Home / Wisata / 9 Tempat Wisata di Bandung yang Terkenal dan Direkomendasikan

9 Tempat Wisata di Bandung yang Terkenal dan Direkomendasikan

Bandung merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Kota ini berada 2.460 kaki di atas permukaan laut, dikelilingi oleh gunung berapi.

Dikenal karena kelezatan kuliner, pemandangan geologisnya yang menakjubkan, arsitektur Kolonial Belanda, dan destinasi wisatanya yang unik telah menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional dalam beberapa tahun terakhir.

Tempat Wisata di Bandung

Meskipun kota ini bukan tujuan wisata utama, Bandung adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi karena memiliki makanan lezat, banyak toko dan beberapa tempat wisata yang umum.

Bagi kamu yang ingin berlibur di kota berjuluk Paris van Java ini, berikut tempat wisata di Bandung yang direkomendasikan untuk dikunjungi.

1. Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat terkenal tidak hanya di kalangan penduduk lokal tapi juga wisatawan yang datang dari luar kota. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif.

Tangkuban Perahu
Photo: Google.com



Menurut cerita rakyat Tangkuban Perahu terbentuk karena perahu yang ditendang oleh Sangkuriang yang marah karena tidak bisa menikahi Dayang Sumbi. Perahu yang terbalik itu kemudian berubah menjadi Gunung Tangkuban Perahu yang dalam bahasa Indonesia berarti perahu yang terbalik.

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Pada hari yang cerah, pengunjung bahkan bisa melihat Laut Jawa. Terdapat beberapa kawah yang dapat dikunjungi oleh para pengunjung, di antaranya kawah Domas yang luas untuk melihat air belerang mendidih keluar dari tanah dan Kawah Ratu.

Baca Juga: 15 Alat Canggih yang Wajib Dimiliki Traveler

Selain menikmati keindahan kawah, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sumber air panas yang terkenal. Pernah mencoba makan telur yang direbus di air tanah yang panas? Jika penasaran, pengunjung dapat mencoba membeli telur rebus yang telah dimasak di dalam air tanah yang dipanaskan dengan panas bumi itu sendiri. Ini akan jadi pengalaman makan yang unik, bukan?

Bagi para pencinta fotografi, Tangkuban perahu menawarkan objek foto yang berlimpah. Untuk pecinta alam, lokasi wisata ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi karena keindahan alamnya luar biasa.

Jika ini masih belum cukup dan menginginkan sedikit petualangan, para pengunjung bisa berjalan kaki selama dua jam kembali ke Bandung melalui hutan pinus atau mengunjungi pasar penuh warna di Lembang.

Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk dan Parkir

Lokasi Gunung Tangkubang Perahu terletak di daerah Cikole, Lembang. Tepatnya di Jalan Tangkuban Parahu No. 282. Tempat wisata ini buka dari pukul 07.00 – 17.00 WIB. Harga tiket masuk ke Tangkuban Perahu dibedakan antara hari kerja dan hari libur.

Di hari kerja harga tiket wisatawan lokal Rp. 20.000 dan pengunjung mancanegara Rp. 200.000. Untuk parkir,  sepeda Rp. 7.000, motor Rp. 12.000, Mobil Rp. 25.000, dan bus Rp. 110.000.

Di hari libur atau akhir pekan harga tiket wisatawan lokal Rp. 30.000 dan mancanegara Rp. 300.000. Untuk parkir, sepeda Rp. 10.000, motor Rp. 17.000, mobil Rp. 35.000, dan bus Rp. 150.000.

2. Saung Angklung Udjo

Tempat wisata lainnya yang sangat terkenal, terutama di kalangan wisatawan mancanegara, adalah Saung Angklung Udjo. Tempat ini merupakan tempat pelestarian budaya Sunda.

Saung Angklung Udjo
Photo: Wikipedia



Di sini ditampilkan beragam jenis pertunjukkan dan kerajinan. Pertunjukan yang disajikan termasuk pertunjukkan musik Angklung tradisional dengan instrumen bambunya, pertunjukan wayang Golek dan tari Topeng.

Saung Angklung Udjo cocok bagi mereka yang mencari hiburan yang berhubungan dengan budaya. Para pengunjung tidak hanya menyaksikan pertunjukkan angklung tapi juga dapat belajar memainkan angklung yang dipandu oleh tim dari Saung Udjo. Suara angklung yang memukau, membuat para pengunjung senang mempelajari angklung.

Selesai menonton, pengunjung dapat menyaksikan para pengrajin angklung yang sedang bekerja. Tak hanya menonton para pekerja yang membuat angklung, pengunjung juga dapat mencoba membuat angklung mereka sendiri yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Baca Juga: Ini 12 Negara yang Berbahaya untuk Solo Traveler, Harus Ekstra Hati-hati!

Jika gemar berbelanja, toko suvenir menyediakan beragam pilihan perlengkapan dan alat tulis bambu warna-warni serta bermacam suvenir yang cocok sebagai oleh-oleh.

Lokasi, Jam Pertunjukkan dan Harga Tiket

Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka No.118 di daerah Pasirlayung, Cibeunying Kidul. Jam operasional Saung Angklung Udjo dari pukul 10.00 – 20.00 WIB. Jadwal pertunjukkan tiap hari dimulai dari pukul 15.30 sampai 17.00 WIB. Untuk waktu pertunjukkan di akhir pekan, Sabtu dimulai pukul 13.00 WIB dan Minggu pukul 10.00 WIB.

Harga tiket masuk di hari kerja sebesar Rp. 70.000/orang dan hari akhir pekan sebesar Rp. 75.000/orang. Anak-anak di hari kerja Rp. 50.000/orang dan akhir pekan Rp. 55.000.

Untuk turis mancanegara harga tiket di hari kerja sebesar Rp. 110.000 dan di akhir pekan Rp. 120.000. Untuk turis anak mancanegara harga tiket di hari kerja Rp. 70.000 dan akhir pekan Rp. 80.000.

3. Kawah Putih

Terletak di daerah Ciwidey di kaki Gunung Patuha, Kawah putih adalah sebuah danau vulkanik yang indah.  di Gunung Patuha, dekat Ciwidey. Kawah putih merupakan sisa Gunung Patuha yang meletus berabad-abad yang lalu, terbentuk menjadi danau yang indah yang mengeluarkan asap berwarna putih.

Kawah Putih
Photo: Wikipedia

Di tempat ini pengunjung dapat menyaksikan  air berwarna biru Kristal di bekas letusan. Warna air ini berubah sesuai dengan kondisi cuaca mulai dari putih susu hingga hijau kehijauan. Selain itu air ini terkenal memiliki kualitas penyembuhan.

Jika berkunjung ke kawah putih pastikan untuk mengenakan pakaian yang hangat juga syal untuk menutupi mulut untuk mencegah menghirup asap belerang.

Untuk tiba di area kawah, dari tempat parkir pengunjung dapat berjalan atau naik bus antar-jemput ke kawah, lalu turun tangga ke danau. Selain itu pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan sendiri, baik roda dua maupun roda empat, tetapi pastikan kondisi kendaraan harus dalam keadaan prima karena area menuju kawah berkelok-kelok juga menanjak.

Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk dan Parkir

Kawah putih berada di Jalan Raya Ciwidey – Patengan, Ciwidey, Kabupaten Bandung.  Tempat wisata ini beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket masuk untuk hari kerja untuk wisatawan lokal sebesar Rp. 20.000 dan akhir pekan sebesar Rp. 20.000. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga tiket di hari kerja dan akhir pekan sebesar Rp. 50.000.

Jika pengunjung menggunakan angkutan ontang-anting untuk sampai ke kawah, tarif angkutan pulang pergi sebesar Rp. 15.000/orang.

Tarif parkir di kawasan Kawah Putih untuk mobil jika parkir di atas sebesar Rp. 150.000 sedangkan jika parkir di bawah sebesar Rp. 6.000. Untuk motor, biaya parkir Rp. 5.000 dan untuk bus, harga parkir bawah sebesar Rp. 25.000.

4. Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan Teh Malabar terletak di daerah berbukit di kawasan selatan Bandung. Para wisatawan yang datang berkunjung ke perkebunan teh ini akan disuguhi pemandangan indah dan hamparan perbukitan hijau bak karpet.

Perkebunan Teh Malabar
Photo: Youtube.com



Perkebunan Teh Malabar beserta pabrik tehnyaadalah tempat yang menyenangkan bagi mereka yang perlu sejenak melepas penat dari bisingnya kota, merindukan tempat khusus untuk melarikan diri dari keramaian atau ingin belajar mengenai proses pembuatan teh yang menarik.

Untuk sampai ke perkebunan ini dari pusat kota relatif mudah.  Perjalanan dari kota Bandung memakan waktu sekitar dua jam setengah. Selama kunjungan, pengunjung bebas untuk bermain-main di antara tanaman selama sehari. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan kunjungan ke rumah Bosscha juga makamnya.

Tersedia juga kolam renang air panas Alami Tirta Camelia bagi yang ingin berendam di air hangat. Jika ingin bermalam, pengunjung bisa berkemah di perkebunan atau menyewa kamar kecil di penginapan. Harga menginap di Villa Bosscha antara Rp. 750.000 di hari kerja dan Rp. 1.000.000 di akhir pekan. Untuk guest house harga menginap berkisar Rp. 450.000 – Rp. 500.000.

Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu. Yang tak boleh dilewatkan adalah mencicipi secangkir teh hasil dari perkebunan yang diseduh secara khusus.

Lokasi, Jam Operasional dan Tiket Masuk

Lokasi Perkebunan Teh Malabar berada di Desa Banjarsari, Kec. Pangalengan. Jam operasional perkebunan ini dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.  Untuk tiket masuk dipatok sebesar Rp. 2.000/mobil.

5. Ranca Upas, Ciwidey

Jika kamu berkunjung ke Kawah Putih, ada baiknya untuk tidak melewatkan kunjungan ke Ranca Upas, Ciwidey. Kedua tempat ini letaknya tidak berjauhan.

Ranca Upas, Ciwidey
Photo: Youtube

Ada mahluk cantik yang bisa kamu saksikan di Ranca Upas, yaitu rusa kecil yang lucu. Mereka hidup dengan damai di alam Ranca Upas. Tempat wisata ini juga bisa menjadi wahana edukasi bagi anak-anak, jadi bawalah juga keluarga untuk melihat rusa-rusa yang merumput di habitat aslinya di Taman Konservasi Rusa di Ranca Upas.

Rusa-rusa yang hidup di sini sangat jinak sehingga mereka dapat diberi makan langsung dari tangan pengunjung.

Selain Taman Konservasi Rusa, di daerah Ranca Upas juga terdapat Ranca Upas Camping Ground.  Bagi yang hobi berkemah, jangan lewatkan untuk mendirikan tenda untuk melewati beberapa hari di Ranca Upas sambil memberi makan rusa yang bersahabat.

Untuk yang tidak membawa atau tidak memiliki alat berkemah, jangan khawatir. Di sini banyak terdapat toko-toko penyewaan peralatan berkemah. Dan ya, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan di situs ini.

Bagi penyuka adventure, tersedia kendaraan ATV yang bisa kamu naiki untuk menjelajahi keindahan yang belum terjamah di kawasan ini.

Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk dan Sewa Tenda

Alamat Ranca Upas di Jalan Raya Ciwidey – Patengan, Rancabali. Jam operasional untuk hari kerja mulai dari pukul 09.00 – 17.00 WIB sedangkan untuk akhir pekan pukul 08.00 – 17.00 WIB. Hari libur nasional buka pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket masuk untuk orang Rp. 10.000. Tarif parkir motor Rp. 2.000, mobil Rp. 4.000, bus Rp. 20.000.

Tiket masuk kolam renang Rp. 15.000 sedangkan ntuk masuk ke kawasan penangkaran rusa di Ranca Upas tidak dipungut biaya. Jika ingin memberi makan rusa, pengunjung dapat membeli wortel seharga Rp. 5.000.

Harga sewa tenda untuk kapasitas 2 – 3 orang Rp. 150.000, 5 – 7 orang Rp. 300.000, 10, 12 dan 20 orang Rp. 350.000. Untuk sleeping bag, harga sewa Rp. 5.000, dan matras Rp. 4.000.

6. Stone Garden, Padalarang

Ketika menjejakkan kaki di Stone Garden seperti berada di Pulau Christmas di Australia menurut pendapat beberapa orang. Secara harfiah Stone Garden adalah taman dengan tumpukan batu dan batu. Serupa atau tidak, Stone Garden adalah tempat yang cocok untuk menikmati sisi lain dari kota Bandung.

Stone Garden, Padalarang
Photo: Bing

Daerah itu dulunya adalah sebuah danau kuno dan dikatakan di daerah ini terdapat laut sehingga membuat beberapa kerang tertanam ke dalam beberapa batu dan kemudian batu-batu terbentuk secara alami.

Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk dan Parkir

Stone Garden terletak di daerah Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Jam operasional Stone Garden dimulai dari pukul 06.00 – 17.00 WIB dan dibuka setiap hari.

Tiket masuk Stone Garden dari pintu utama seharga Rp. 3.000 dan pintu bawah Rp. 6.000.

Tarif parkir untuk motor di bawah Rp. 3.000 dan di atas Rp. 5.000. Parkir mobil di bawah Rp. 10.000 dan di bawah Rp. 5.000.

7. Tebing Keraton

Salah satu tempat wisata di Bandung yang paling banyak diburu oleh penggemar foto adalah Tebing Keraton. Kemunculannya di sosial media sontak membuat banyak orang penasaran dan akhirnya datang berkunjung.

Tebing Keraton
Photo: Youtube.com

Di Tebing Keraton, pengunjung dapat menikmati suasana yang nyaman sambil menonton kabut menyentuh pinus. Jika ingin menyaksikan fajar menyingsing di pagi hari sambil menikmati indahnya matahari terbit alias sunrise, datanglah sebelum pukul 6 pagi.

Semanjak Tebing Keraton menjadi hits di dunia maya, tempat ini mulai berbenah. Sekarang sudah tertata rapi dan dilengkapi dengan pagar pengaman.

Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk dan Parkir

Tebing keraton terletak di sekitar Dago dan Taman Hutan Raya Ir. Juanda. Jam operasional 05.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket masuk Rp. 11.000 untuk wisatawan lokal dan Rp. 76.000 untuk wisatawan mancanegara. Untuk tarif parkir motor sebesar Rp. 5.000 dan mobil Rp. 10.000. Jika kamu memilih ojek, ongkosnya sekitar Rp. 50.000 – Rp. 80.000.

8. Floating Market, Lembang

Pasti kamu pernah mendengar pasar terapung alias floating market di Thailand atau di Kalimantan? Nah, pasar terapung ternyata kini juga ada di Bandung.

 Floating Market, Lembang
Photo: hargatiket.net

Terletak di permukaan pantulan danau Situ Umar yang luas dan jernih, Pasar Terapung Lembang terdiri dari sekumpulan perahu kecil berwarna-warni, sebagian besar dari mereka menjual beberapa makanan.

Setiap pengunjung dapat merasakan sensasi berbelanja makanan tradisional khas Jawa Barat, sayuran, ikan segar dan lainnya di atas perahu apung di danau tersebut.

Selain pasar terapung ada juga permainan anak-anak dan dewasa seperti perahu air, kereta api air dan outbound yang pasti akan mengasyikkan.

Lokasi, Jam Operasional, Tiket Masuk dan Wahana

Floating Market terletak di jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang. Jam operasionalnya antara pukul 09.00 pagi sampai pukul 17.00 WIB di hari kerja dan pukul 08.00 – 20.00 WIB untuk akhir pekan.

Harga tiket masuk Rp. 20.000. Tarif parkir motor Rp. 5.000 dan mobil Rp. 30.000.

Tarif wahana outbond anak Rp. 25.000 per anak, taman kelinci Rp. 20.000, Becak dan mobil mini Rp. 20.000, Lokomotif mini Rp. 25.000, kereta air Rp. 20.000, Sepeda Air sebesar Rp. 50.0000/2 orang, kano Rp. 50.000/2 orang, Sampan Rp. 70.000/2 orang, paddle boat bisa Rp. 30.000/orang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Dusun Bambu

Ini adalah taman rekreasi keluarga yang berlokasi di Bandung. Dengan fokus pada ekowisata, taman ini terletak di kaki Gunung Burangrang, yang menjulang di atasnya pada ketinggian 2.000 meter.

Dusun Bambu
Photo: Bing



Seiring restoran yang indah yang menghadap ke danau berperahu cantik dan dikelilingi oleh pedesaan yang subur, ada banyak kegiatan hebat yang ditawarkan.

Dari memanah, trampolin, dan dayung, hingga taman bermain petualangan yang besar, tempat ini menyenangkan bagi seluruh keluarga. Karena cuaca di Dusun Bambu yang dingin, disarankan untuk memakai baju hangat.

Lokasi, Jam Operasional, Tiket masuk dan Parkir

Dusun Bambu terletak di Jalan Kolonel Masturi, Situ Lembang, Cisarua, Kab. Bandung. Jam operasional dimulai dari pukul 08.00 WIB – 21.00 WIB. Hari libur nasional pun lokasi ini tetap buka.

Tiket masuk di hari kerja Rp. 25.000/orang dan di akhir pekan Rp. 30.000. Harga tarif parkir motor, Rp. 5.000, mobil Rp. 10.000, dan bus/minu bus Rp. 25.000.

About sibyllineorder.org

Check Also

Wisata Curug Tilu Leuwi Opat yang Memukau

Bandung tak pernah kekurangan tempat wisata. Beragam destinasi wisata ada di Bandung, mulai dari wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *