pencahayaan yang sesuai.

6. Mengecat ulang bagian luar dan dalam rumah

Rumah yang ditempati bertahun-tahun tentu lama kelamaan akan pudar juga ‘dimakan’ usia. Rumah yang terlihat kusam tentu tidak akan menarik perhatian.

Jika, warna cat rumah yang akan dijual sudah using, maka ada baiknya lakukan pengecatan ulang, baik pada bagian dalam maupun luar rumah. Disarankan untuk menggunakan warna cat yang lebih netral agar pemilik rumah yang baru mudah menggantinya jika ingin berkreasi sendiri.

7. Buat taman kecil di halaman rumah

Jika Anda memiliki sisa lahan di area sekitar halaman rumah jangan dibiarkan gersang. Anda bisa menambahkan taman di bagian belakang atau depan rumah.

Taman akan meningkatkan harga jual rumah. Sebab, pelengkap fasilitas rumah seperti taman, biasanya memang cukup dicari.

8. Percantik bagian teras depan rumah

Sebelum melihat-lihat interior atau isi di dalam rumah, calon pembeli tentu akan terlebih dahulu melihat tampilan rumah. Perbaikan pada eksterior umah merupakan salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan penjualan properti.

Percantik bagian teras depan rumah
Photo: Bing.com

Selain mengganti warna cat seperti yang telah disebutkan, Anda juga menambahkan beberapa detail, misalnya gunakan lampu gantung menarik untuk area bagian depan rumah.

9. Memperbaiki atau memperbarui pagar

Selanjutnya, memperbaiki pagar dan mengecatnya ulang merupakan hal yang penting, untuk membuat rumah terlihat seperti baru.

10. Merapikan tanaman di luar pagar.

Di bagian depan rumah di luar pagar, biasanya ada ruang sisa yang biasa ditanami berbagai macam tanaman. Jika memang tidak ada tanaman depan rumah, sebaiknya ditempatkan tanaman.

Apabila, terdapat tanaman dan sudah tak beraturan, sebaiknya rapikan tanaman dang anti dengan pot tanaman hias yang apik.

11. Gunakan strategi marketing yang tepat

Ini yang paling penting. Apalah arti memperbaiki rumah, jika strategi marketing kurang. Di era digital seperti saat ini, Anda bisa memaksimalkan berbagai macam platform media yang ada untuk menarik sebanyak-banyaknya peminat.

Anda bisa mempromosikan rumah di sosial media milik Anda, minta tolong teman mempromosikan, atau memanfaatkan situs jual beli. Menggunakan cara-cara yang persuasif dan interaktif mungkin bisa dilakukan

About sibyllineorder.org

Check Also

Bentuk dan Bahan Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Joglo: Gambaran Sakral Tempat Tinggal Para Dewa

Rumah Adat Joglo adalah salah satu rumah adat yang hingga saat ini masih jadi primadona …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *