Home / Wisata / Abadikan Cinta Anda Di Danau Situ Patenggang Yang Menyejukkan Hati

Abadikan Cinta Anda Di Danau Situ Patenggang Yang Menyejukkan Hati

Apakah Anda pernah mendengar tempat wisata yang satu ini? Danau Situ Patenggang adalah sebuah danau yang terletak di Ciwidey, kabupaten Bandung.

Uniknya, bukan hanya keindahannya yang membuat tempat ini layak dikunjungi, Anda juga dapat menikmati kisah menarik dibalik Danau Situ Patenggang.

Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang terletak di ketinggian 1065 meter diatas permukaan laut. Karena itu, Anda dapat menikmati sejuknya suasana pegunungan di tempat ini.

Artikel Terkait: 9 Tempat Wisata di Bandung yang kekinian

Di Danau Situ Patenggang, Anda bisa menjelajahi berbagai area yang terbentang seluas 45,000 Ha. Danau Situ Patenggang juga berada didalam wilayah cagar alam seluas 123,077.15 Ha.

Kisah Seputar Danau Situ Patenggang

Nama Danau Situ Patenggang ini diambil dari kisah yang beredar di masyarakat sekitarnya.

Patengan sendiri berasal dari Bahasa Sunda “pateangan-teangan, yang berarti saling mencari. Dikisahkan bahwa dulu ada sepasang kekasih, Dewi Rengganis dan putra seorang prabu, Ki Santang.

Setelah terpisah, kedua kekasih ini saling mencari hingga mereka bertemu di sebuah batu yang kini disebut batu cinta. Sebagai bukti cinta mereka, Dewi Rengganis meminta Ki Santang agar dibuatkan sebuah danau dan sebuah perahu.

Artikel Terkait: Sensasi Naik Karpet Aladin di Dago Dream Park

Danau tersebut kini dikenal sebagai Danau Situ Patenggang, sedangkan perahu yang dibuat Ki Santang berubah menjadi sebuah pulau bernama Sasaka atau pulau asmara.

Hingga kini, banyak yang percaya jika ada seseorang yang membawa pasangannya mengelilingi pulau asmara dan singgah di batu cinta, maka hubungan mereka akan kekal hingga akhir hayat.

Hal ini seringkali menjadi alasan para wisatawan untuk mengunjungi Danau Situ Patenggang.

Lokasi Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang terletakdi sebelah selatan kota Bandung. Untuk mencapai danau ini, Anda perlu menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Dalam kondisi lalu lintas yang padat, perjalanan yang ditempuh dapat memakan waktu hingga 2 jam dari Terminal Leuwi Panjang, Bandung.

Dari Terminal ini, Anda bisa menggunakan minibus, yang mengantarkan Anda hingga alun-alun Ciwidey. Dari sini, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum.

Artikel Terkait: Sensasi Berkemah di Ranca Upas

Selama perjalanan, Anda akan disajikan pemandangan pepohonan cemara dan kebun teh yang membentang luas.  Jangan lupa untuk membawa jaket jika cuaca Ciwidey terlalu dingin untuk Anda.

Daya tarik Danau Situ Patenggang

Seperti yang telah disebutkan diatas, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menikmati alam Danau Situ Patenggang. Anda dapat berkeliling di kebun teh sambil mengabadikan berbagai foto di alam yang hijau.

Dalam kondisi tertentu, perkebunan teh ini seringkali tertutupi kabut. Jadi pastikan Anda tidak menjelajah terlalu jauh agar tidak tersesat.

Anda juga dapat mencoba untuk menjelajahi danau dengan menaiki perahu atau Anda dapat menyewa perahu angsa bersama pasangan sambil mengelilingi pulau asmara yang berbentuk hati.

Jangan lupa juga untuk singgah di batu cinta dan abadikan momen bersama pasangan Anda di sana. Anda juga dapat memilih wahana air lainnya seperti perahu boat atau perahu dayung.

Artikel Terkait: Curug Cinulang, Air Terjun Nan Romantis di Cicalengka

Pihak pengelola Danau Situ Patenggang juga sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Berbagai fasilitas publik seperti toilet dan tempat ibadah dapat memberikan kenyaman ekstra bagi para pengunjung.

Selain itu, jalan menuju lokasi wisata ini juga telah diperbaiki dengan baik sehingga Anda seperti melewati jalanan di luar negeri.

Pengelola Danau Situ Patenggang juga menyediakan sejumlah gazebo yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat atau menikmati bekal makanan yang Anda bawa. Jika Anda lupa membawa alas duduk, Anda bisa menyewanya dengan harga Rp.10,000 saja.

Setelah Anda puas menikmati keindahan alam disana, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Danau Situ Patenggang di toko suvenir yang tersedia di sekitar lokasi wisata.

Artikel Terkait: Menikmati Indahnya Jalan Braga Bandung

Anda juga bisa membeli buah-buahan khas Ciwidey seperti stroberi, sebagai buah tangan.

Daya tarik utama yang ditawarkan Danau Situ Patenggang adalah suasana alaminya yang dapat memberikan hiburan bagi Anda yang terlalu jenuh dengan suasana perkotaan. 

Pemandangan hijau dan udara segar pastinya dapat memberikan ketenangan pada pikiran Anda sehingga Anda siap untuk kembali bekerja dalam kondisi yang segar.

Harga tiket

Jika Anda ingin mengunjungi Danau Situ Patenggang, ada baiknya jika Anda mengetahui harga tiket di lokasi wisata ini agar Anda dapat merencanakan anggaran perjalanan Anda dengan baik.

Harga tiket Danau Situ Patenggang sendiri berbeda antara hari biasa dan akhir pekan.

Artikel Terkait: Eksotisme Wisata Glamping Lakeside Rancabali

Di hari kerja, wisatawan lokal dapat membeli tiket masuk dengan harga Rp.18,000 per orang.

Berbeda jauh dengan pengunjung lokal, turis asing harus membayar sebesar Rp.135,000 per orang untuk memasuki Danau Situ Patenggang.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi,  Anda harus membayar sebesar Rp.3,500 untuk motor, Rp.11,500 untuk mobil, dan Rp.22,000 untuk kendaraan roda 6.

Jika Anda tertarik untuk menjelajahi danau Patengan, Anda bisa membayar Rp.10,000 hingga Rp.20,000 per orang untuk menaiki perahu.

Artikel Terkait: Wisata Keluarga Seru Di Floating Market Lembang Bandung

Tapi jika Anda ingin menikmati momen ini bersama keluarga, Anda dapat menyewa perahu dengan harga Rp.150,000 per keluarga atau sepeda air seharga Rp.40,000.

Jika Anda ingin mengunjungi Danau Situ Patenggang di akhir pekan, biaya yang harus Anda keluarkan akan sedikit lebih tinggi.

Tiket masuk yang harus Anda bayar saat mengunjungi danau Patengan di hari Sabtu dan Minggu adalah Rp.20,000 per orang. 

Simak Juga: Chinatown Bandung, Simbol Keberagaman di Paris van Java

Turis mancanegara akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp.185,000. Sedangkan kendaraan dikenakan tarif masuk yang sama seperti hari biasa.

Penginapan

Jika Anda berniat untuk menghabiskan beberapa hari di Ciwidey, banyak sekali penginapan yang dapat Anda pilih sebagai tempat tinggal sementara sambil menikmati liburan Anda.  Beberapa pilhan penginapan berikut ini dapat menjadi bahan referensi Anda:

  • Ciwidey Valley Resort

Penginapan yang berlokasi di Jl.Barutunggul KM.17, Rancabali, Ciwidey ini berada di area yang dekat dengan beberapa objek wisata.

Anda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata hanya dengan berjalan kaki dari penginapan ini.

Photo: Google.com

Fasilitas yang ditawarkan Ciwidey Valley Resort adalah dua jenis cottage yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Standard Cottage adalah unit yang yang dapat menampung dua hingga empat tamu. Sedangkan Family Cottage dapat diisi oleh empat hingga empat orang.

Simak Juga: Farmhouse Lembang, Tempat Pas Bagi yang Kurang Piknik

Dengan harga Rp850,000-Rp.1,500,000 per malam, Anda akan mendapatkan layanan TV kabel dengan siaran lokal dan internasional, pendingin ruangan, dan akses internet.

Tapi jika Anda ingin merasakan sensasi menyatu dengan alam, mungkin Anda bisa menginap di Camping Ground Ciwidey Valley Resort.

  • Patuha Resort

Pemandangan yang indah merupakan salah satu hal menarik yang bisa Anda nikmati di Patuha Resort ini. Terletak di bawah kaki gunung Patuha, Anda bisa mencapai lokasi penginapan ini dengan menggunakan kendaraan selama 1 jam dari kota Bandung.

Photo: Bing.com

Patuha Resort menyediakan berbagai fasilitas seperti beragam pilihan tempat untuk menginap, kolam pemandian air panas, restoran, akses internet, dan juga layanan tur. Setiap layanan yang diberikan tentunya akan membuat liburan Anda lebih berkesan.

  • EmTe Highland Resort Ciwidey

Penginapan yang satu ini mungkin cukup jauh dari lokasi Danau Situ Patenggang. Tepatnya, EmTe Highland Resort terletak berseberangan dengan tempat wisata Kawah Putih. Jadi, Anda harus menempuh jarak sejauh 7 kilometer untuk mengunjungi Danau Situ Patenggang.

Photo: Youtube.com

Penginapan ini memiliki berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati antara lain restoran, arung jeram, paintball, flying fox, ATV, kolam angsa, kebun stroberi, kolam rendam air panas, taman bermain, dan camping ground.

Simak Juga: Menikmati Panorama Alam di Wisata Legenda Tangkuban Parahu

Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp.400,000 hingga Rp.5,500,000 per malam. Harga tersebut sudah termasuk pajak sebesar 10% dan tiket masuk pemandian air panas yang tersedia di penginapan ini.

  • Green Hill Park Ciwidey

Penginapan ini hanya berjarak  300 meter dari Patuha Resort. Jika Anda memilih untuk menginap di Green Hill Park Ciwidey, Anda akan disajikan suasana sejuk yang dikelilingi rimbunnya pepohonan.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berendam di kolam air panas dan sauna yang tersedia disini. Unit unit pondokan yang tersedia juga dapat memberikan Anda privasi selama menginap di Green Hill Park Ciwidey.

Simak Juga: Keindahan dan Nuansa Mistis Berpadu di Tebing Keraton Bandung

Hanya dengan membayar antara Rp. 1,750,000-Rp.4,000,000, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan pihak pengelola.

Green Hill Park Ciwidey juga menyediakan berbagai paket seperti paket wisata kawah putih, outbound games, dan paintball. Anda juga bisa menikmati api unggun Anda sendiri di malam hari sambil menikmati ketan atau jagung bakar.

  • Kampung Pago Ciwidey

Sesuai dengan namanya, penginapan ini memberikan Anda suasana perkampungan yang asri. Anda juga dapat mengunjungi kolam ikan dan menikmatinya langsung di dekat kolam tersebut.

Setiap kamar di kampung Pago disediakan TV, telepon PABX, dan pemanas air. Dengan harga mulai dari Rp. 450,000-Rp.950,000 per kamar, Anda bisa menikmati indahnya suasana yang ditawarkan di sekitar lokasi penginapan ini.

  • D’Riam Riverside Resort Ciwidey

Satu lagi penginapan yang dapat menjadi pilihan Anda adalah D’Riam Riverside Resort. Disini, Anda akan disajikan suasana pedesaan dengan berbagai fasilitas yang tidak kalah dengan yang ditawarkan oleh hotel bintang 5.

Baca Juga: Pagi yang Segar Bersama 20 Ribu Anggrek di Orchid Forest Cikole

Berlokasi di Jalan Raya Soreang-Ciwidey KM 25, Kabupaten Bandung, tempat ini akan memberikan pengalaman berlibur yang berbeda karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan berbagai tempat wisata di Ciwidey.

Selain berbagai kamar yang bisa Anda sewa dengan harga Rp.750,000-Rp.1,800,000 per malam, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia.

Anda bisa bereang di kolam hati luar ruangan atau menyanyikan lago kesukaan Anda di tempat karaoke yang sudah disediakan pengelola.

Setiap kamar juga telah dilengkapi dengan ruang shower, layanan TV kabel, mesin pembuat kopi, dan pendingin ruangan. Harga sewa kamar juga sudah termasuk sarapan untuk dua orang dan akses kolam renang.

  • Glamping Lakeside Rancabali

Penginapan ini adalah satu-satunya penginapan yang dekat dengan lokasi Danau Situ Patenggang.

Jadi bagi Anda yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu berwisata di danau ini, tidak ada salahnya jika Anda memilih Glamping Lakeside Rancabali untuk menginap.

Baca Juga: Serunya Naik Sepeda ‘Terbang’ di The Lodge Maribaya Bandung

Salah satu fasilitas yang sangat terkenal dari tempat ini adalah restorannya yang berbentuk perahu besar bernama Pinisi Resto.

Bertempat di tengah kebun teh, Anda akan disajikan pemandangan yang menyegarkan sambil menikmati santapan Anda di resto ini.

Dari sekian banyaknya lokasi wisata yang tersedia di Ciwidey, Danau Situ Patenggang pastinya dapat memberikan suatu pengalaman berwisata yang menyenangkan, apalagi jika Anda berkunjung bersama pasangan. Jadi, apakah Anda sudah mempersiapkan tujuan wisata Anda selanjutnya?

About sibyllineorder.org

Check Also

Sensasi Mandi di Tempat Pemandian Bidadari di Sanghyang Heuleut

Wilayah Bandung memang terkenal memiliki wisata alam yang eksotis, contohnya seperti gunung, situ atau danau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *