Home / Wisata / Berenang di Kolam Sejernih Kristal Sendang Geulis Kahuripan

Berenang di Kolam Sejernih Kristal Sendang Geulis Kahuripan

Kota Bandung tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Itu karena Bandung selalu berhasil memukau para wisatawan dengan beragam tempat wisata yang dimilikinya.

Sendang Geulis Kahuripan

Tidak hanya di pusat kota, di bagian selatan, barat, timur juga utara Bandung pun memiliki beberapa tempat wisata yang berhasil menggaet para pengunjung untuk datang. Selalu ada tempat wisata baru yang ditemukan dan memancing keingintahuan banyak orang.

Baru-baru ini ditemukan lagi tempat wisata yang menghebohkan di dunia media sosial. Tempat ini langsung menjadi viral berkat foto-foto yang menawan.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Bandung yang Terkenal dan Direkomendasikan

Letak obyek wisata ini berada di daerah Bandung Barat. Sebelumnya memang daerah Bandung Barat terkenal dengan beberapa wisata alamnya, seperti Puncak Eurad, Air Panas Nagrak, Orchid Forest, Bukit Gantole atau Sungai Cikahuripan.

Semua tempat wisata tersebut sangat dikenal oleh banyak wisatawan juga menjadi hits di media sosial.

Berkenalan dengan Sendang Geulis Kahuripan

Walaupun destinasi wisata ini terletak di lokasi yang agak terpencil, Sendang Geulis Kahuripan sudah mulai dikenal banyak orang karena kemunculannya di media sosial.  

Sendang Geulis Kahuripan
Photo: Google.com



Media sosial memang memiliki kekuatan yang super sehingga bisa membuat tempat – tempat wisata baru langsung menjadi hits dan dikenal banyak orang.

Kawasan wisata Sendang Geulis Kahuripan dikelola oleh Perum Perhutani daerah Padalarang. Banyak orang yang memperbincangkan destinasi wisata ini.

Baca Juga: Menikmati Keindahan dan Dinginnya Kawah Putih Ciwidey

Karena merupakan lokasi wisata yang masih baru, untuk beberapa orang nama Sendang Geulis Kahuripan mungkin terdengar agak asing di telinga sebagian orang.

Butuh waktu yang agak lama bagi pemerintah daerah untuk menjadikan tempat ini menjadi sebagai ikon wisata karena letaknya yang berada di pelosok Kabupaten Bandung Barat.

Nama Lain untuk Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis ternyata dikenal juga dengan nama lain. Sebagian orang menyebut Sendang Geulis Kahuripan dengan nama Talaga Kahuripan. Namun ada juga yang menyebutnya Sirah Cai Kahuripan.

Dalam bahasa Sunda kata Sendang Geulis Kahuripan diucapkan dengan sindang merupakan nama sebuah mata air. Spot wisata yang agak tersembunyi ini merupakan sebuah mata air yang kini menjadi populer.

Sebagian orang berpendapat bahwa tempat wisata ini merupakan sebuah spot wisata yang anti mainstream.

Baca Juga: Rasakan Pengalaman Naik Karpet Aladin di Dago Dream Park

Wisata mata air lain yang juga terkenal di kalangan wisatawan adalah Mata Air Campaka yang terdapat di kawasan Bandung. Lokasi tempat wisata ini berada di daerah Bandung Selatan, tepatnya di daerah Ciwidey. Selain di daerah Bandung Selatan, ada juga wisata mata air yang terkenal ada di daerah Bandung Barat, yaitu Mata Air Cisaladah.

Seperti apa Sendang Geulis itu?

Sendang Geulis Kahuripan berbentuk kolam dengan air super jernih, sejernih Kristal. Maka tak heran banyak pengunjung yang berfoto di dalam air untuk membuktikan kejernihan airnya.

Kolam ini memang terkenal dengan keindahannya. Selain itu, air di kolam ini juga bersih dan segar karena berasal dari sumber mata air yang alami dan belum terkena polusi.

Baca Juga: Bersantai di Ranca Upas dan Nikmati Hal-Hal Ini

Ada mitos yang berkembang di kalangan masyarakat setempat tentang Sendang Geulis Kahuripan. Konon kabarnya  air yang jernih yang mengisi kolam ini dipercaya khasiat yang bagus untuk kulit.

Airnya dipercaya bisa membuat kulit menjadi cantik dan mulus terutama bagi wanita. Caranya cukup berendam di kolam air ini. Ada juga mitos yang mengatakan bahwa air di sini bisa membuat orang menjadi awet muda.

Entahlah apakah mitos ini benar atau tidak tetapi satu yang pasti air di kolam ini memiliki kandungan oksiden yang cukup tinggi dan katanya bisa langsung diminum. Berani mencoba?

Di tempat wisata ini juga ada sebuah curug atau air terjun meskipun tidak terlalu tinggi juga debit airnya tidak terlalu besar seperti air terjun kebanyakan.

Baca Juga: Abadikan Cinta Anda Di Danau Situ Patenggang Yang Menyejukkan Hati

Air terjun ini menjadi salah satu spot foto yang diincar pengunjung. Selain berfoto, tentu saja para pengunjung paling senang untuk berenang di kolam berair jernih ini.

Sebelum terjun ke dalam kolam dan berfoto, pastikan kamera sudah dilindungi oleh tas kamera anti air supaya kamera tidak rusak.

Ternyata mata air ini juga digunakan oleh masyarakat setempat untuk bersih-bersih seperti mencuci. Eh, tapi tunggu dulu. Ini bukan berarti airnya kotor karena sumber mata air yang mengalir ke Sendang Geulis Kahuripan selalu mengalirkan air bersih setiap saat.

Fasilitas Penunjang

Semua tempat wisata selalu dilengkapi dengan fasilitas yang memberikan kenyamanan bagi para pengunjung tak terkecuali Sendang Geulis Kahuripan.

Walaupun masih relatif baru, tempat wisata ini juga menyediakan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang ada di lokasi wisata ini, di antaranya:

  • Mushola

Bagi pengunjung yang Muslim, mereka tak harus bingung-bingung jika akan melaksanakan ibadah sholat karena di sini tersedia mushola.

  • Toilet

Terkadang pengunjung merasa risih jika tempat wisata tidak memiliki toilet atau WC atau kalaupun ada toilet tersebut tidak nyaman. Namun jangan khawatir, toilet di sini nyaman.

  • Ruang ganti

Jika sehabis berenang atau bermain air perlu ganti baju, pengunjung tidak perlu bingung. Di sini disediakan ruangan ganti.

  • Penginapan

Ingin menginap? Di kawasan ini terdapat juga penginapan untuk pengunjung.

  • Warung

Jika merasa lapar atau haus, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman yang dijual di warung – warung dengan harga yang terjangkau.

  • Saung – saung untuk beristirahat

Kelelahan sehabis berenang atau bermain air, pengunjung dapat beristirahat di saung-saung yang disediakan.

Harga Tiket

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, untuk berkunjung ke lokasi wisata ini juga dikenakan biaya masuk. Tapi jangan khawatir, tiket masuknya masih terjangkau harganya. Tiket masuk untuk bisa masuk ke area ini adalah sebesar Rp. 10.000. Murah bukan?

Tarif Parkir

Jika pengunjung datang dengan membawa kendaraan, mereka akan dikenakan biaya parkir yang juga tidak mahal.

  • Tarif parkir untuk motor hanya Rp. 3.000.
  • Tarif parkir untuk mobil hanya Rp. 5.000.

Jam Operasional

Sendang Geulis Kahuripan beroperasi setiap hari mulai dari hari Senin hingga hari Minggu. Untuk waktunya, jam bukanya dimulai dari pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB.

Alamat Lokasi Wisata

Jika bingung mencari lokasi Sendang Geulis Kahuripan, alamat destinasi wisata ini berada di Kampung Cilangkop di Desa Ganjarsari. Destinasi wisata ini termasuk ke dalam Kecamatan Cikalong wetan, kabupaten Bandung Barat.

Cara Menuju ke Lokasi Wisata

Karena lokasinya yang sedikit tersembunyi mungkin membuat beberapa orang kebingungan bagaimana cara menuju ke Sendang Geulis Kahuripan. Nah, bagi yang memerlukan informasi tersebut, berikut adalah cara untuk menuju Sendang Geulis.

Baca Juga: Merajut Kegembiraan di The Trans Studio Bandung

Untuk sampai ke lokasi wisata mata air jernih ini, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi baik itu kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Tapi jika tak memiliki kendaraan pribadi, pengunjung dapat menggunakan angkutan online.

Jika pengunjung datang dari arah Jakarta, bisa lewat Tol Cipularang dan kemudian keluar melalui pintu Cikamuning dan terus dilanjutkan sampai melewati jalan Cikampek – Padalarang hingga tiba di Jalan Raya Cikalong.

Dari Cikalong arahkan kendaraan ke arah timur ke kawasan Cikalong Wetan. Sesudah melewati perbatasan daerah Cikalong wetan, belok kanan.

Lanjutkan perjalanan lurus sejauh 3km sampai tiba di perbatasan kecamatan dan di sana ada pertigaan yang setengah dari pertigaan itu terdapat gapura yang berbentuk nanas yang memiliki pangkalan ojek.

Baca Juga: Sensasi Jalan-jalan di Pemukiman Tionghoa ala Chinatown Bandung

Teruskan perjalanan sampai 4 km. Berhati – hatilah ketika berkendara di sini karena jalan licin disertai bebatuan. Sesudah perjalanan melewati jalan ini, pengunjung akan melihat sebuah SD dan kendraan dapat diparkirkan di tempat tersebut.

Untuk mencapai kolam mata air, pengunjung harus meneruskan perlajalanan dengan berjalan kaki. Sepanjang jalan menuju lokasi wista, pengunjung dijamu oleh pemandangan sangat indah, seperti sawah yang menghampar luas dan keramahan warga lokal.

Untuk pengunjung yang datang dari arah Bandung, bisa langsung menuju Cikalong Wetan melewati perkebunan Teh Panglejar.

Saat tiba di pertigaan, beloklah ke kanan melalui pasar Tengek kantor desa Wangunjaya, lalu melalui kantor desa Banjarsari dan kurang lebih 10km dari kantor desa tersebut, pengunjung akan tiba di lokasi wisata.

Nomor Kontak

Karena tempat wisata ini masih baru maka pengunjung yang ingin mendapatkan informasi seputar tempat wisata harus datang langsung ke tempat ini.

About sibyllineorder.org

Check Also

Berwisata Sambil Belajar di Museum Geologi Bandung

Sejarah Museum Geologi Bandung Berdirinya Museum Geologi Bandung berhubungan erat dengan sejarah penyelidikan geologi di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *