Home / Wisata / Abadikan Momen Unik Ini Hanya di The Lodge Maribaya

Abadikan Momen Unik Ini Hanya di The Lodge Maribaya

Banyak sekali lokasi wisata  menarik yang bermunculan di Bandung, khususnya di sebelah Utara kota kembang ini. Salah satu dari tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi adalah The Lodge Maribaya di Lembang.

The Lodge Maribaya

Apa saja yang bisa Anda nikmati tempat wisata yang instagrammable ini? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

The Lodge Maribaya yang bertempat di Kampung Babakan Gentong, Cibodas, Maribaya ini merupakan milik Heni Nurhaeni Smith. Lokasi wisata seluas empat hektar ini  dipenuhi oleh 2,000 pohon yang telah tumbuh selama 12 tahun.

Simak Juga: Tempat Wisata Di Bandung Yang Hits Dan Instagrammable

Keindahan alam yang tersaji di The Lodge Maribaya dapat membuat suasana saat matahri terbit dan tenggelam menjadi momen yang paling indah untuk diabadikan.

Tempat wisata yang terletak di ketinggian 1,000 meter diatas permukaan laut ini juga membuat para pengunjung dapat merasakan sejuknya alam lembang.

Simak Juga: Pengalaman Naik Sky Bike Di Dago Dream Park

Ada hal menarik dibalik indahnya pemandangan yang ditawarkan tempat wisata ini. Dibangun dengan konsep ramah lingkungan, setiap bangunan yang didirikan diatas lahan The Lodge Maribaya merupakan bangunan sementara yang dapat dibongkar tanpa merusak alam sekitarnya.

Selain itu, pembangunannya pun mengikuti kontur tanah, sehingga tidak terlalu merubah kondisi alaminya.  Bahkan batu yang digunakan pun mampu menyerap air sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada alam sekitarnya.

The Lodge Maribaya
Photo: Bing.com

Pada pembukaannya di tahun 2016, The Lodge Maribaya telah dikunjungi oleh sekitar 2 hingga 3 ribu orang setiap harinya. Bahkan jumlahnya meningkat hingga 5 ribu pengunjung di akhir pekan.

Salah satu alasan utama banyaknya pengunjung mendatangi lokasi wisata ini adalah suasana alamnya yang segar dan bersih dari polusi.

Simak Juga: Melihat Penangkaran Rusa Di Ranca Upas

Pemandangannya pun menjadi alasan bagi para pengunjung untuk berlomba-lomba mengabadikannya untuk mereka unggah di akun media sosial mereka masing-masing.

Tiket Masuk

Para pengunjung yang datang ke The Lodge Maribaya harus membayar tiket masuk dengan nominal yang berbeda. Pada hari biasa, Senin-Jumat, setiap pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp.20,000.

Untuk akhir pekan, harga tiket berubah menjadi Rp.25,000 per orang. Sedangkan pada hari libur nasional, pengunjung diharuskan membayar sebesar Rp.35,000 per orang.

Fasilitas

Untuk membuat pengunjung betah, ada berbagai fasilitas yang ditawarkan di The Lodge Maribaya ini. Salah satunya adalah fasilitas berkemah yang disediakan pihak pengelola.

Para pengunjung dapat berkemah di area perkemahan ini dengan menyewa tenda bawang bombay. Tenda ini mendapatkan nama tersebut karena bentuk tenda oranye ini memang terlihat seperti bawang bombay.

Ukurannya yang besar cukup untuk menampung tiga hingga empat orang dewasa. Bukan itu saja, tenda ini juga dilengkapi dengan dua buah kasur beserta bantal dan selimutnya.

Simak Juga: Abadikan Cinta Anda Di Danau Situ Patenggang Yang Menyejukkan Hati

Jika Anda ingin tenda yang berukuran lebih besar, pilih saja tenda berbentuk segi delapan yang dapat menampung barang-barang yang lebih banyak.

Area berkemah ini ditempatkan dilokasi dimana para pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit atau tenggelam. Area ini juga dikelilingi pagar.

Jadi hanya camper saja yang dapat memasukinya. Uniknya, Anda dapat berkemah dalam kondisi apapun, baik itu musim hujan ataupun musim kemarau. Kedua musim ini tentunya dapat memberikan sensasi berkemah yang berbeda.

Wahana menarik di The Lodge Maribaya

Wahana yang tersedia disini bukan hanya dapat memicu adrenalin Anda, tapi Anda juga akan menemukan banyak wahana yang layak Anda abadikan.

The Lodge Maribaya
Photo: ridwanhr.blogspot



Bermain sepeda atau ayunan mungkin bukanlah hal yang aneh bagi banyak orang. Namun, Anda akan merasakan sensasi berbeda saat melakukannya jauh diatas tanah.

Simak Juga: Sensasi Naik Roller Coaster Di Trans Studio Bandung

Walau  setiap pengunjung yang mencoba wahana ini ditempatkan di tempat yang tinggi, keamanan mereka tetap menjadi prioritas utama.

Hal inilah yang membuat The Lodge Maribaya berbeda dari tempat wisata lainnya. Beberapa wahana foto juga hanya menggunakan ilusi optik sehingga para pengunjung yang difoto terlihat seolah-olah melakukan sesuatu di tempat yang tinggi.

Daya tarik wahana foto yang ditawarkan The Lodge Maribaya beragam macamnya. Tersedia enam wahana berbeda yang dapat dicoba oelh para pengunjung, antara lain, hammock, sky tree, hot air baloon, zip bike, gantole, dan mountain swing.

Banyak sekali pengunjung yang tertarik untuk mencoba wahana ini. Bahkan antrian dapat membengkak di akhir pekan.

Sayangnya tidak semua pengunjung dapat mencobanya karena wahana ini hanya dibuka mulai pukul 09.00 hingga 15.00. Jika Anda ingin sekali mencobanya, panstikan Anda mendapatkan antrian awal.

Baca Juga: Berlibur Sambil Mencari Jodoh di Curug Cinulang

Setiap pengunjung yang mencoba wahana foto di The Lodge Maribaya dikenakan biaya Rp.20,000 dan Rp.10,000 untuk setiap lembar foto yang ingin ditebus pengunjung.

Jika Anda tertarik untuk melakukan sesi foto pra nikah, The Lodge Maribaya juga menyediakan paket pre-wedding dengan harga Rp.1,500,000.

Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan tiket masuk untuk lima orang, voucher makan, dan juga sesi pemotretan di Sky Tree selama 20 menit. Kapan lagi Anda bisa melakukan foto pra nikah Anda di tempat yang indah seperti The Lodge Maribaya ini.

Kuliner

Setiap tempat wisata biasanya menyajikan berbagai kuliner yang menjadi andalannya. The Lodge Maribaya mengusung tema Sunda dalam penyajian kulinernya.

Anda bisa mencoba cilok, baso tahu, batagor, dan pastinya jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi seblaknya. Jka Anda ingin menikmati menu Sunda yang lebih lengkap, cobalah berbagai menu yang disajikan restoran Dapur Hawu.

Baca Juga: Jalan Braga Serasa Suasana Kota Paris di Bandung

Bukan itu saja, Anda juga bisa menikmati secangkir kopi atau teh berkualitas tinggi dan juga berbagai menu Barat di kafe Pines.

Sambil menikmati hidangan, Anda akan disajikan pemandangan peophonan yang menjadi bagian dari hutan lindung Lembang. Setiap indera Anda akan dimanjakan oleh suasana yang nyaman dan juga menu yang yang lezat.

Petunjukan seni budaya

Sejak permintaan agar The Lodge Maribaya membuka layanannya hingga malam hari, pihak manajemen akhirnya mengadakan acara pertunjukan seni budaya Sunda setiap Sabtu malam, dua kali sebulan.

Baca Juga: Serasa Naik Titanic, Pinisi Resto Dan Glamping Lakeside Rancabali

Pertunjukan sendratari ini biasanya mengambil cerita-cerita legenda Sunda dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mengajarkan generasi muda mengenai budaya Sunda serta memberdayakan anak-anak di sekitar lokasi wisata.

Baca Juga: Sensasi Berbelanja di Atas Perahu di Floating Market Lembang

Untuk menikmati pertunjukan ini, para pengunjung harus membeli tiket seharga Rp.200,000. Harga tiket tersebut mencakup tiket masuk ke The Lodge Maribaya, makan malam, coffee break, dan tentunya pertunjukan seni budaya yang menarik untuk Anda tonton.

Lokasi

Untuk mencapai The Lodge Maribaya, ada beberapa jalur yang bisa Anda gunakan. Jika Anda melewati Jalan Cigalukguk, Anda akan menempuh perjalanan selama 37 menit dari pasar Panorama Lembang.

Perjalanan melalui Jlan Raya Maribaya akan memakan waktu hingga 11.4 menit. Sedangkan jalur dari Jalan Tangkuban Parahu memakan waktu 45 menit perjalanan untuk sampai di lokasi wisata ini.

Baca Juga: Sensasi Jalan-jalan di Pemukiman Tionghoa ala Chinatown Bandung

Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkot jurusan Lembang hingga pasar Panorama Lembang. Dari sana, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot jurusan Maribaya hingga Anda tiba di lokasi.

Namun, cara terbaik untuk mengunjungi lokasi wisata ini adalah dengan membawa kendaraan sendiri. Jangan coba menggunakan layanan jasa angkutan online karena Anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan kendaraan pulang dari sana.

Tips saat mengunjungi The Lodge Maribaya

Jika Anda berencana untuk mengunjungi wisata alam ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Tips berikut akan memastikan liburan Anda berjalan dengan baik.

1. Lokasi yang terbuka

The Lodge Maribaya memiliki banyak area terbuka. Jadi jika Anda mengunjunginya di musim penghujan, sebaiknya siapkan payung.

2. Tempat parkir

Banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini menyediakan berbagai kesempatan usaha bagi masyarakat sekitar, termasuk dengan menyediakan lahan parkir untuk para pengunjung The Lodge Maribaya.

Sebelum Anda memutuskan untuk memarkir kendaraan Anda di lahan warga, sebaiknya Anda lanjutkan perjalanan dahulu hingga ke area parkir The Lodge Maribaya. Jika Anda dapat menemukan lokasi parkir didalam area wisata, tentu nya Anda tidak perlu berjalan terlalu jauh bukan.

3. Kondisi alam yang tidak rata

The Lodge Maribaya mengutamakan fasilitas yang tidak terlalu merusak kondisi alam disana.

Baca Juga: Jangan Ke Farmhouse Susu Lembang Sebelum Baca ini

Karena itu, Anda akan banyak menemukan kontur alam yang naik turun. Jadi pastikan kostum dan alas kaki yang Anda gunakan membuat Anda nyaman saat menjelajahi area wisata alam ini.

4. Gunakan aplikasi berbagi data

Jika Anda tertarik untuk mengabadikan momen Anda di salah satu wahana foto yang tersedia di The Lodge Maribaya, sebaiknya lengkapi telepon pintar Anda dengan aplikasi ShareIt.

Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan hasil foto Anda dari pihak pengelola.

Kelebihan dan kekurangan The Lodge Maribaya

Kelebihan

  • The Lodge Maribaya merupakan tempat wisata yang indah. Segalanya tertata dengan rapi sehingga membuat  pengunjung dapat menikmati keindahannya dengan maksimal
  • Banyak sekali spot yang ditujukan sebagai tempat berfoto yang instagrammable.
  • Area seluas empat hektar membuat pengunjung dapat leluasa menjelajahinya
  • Fasilitas umum yang tersedia sangat lengkap

Kekurangan

  • Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung terbilang tinggi. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar untuk setiap wahana. Ditambah lagi setiap foto yang diambil di wahan foto harus menggunakan layanan dari pihak pengelola.
  • Harga makanan dan minuman yang mahal. Selain itu, pengunjung juga tidak diijinkan untuk membawa makanan dari luar.
  • Lokasinya cukup terpencil sehingga agak sulit untuk menemukan kendaraan umum.
  • Papan nama lokasi kurang terlihat sehingga seringkali pengunjung terpaksa parkir di sekitar rumah warga.
  • Tempat wisata ini tidak disarankan bagi orang lanjut usia atau mereka yang membawa kereta dorong karena lokasinya naik turun dan banyak tangga yang harus dilewati.

Kesimpulan

The Lodge Maribaya memang tempat wisata yang layak dikunjungi karena kelebihan terbesar yang dimilikinya, pemandangan yang indah.

Selain dari itu, masih banyak hal yang harus dibenahi, khususnya dari pihak manajemen. Perbaikan ini sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada para pengunjungnya.

Baca Juga: Tangkuban Perahu, Pesona Alam dan Tempat Wisata yang Melegenda

Walau begitu, The Lodge Maribaya masih memiliki daya tariknya tersendiri yang mampu membuat pengunjung tergoda untuk berlama-lama disana.

Jika Anda belum pernah mengunjunginya, tidak ada salahnya untuk datang ke lokasi wisata ini.

Pastikan Anda mengikuti tips-tips dan informasi yang telah disampaikan diatas agar perjalanan Anda tetap mengasyikan.

Lagipula, tujuan utama dari sebuah tempat wisata adalah memberikan hiburan dan kenangan manis bagi setiap orang yang mengunjunginya.

About sibyllineorder.org

Check Also

Sensasi Mandi di Tempat Pemandian Bidadari di Sanghyang Heuleut

Wilayah Bandung memang terkenal memiliki wisata alam yang eksotis, contohnya seperti gunung, situ atau danau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *