Home / Hunian / Tipe-Tipe Rumah dari yang Mungil Hingga yang Lega

Tipe-Tipe Rumah dari yang Mungil Hingga yang Lega

Memiliki rumah sendiri adalah sebuah impian bagi hampir semua orang yang sudah tinggal terpisah dari orang tua ataupun sudah berkeluarga. Rumah menjadi sebuah tempat kembali terbaik yang tentunya diharapkan dapat membuat nyaman setiap penghuninya.

Tipe-Tipe Rumah dari yang Mungil Hingga yang Lega

Setiap orang bebas membuat bangunan rumah sesuai dengan keinginannya asalkan tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan baik yang resmi oleh pemerintah maupun aturan adat dan norma yang berlaku di masing-masing daerahnya.

Artikel Terkait: Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Sebuah rumah dibangun di atas sebidang tanah yang luasnya sangat bervariasi. Ada orang yang menyukai halaman yang luas sehingga bangunan rumah dibuat dengan luasan sepersekian dari total luas tanah keseluruhan.

Sebaliknya ada pula yang lebih menyukai bangunan rumah yang luas sehingga lebih memilih untuk memaksimalkan seluruh bidang tanah untuk dibuat banguan rumah tinggal. Sebelum merencanakan lebih jauh untuk memiliki rumah pribadi ada baiknya ketahui dulu tipe-tipe rumah yang lazim ada di Indonesia.

Pilihan Tipe-Tipe Rumah Berdasarkan Ukurannya

Rumah bisa dibedakan menjadi banyak kategori yang dikelompokkan berdasarkan beberapa kriteria. Ada rumah yang dibedakan berdasarkan modelnya, material pembuatnya, asalnya dan ukurannya.

Kali ini akan diulas lebih lanjut mengenai tipe rumah mulai dari yang paling mungil untuk mereka yang tinggal sendiri ataupun keluarga kecil sampai dengan ukuran rumah yang besar dan bisa menampung lebih banyak orang di dalamnya.

Di Indonesia sendiri tipe rumah ini dinyatakan dengan angka. Angka tersebut merujuk pada luas total dari keseluruhan bangunan yang dinyatakan dalam satuan meter persegi.

Sementara itu untuk ukuran dan bentuknya sendiri tidak ada patokan khusus dan pembuatannya dapat dilakukan sesuai keinginan pemilik atau pengembang perumahan. Misalkan sebuah rumah memiliki tipe 36 maka itu artinya bangunan tersebut mempunya luas total 36 meter persegi.

Berikut ini beberapa tipe rumah yang bisa ditemukan di Indonesia:

Tipe 21 sampai 24

Rumah tipe 21
Photo: Google.com



Kelompok yang pertama ini adalah tipe rumah dengan ukuran yang paling kecil. Total seluruh bangunan rumah adalah sebesar 21 hingga 24 meter persegi yang ukuran panjang serta lebarnya bisa bervariasi mulai dari 3 x 7 meter, 3 x 8 meter atau 4 x 6 meter. Tipe rumah ini banyak ditemukan di perumahan-perumahan yang dibangunan oleh pengembang.

Artikel Terkait: Prosedur dan Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah atau Rumah

Rumah tipe ini ukurannya memang cukup sempit dan biasanya hanya terdiri dari 1 kamar tidur atau 2 kamar tidur dengan luasan yang sangat terbatas. Rumah tipe ini pun tak jarang mempunyai dapur yang terpisah dengan bangunan utama dan terletak di bagian belakang.

Rumah tipe ini pun umumnya hanya memiliki 1 ruang serbaguna yang bisa digunakan sebagai ruang tamu sekaligus ruang keluarga dan ruang makan.

Banyak keluarga-keluarga baru yang memilih tipe rumah ini lantaran harganya yang lebih murah dan jumlah anggota keluarga yang masih sedikit.

Tipe 36

Rumah Tipe 36
Photo: Google.com


Beranjak ke ukuran yang lebih besar yaitu tipe 36. Rumah ukuran ini terbilang cukup sering ditemui dan banyak diminati karena ukurannya yang dirasa pas, tidak terlalu sempit namun tak seberapa luas. Rumah tipe ini bisa dibangun di atas kavling berukuran 6 x 6 meter.

Ukuran ini cukup pas untuk rumah sederhana dengan 2 kamar tidur.Pada rumah tipe ini bisa dibuat dapur berukuran kecil yang menyatu di bagian dalam rumah.

Rumah dengan tipe 36 ini cocok untuk pasangan yang baru menikah ataupun keluarga muda yang memiliki anak yang masih kecil. Rumah dengan tipe 36 ini termasuk yang paling banyak dipasarkan oleh pengembang perumahan selain karena harganya yang masih relatif terjangkau, rumah tipe ini pun mudah jika ingin dijual kembali di kemudian hari.

Alasan tersebut menjadikan rumah tipe 36 adalah pilihan yang pas untuk berinvestasi menggunakan properti.

Tipe 45

Rumah Tipe 45
Photo: Google.com

Beralih ke tipe rumah selanjutnya yang ukurannya lebih besar yaitu tipe 45. Rumah tipe 45 ini bisa dibilang cukup lapang dan luas jika dihuni oleh keluarga kecil dengan 1 atau 2 anak.

Rumah ini umumnya dibuat dengan 2 kamar tidur namun dengan ukuran yang sedikit lebih lapang. Rumah tipe 45 ini banyak dicari oleh kalangan menengah mengingat harganya yang tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan 2 tipe rumah sebelumnya yang lebih kecil.

Baca Juga: Ini Dia Syarat Jual Beli Rumah yang Wajib Kamu Tau

Rumah dengan tipe 45 ini bisa dibuat dengan kavling berukuran lebar 6 meter dan panjang 7,5 meter. Ukuran ini dirasa cukup pas dan proporsional untuk membangun rumah tinggal.

Para pemilik rumah dengan tipe 45 ini juga bisa menyisihkan halamannya untuk dibuat taman guna menjadikan tampilan rumah lebih asri dan sejuk. Rumah dengan tipe ini cukup dapatp memberikan kenyamanan dari segi ketersediaan ruang.

Tipe 54

Rumah Tipe 54
Photo: pinterest.com



Selanjutnya adalah rumah dengan tipe 54 yang biasanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Rumah dengan tipe ini punya ukuran yang cukup besar dan tentunya semakin besar tanah dan bangunan maka akan semakin tinggi harganya.

Tak heran jika rumah dengan tipe ini banyak ditemukan di perumahan yang termasuk cukup bagus ataupun dibangun oleh pemilik rumah dengan kondisi ekonomi menengah ke atas.

Rumah tipe 54 bisa dibangun dengan ukuran panjang 9 meter dengan lebar 6 meter. Ukuran ini termasuk cukup pas dan proporsional untuk sebuah rumah tinggal.

Di dalam rumah dengan luasan 54 meter persegi ini bisa dibuat 3 buah kamar tidur dengan ukuran yang tidak terlalu sempit. Selain kamar tidur juga bisa dibuat ruang-ruang lain seperti ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan.

Mengingat luasannya yang tergolong lapang rumah tipe ini cocok dihuni oleh keluarga dengan jumlah anggota keluarga yang lebih banyak.

Tipe 60

Rumah Tipe 60
Photo: Youtube.com



Rumah tipe 60 tentu lebih luas lagi dibanding tipe-tipe sebelumnya. Rumah tipe ini bisa dikatakan cukup luas untuk ditinggali keluarga dengan jumlah anggota yang lebih besar.

Ukuran rumah dengan tipe 60 ini juga biasanya ditemukan di perumahan elit ataupun sengaja dibangun oleh orang yang berkecukupan. Rumah dengan ukuran ini bisa memiliki hingga 4 buah kamar tidur bagi seluruh penghuni di dalamnya.

Rumah tinggal dengan tipe 60 ini selain dapat dibangun satu lantai juga bisa dibangun bertingkat atau 2 lantai. Dimensi ukuran yang lazim untuk tipe 60 ini adalah ukuran panjang 10 meter dengan lebar 6 meter.

Jika dibuat bertingkat tentu saja ruangan yang tersedia akan menjadi jauh lebih banyak. Rumah tipe ini biasanya dimiliki oleh kalangan menengah ke atas kareha harganya yang tentu cukup mahal.

Tipe 70

Rumah Tipe 70
Photo: Google.com



Nah kalau tipe yang ini pas untuk keluarga besar dengan anggota cukup banyak. Rumah tipe 70 ini bisa dibangun dengan 4 kamar tidur, bahkan lebih apabila dibangun bertingkat.

Ukuran 70 meter persegi ini bisa dibuat sebuah rumah dengan dimensi 5 X 14 meter ataupun 7 x 10 meter, tergantung seberapa lebar pemilik ingin membuat rumah tinggalnya. Rumah dengan ukuran ini bisa dikategorikan sebagai rumah kalangan menengah ke atas karena ukurannya yang luas.

Baca Juga: Mengenal Kebudayaan dan Rumah Adat Papua Sebagai Bagian Kekayaan Indonesia

Rumah ini bisa menampung hingga lebih dari 5 orang penghuni karena luasannya yang lapang. Dari kavling yang ada ini pemilik rumah juga bisa membuat halaman yang cukup lapang untuk mempercantik tampilan rumah tinggal.

Tipe 120

Rumah tipe 120
Photo: Google.com

Tipe terakhir ini bisa dibilang adalah rumah tipe mewah. Rumah dengan luas bangunan 120 meter persegi ini biasanya hanya ditemukan di perumahan maupun kawasan elit.

Rumah dengan ukuran ini bisa menampung jauh lebih banyak orang. Ruangan yang dibuat pun bisa lebih banyak. Masing-masing ruangan bisa dibuat dengan ukuran yang lebih besar sehingga terasa lebih lapang dan nyaman.

Para pemilik rumah tipe ini banyak yang membangun rumah tidak hanya 1 tingkat melainkan 2 tingkat. Tentunya rumah tipe bertingkat ini membuatnya semakin besar dan mempunyai makin banyak ruangan di dalamnya.

Rumah dengan tipe ini pun bisa dilengkapi dengna garasi maupun carport yang luas untuk menampung seluruh kendaraan yang dimiliki oleh penghuni. Rumah dengan ukuran besar seperti tipe 120 ini banyak yang dibangun dengan desain yang cantik karya arsitektur profesional.

Pertimbangan dalam Memilih Rumah

7 tipe rumah tadi adalah tipe-tipe hunian yang biasa atau lazim ditemukan di tanah air. Pilihan tipe ini bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial maupun kebutuhan penghuninya. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih tipe rumah yang tepat untuk dihuni:

Perhitungkan berapa jumlah orang yang akan menghuni rumah

Keluarga kecil dengan 3 atau 4 orang penghuni saja tentu akan kurang tepat jika memilih rumah dengan ukuran besar seperti tipe 120. Akan ada banyak ruangan yang kosong dan rumah pun akan terasa sepi. Pilihlah rumah yang tidak terlalu sempit tapi juga tidak terlalu luas jika dibandingkan dengan jumlah penghuni.

Sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki

Anggaran tentunya jadi salah satu pertimbangan paling utama dalam membeli sebuah rumah. Sesuaikan tipe rumah yang akan dibeli dengan kemampuan finansial yang dimiliki.

Jangan sampai keinginan memiliki rumah berukuran besar pada akhirnya hanya akan menambahkan beban yang lebih besar untuk menyicil angsuran rumah perbulannya.

Ketahui bahwa semakin besar ukuran rumah akan semakin tinggi biaya perawatannya

Semakin besar sebuah rumah tentunya akan semakin besar dana yang perlu dikeluarkan untuk perawatan maupun operasional rumah tangga sehari-hari. Semakin banyak ruangan dan barang elektronik di dalamnya tentunya akan membuat kebutuhan akan listrik semakin meningkat.

Begitupun biaya perawatan bangunan dan seluruh komponen pendukungnya. Semakin luas sebuah rumah maka kadang perlu bantuan asisten rumah tangga untuk merawat dan membersihkannya. Asisten rumah tangga ini pun tentu perlu dibayar atas semua pekerjaan yang dilakukan.

Tidak hanya biaya pembangunan ataupun pembeliannya yang besar, pemilik pun harus memiliki penghasilan yang cukup per bulannya untuk membayar segala tagihan yang akan datang menghampiri.

Memilih rumah memang perlu dilakukan dengan bijak mengingat harga rumah yang tidak murah dan fungsinya yang akan digunakan sebagai tempat istirahat dan tempat tinggal sehari-hari. Sebesar apapun rumah yang dimiliki jika ditata dengan cantik dan rapi tentu akan selalu terasa nyaman untuk ditinggali.

About sibyllineorder.org

Check Also

Bentuk dan Bahan Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Joglo: Gambaran Sakral Tempat Tinggal Para Dewa

Rumah Adat Joglo adalah salah satu rumah adat yang hingga saat ini masih jadi primadona …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *