Home / Hunian / Pahami Hal-Hal Berikut Sebelum Memutuskan Sewa Apartemen Bekasi

Pahami Hal-Hal Berikut Sebelum Memutuskan Sewa Apartemen Bekasi

Sebagai salah satu kota berkembang yang berada di Jawa Barat, Bekasi memiliki tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi.

Bahkan nyaris paling besar di antara kota-kota Jabodetabek. Oleh sebab itu pembangunan hunian di Bekasi juga mulai menerapkan sistem hunian vertikal seperti apartemen.

Sewa Apartemen Bekasi

Pesatnya perkembangan segala sendi kehidupan di Bekasi menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang dari luar kota untuk datang.

Bukan sekadar bertandang dalam waktu singkat, tetapi juga untuk menetap dalam jangka waktu yang cukup lama. Banyak orang dari luar Bekasi yang merantau ke Bekasi untuk mencari kerja.

Ya, Bekasi khususnya kawasan Cikarang menjadi salah satu pusat industri terbesar di Asia Tenggara. Banyak perusahaan multinasional yang bermarkas di sana.

Jadi wajar kalau Bekasi setiap tahunnya selalu kedatangan penduduk baru. Karena itu, permintaan hunian di Bekasi selalu tinggi. Tak hanya dari pekerja lokal, tapi juga pekerja asing yang bertugas di sana.

Baca Juga: Seberapa Pentingnya Asuransi Rumah? Ini Dia Fungsi Utamanya

Seperti halnya Jakarta, ketersediaan lahan di Bekasi untuk pembangunan rumah tapak juga semakin terbatas. Juga sebagai kota yang dekat dengan Jakarta, Bekasi mengalami laju modernisasi yang pesat.

Termasuk dalam aspek hunian. Semakin banyaknya pengembang yang membangun apartemen dan bahkan dalam kawasan superblok mendorong pergeseran tren hunian di kalangan masyarakat urban.

Kini orang-orang tak hanya mempertimbangkan rumah tapak, tapi juga apartemen sebagai opsi untuk hunian sementara ketika menetap untuk bekerja atau studi di Bekasi.

Bagi orang-orang yang mobilitasnya tinggi, apartemen memang menjadi hunian yang efisien. Juga mewakili gaya hidup modern saat ini. Terlebih apartemen yang umumnya dibangun di lokasi perkotaan yang strategis memudahkan penghuninya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk mereka yang sering pindah lokasi kerja, tinggal di apartemen juga tak mengharuskan Anda memindahkan barang dari tempat tinggal lama ke tempat tinggal baru.

Apartemen sewa umumnya semi furnished atau fully furnished. Setidaknya sudah tersedia fasilitas dasar yang menunjang kebutuhan sehari-hari seperti tempat tidur, lemari pakaian, AC, televisi, dan kitchen set.

Ditambah pengelola apartemen juga biasanya menyediakan fasilitas rekreasi seperti kolam renang, gym, lapangan olahraga, dan jogging track.

Bahkan beberapa apartemen dibangun dekat dengan mall sehingga memungkinkan pemenuhan kebutuhan harian hingga mencari hiburan dapat dilakukan hanya dengan jalan kaki beberapa menit saja.

Jadi sebetulnya menyewa apartemen bisa saja lebih murah daripada mengontrak rumah tapak biasa. Apalagi umumnya rumah disewakan secara kosongan sehingga Anda harus membawa perabot sendiri.

Dan tentunya itu sangat merepotkan terutama bagi Anda yang sering berpindah lokasi kerja. Jadi sewa apartemen Bekasi bisa jadi prioritas jika Anda menginginkan hunian sementara yang praktis, modern, dan terjangkau.

Persiapan sebelum memutuskan sewa apartemen Bekasi

Ada cukup banyak pilihan apartemen di Bekasi yang disewakan bulanan maupun tahunan. Namun layaknya ketika mencari rumah, terkadang tak mudah untuk menemukan yang cocok. Entah itu dari segi harga, fasilitas, maupun lingkungan sekitarnya.

Memutuskan untuk tinggal di apartemen sekalipun hanya menyewa membutuhkan pertimbangan yang tidak asal-asalan guna meminimalisir kekecewaan di kemudian hari.

Apalagi jika Anda merupakan pendatang yang otomatis belum terlalu mengenal dengan baik wilayah Bekasi. Karena itu, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu hal-hal berikut ini:

1. Pahami kondisi kehidupan Bekasi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari tahu sebanyak-banyaknya mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan di Bekasi.

Mulai dari kondisi sosial seperti karakter penduduk setempat sampai kondisi geografisnya bila perlu. Percaya atau tidak, sifat dan gaya hidup penduduk juga dipengaruhi oleh kondisi daerah di mana mereka tinggal.

Selain itu, kondisi kehidupan juga mencakup transportasi dan fasilitas publik yang tersedia. 

Baca Juga: Prosedur dan Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah atau Rumah

Beberapa jenis transportasi yang tersedia di Bekasi antara lain bus antar kota, kereta komuter KRL wilayah Jabotabek dengan jalur Jakarta-Bekasi, bus transJakarta juga melalui wilayah Bekasi, serta jasa transportasi yang berbasis aplikasi online.

2. Minta rekomendasi dan saran dari orang yang sudah tinggal di Bekasi

Ketika memutuskan untuk tinggal di Bekasi, kemungkinan besar Anda sudah memiliki orang lain yang dikenal di sana. Entah itu sanak keluarga atau teman semasa sekolah dulu.

Cobalah minta saran dari mereka. Bukan hanya mengenai apartemen yang bisa disewa, tetapi juga kondisi sosial dan gaya hidup masyarakat Bekasi.

Biasanya meminta rekomendasi dari orang-orang yang sudah mendiami Bekasi dalam waktu lama cukup ampuh. Pasalnya mereka tentu memiliki pemahaman yang cukup baik terkait dengan kehidupan sebagian besar masyarakat kota yang berbatasan dengan Jakarta Timur tersebut.

Mereka juga bisa memberi rekomendasi apartemen berfasilitas memadai dan harga sewanya terjangkau.

3. Mulai mencari apartemen

Ya, tak terlalu sulit mencari apartemen di Bekasi karena pilihannya cukup beragam. Hanya saja, yang cukup sulit adalah menemukan apartemen sewa dengan fasilitas lengkap, harga terjangkau, juga pelayanan dari pengelola yang memuaskan.

Ada baiknya Anda membuat daftar terlebih daftar apartemen sewa yang tersedia di dekat tempat kerja Anda. Anda bisa mengumpulkan informasinya lewat internet baik itu mencari di situs listing properti serta forum maupun grup jual beli properti di media sosial.

Daftar apartemen sewa di Bekasi

Berikut adalah beberapa apartemen populer di Bekasi yang layak Anda pertimbangkan:

1. Center Point Apartment

Center Point Apartment merupakan salah satu komplek apartemen yang populer di Bekasi. Letaknya sangat strategis di tengah keramaian kota Bekasi. Penghuni apartemen ini mendapatkan kemudahan akses menuju pintu tol Bekasi Barat.

Mencari hiburan dan belanja juga mudah. Anda bisa menjangkau Bekasi Cyber Park Mall atau Grand Metropolitan Mall Bekasi dengan waktu tempuh yang singkat.

Unit-unit di apartemen ini banyak yang disewakan baik secara harian maupun bulanan. Tarif sewa rata-rata masih terbilang terjangkau, yakni mulai Rp 300 ribu per hari.

Jika menyewa bulanan harga sewanya lebih murah, mulai dari Rp 3 juta-an dan tentu akan lebih murahnya jika Anda menyewa tahunan sekaligus.

2. Patra Land Urbano

Jika Anda ingin sewa apartemen Bekasi yang ekslusif, Patra Land Urbano bisa jadi pertimbangan. Apartemen baru di Bekasi Utara ini terletak strategis dekat dengan pusat perkantoran, mall, sekolah, dan stasiun kereta.

Hal ini tentunya cocok untuk kaum urban dengan mobilitas tinggi yang memerlukan kemudahan ke banyak tempat di Jabodetabek.

Tipe apartemen yang ditawarkan juga beragam. Mulai dari tipe studio hingga tipe dengan kamar tidur terpisah 1BR atau 2BR. Fasilitas di luar unit yang tersedia juga lengkap. Ada kolam renang, sky garden, pusat kebugaran, bicycle track, dan area komersil.

3. Apartemen Mutiara Bekasi

Apartemen Mutiara Bekasi terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani ini juga termasuk ke dalam apartemen murah dengan lokasi strategis. Tidak hanya memiliki akses transportasi yang mudah, tetapi juga dekat dengan pusat perbelanjaan dan universitas.

Anda juga bisa memilih tipe apartemen sesuai kebutuhan karena tipe unitnya yang beragam. Ada tipe studio, 1BR, 2BR, dan 3BR. Kebanyakan unit disewakan dalam kondisi siap pakai alias sudah berfasilitas.

Selain dekat dengan tol dan stasiun kereta, di sekitar apartemen juga terdapat beberapa pusat perbelanjaan besar seperti Mega Bekasi Hypermall, Mall Bekasi Summarecon, dan Bekasi Square.

Tempat-tempat tersebut dapat dengan mudah dijangkau dengan jalan kaki atau beberapa menit berkendara.

4. The SpringLake View

The SpringLake View dihadirkdan sebagai bagian dari kawasan The SpringLake Summarecon Bekasi, di mana kawasan hunian dan komersial dibangun secara terintegrasi di tepi jalan utama Summarecon Bekasi.

Summarecon Mall Bekasi, Bekasi Food City, dan La Terrazza dapat dengan mudah dijangkau dari apartemen tanpa perlu repot berkendara.

Kawasan apartemen ini memiliki 4 tower dengan tinggi 26 lantai. Setiap tower ada pintu masuk dan lobby tersendiri. Hal menarik lainnya dari apartemen ini adalah keasrian lingkungan yang ditawarkan.

Penghuni bisa merasakan kehidupan nyaman di lingkungan apartemen dengan ruang terbuka yang banyak tapi tetap modern dan dinamis. Meskipun serba ekslusif, namun banderol harga sewa untuk apartemen ini cukup murah. Mulai dari Rp 3 juta untuk tipe studio dan Rp 5 juta untuk tipe 2BR.

5. Apartemen Meikarta

Apartemen Meikarta merupakan kawasan hunian baru di Cikarang. Apartemen ini bisa menjadi opsi hunian yang efisien untuk Anda yang bekerja di kawasan industri Cikarang.

Pembangunan Meikarta memang menuai pro kontra terkait perizinannya, baik itu di kalangan masyarakat Bekasi maupun luar daerah. Namun, pembangunannya terus berlanjut dan bahkan unitnya sudah mulai diserahterimakan.

Hal utama yang menarik perhatian dari apartemen ini adalah harga jualnya yang murah. Mulai dari 127 juta-an saja. Pembayarannya juga bisa dicicil karena targetnya memang keluarga baru dari kalangan menengah.

Dikembangkan oleh Lippo Group, Meikarta disiapkan sebagai kota mandiri. Jadi ke depannya fasilitas di sekitar komplek apartemen akan semakin berkembang. Mulai dari sekolah, rumah sakit, pusat belanja, dan kawasan rekreasi.

About sibyllineorder.org

Check Also

Tips Cara Aman Membeli Rumah Bekas

Rumah adalah sebuah hunian di mana kita bisa berlindung dari segala macam bahaya. Bahkan memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *