Home / Hunian / Mengenal Ragam Rumah Adat di Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu !!

Mengenal Ragam Rumah Adat di Indonesia Yang Wajib Kamu Tahu !!

Indonesia adalah negara yang begitu luas dan memiliki kebudayaan yang beraneka ragam. Termasuk di antaranya adalah rumah adat yang pastinya berbeda-beda antara provinsi satu dan lainnya.

Nenek moyang bangsa Indonesia sangatlah cerdas karena mampu membangun rumah adat yang berbeda satu sama lain dan masing-masing memiliki gaya arsitektur yang unik serta khas.

Rumah-rumah adat ini tak sekedar indah secara visual, namun juga memiliki arti dan makna yang mendalam. Simbol serta makna yang terkandung umumnya akan berkaitan dengan kebiasaan serta adat dari tiap daerah asal rumah yang bersangkutan.

Berikut adalah contoh beberapa rumah adat di Indonesia beserta makna dan keunikannya masing-masing

Contoh Rumah Adat di Indonesia

1. Rumah Bolon Asal Sumatera Utara

Rumah Bolon ialah identitas dari Suku Batak di Sumatera Utara. Terdapat beberapa enis Rumah Bolon yang populer serta menjadi gaya arsitektur rumah bagi orang Batak.

Photo: Google.com

Beberapa di antaranya adalah Bolon Simalungun, Bolon Toba, Bolon Pakpak, Bolon Angkota, Bolon Karo dan lain-lain. Masing-masing memiliki gaya khasnya sendiri-sendiri.

Akan tetapi sayangnya di era modern sekarang ini, Rumah Bolon sudah cukup jarang ditemukan.

2. Rumah Gadang Asal Sumatera Barat

Rumah Gadang ialah rumah adat dari Minangkabau yang sampai sekarang masih dapat ditemukan dengan mudah di Provinsi Sumatara Barat.

Kebudayaan Melayu telah tersebar hingga ke Semenanjung Melaya serta bisa dilihat pengaruhnya di rumah ini.

Photo: Bing

Rumah Gadang bahkan bisa kita lihat di beberapa negara tetangga. Hal ini tak lepas dari penyebaran budaya Malaya di sekitar dari Semenanjung Malaya.

3. Rumah Krong Bade Asal Nanggroe Aceh Darusaalam

Rumah adat ini berupa rumah panggung dengan satu saja tangga depan sebagai jalan masuk dan keluar. Rumah ini keberadaannya kini makin langka serta hampir jarang ditemukan karena masyarakat Aceh lebih memilih membangun rumah modern.

Photo: Pinterest

Apalagi, biaya pembangunan rumah adat Krong Bade ini butuh biaya besar serta perawatan yang mahal.

4. Rumah Rakit Limas Asal Bangka Belitung

Rumah Rakit Limas berasal dari Sumatera Utara tepatnya Bangka Belitung. Bentuknya sedikit mirip rumah adat Limas karena memiliki arsitektur serta aksen yang mirip.

Photo: Yandex

Keduanya juga sama-sama berasal dari daerah Melayu terutama Sumatera. Perbedaannya adalah rumah Rakit Limas diberi aksen rakit karena Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan.

Baca Juga: Prosedur dan Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah atau Rumah

Ini tentu menunjukkan bahwa daerah Bangka Belitung tak lepas dari keberadaan rumah adat yang unik serta berbeda.

5. Rumah Adat Kajang Leko Asal Jambi

Rumah adat asal Provinsi Jambi ini terbilang lengkap karena terdiri dari delapan ruangan di dalamnya. Ruangan pertama adalah jogan yang dipakai sebagai tempat istirahat.

Photo: Google.com

Ruang kedua adalah serambi depan yang digunakan sebagai tempat perseidaan air. Ada pula ruangan khusus sebagai tempat penyambutan tamu laki-laki, tempat tidur khusus untuk anak laki-laki, kamar pengantin, tamu perempuan, tempat penerimaan tamu perempuan hingga tempat memasak.

6. Rumah Adat Rakyat Asal Bengkulu

Rumah adat asal Bengkulu ini terbilang cukup kompleks. Pasalnya, ada beberapa ruangan di dalam rumah yang sifatnya khusus, misalnya adalah ruang berendo yang digunakan sebagai tempat menerima tamu.

Photo: Yahoo.com

Terdapat pula bilik gadang yang menjadi kamar tidur utama serta bilik gadis sebagai tempat tidur anak perempuan. Ada juga ruangan khusus anak laki-laki di dalam rumah.

7. Rumah Adat Limas Asal Sumatera Selatan

Rumah Limas tergolong unik karena atapnya berbentuk seperti limas. Gaya arsitekturnya adalah lantai depan serta bertingkat membentuk panggung.

Photo: wacana.co

Kayu yang dipakai dalam proses pembangunan rumah ialah kayu ulin yang karakteristikhya kuat. Aksen pada rumah menggunakan kayu tembesu dengan kualitas yang tak kalah bagus dari kayu ulin. Rumah adat Limas konon akan dapat bertahan selama beberapa puluh tahun lamanya.

8. Rumah Adat Nowou Sesat Asal Lampung

Rumah adat satu ini memiliki sejarah yang panjang. Rumah adat Nowou Sesat awalnya didirikan sebagai rumah ibadah. Keinginan untuk membangun keluarga serta mendidik anak dengan pondasi ibadah membuat warga setempat mendirikan rumah adat ini.

Photo: Google.com


Apabila ditelusuri secara mendalam, maknanya memang sangat baik. Sayangnya sekarang rumah adat ini sudah sulit ditemui. Bentuknya adalah rumah panggung dan atapnya dibuat dari ilalang.

Rumah adat ini juga tergolong memiliki arsitektur yang minimalis sehingga proses pembuatannya tidak butuh biaya besar. Prosesnya juga tidak terlalu sulit.

9. Rumah Adat Baduy Asal Banten

Rumah adat ini dibuat oleh suku Baduy yang berdiam di Banten. Ciri khasnya adalah sedikit lebih tinggi dibanding rumah panggung namun tingginya sendiri tidak sampai setengah meter.

Photo: Bing.com


Karakteristiknya adalah atap yang terbuat dari ilalang serta material utamanya adalah kayu. Selain itu, digunakan pula material bambu dan kayu di dinding dan tiangnya.

Rumah adat ini masih dapat dijumpai dengan mudah di pelosok Ujung Kulon serta daerah-daerah pedesaan di Banten.

10. Rumah Adat Tenean Lanjhan Asal Madura

Rumah adat satu ini berasal dari Jawa Timur khususnya Madura. Akan tetapi jika dilihat dari segi adat serta kebudayaannya, ada perbedaan yang cukup signifikan.

Photo: Google.com

Di Jawa Timur, rumah adatnya disebut Joglo Situbondo sementara di Madura lebih dikenal dengan nama Tanean Lanjhan.

11. Rumah Adat Joglo Situbondo Asal Jawa Timur

Rumah adat Joglo Situbondo yang berasal dari Jawa Timur ini memiliki kemiripan dengan rumah adat Joglo yang berasal dari Jawa Tengah. Tampilan serta arsitekturnya memang nyaris sama.

Photo: Bing.com



Perbedaannya adalah adanya penambahan ruangan khusus di dalam. Namun dari segi filosofi bangunan serta kandungan isi, keduanya tetaplah sama.

Baca Juga: Seberapa Pentingnya Asuransi Rumah? Ini Dia Fungsi Utamanya !!!

Rumah adat Joglo Situbondo dibangun dengan dasar yang sama seperti rumah adat Joglo di Jawa Tengah. Nilai leluhur serta kebudayaan yang melatarbelakanginya juga sama.

12. Rumah Adat Joglo Asal Jawa Tengah

Rumah Joglo ini berasal dari Jawa Tengah dan memiliki beberapa ruangan di dalamnya. Tiap ruangan memiliki fungsi tersendiri, mulai dari pendopo sebagai ruang tamu, ruang pringgitan di bagian samping serta ruang dalem di dalam rumah yang menjadi ruang utama.

Photo: Google.com

Selain itu ada juga ruang penyimpanan, ruang gandok tengan serta dendok kiwo, sampai dengan ruang tidur keluarga di bagian dalam rumah.

13. Rumah Adat Sunda Asal Jawa Barat

Rumah adat satu ini memiliki bentuk layaknya rumah panggung serta tidak begitu tinggi. Bagian depannya terdapat tangga atau golodog sebagai jalan masuk ke dalam rumah.

Photo: Yahoo


Atapnya terdiri dari beberapa jenis, mulai dari atap jolopong, perahu kemurep, badak heuay, tegong anjing, buka pongpok, nangkup, jubleg serta apit gunting. Semuanya memiliki ciri khas masing-masing yang saling berbeda satu sama lain.

14. Rumah Adat Kebaya Asal DKI Jakarta

Rumah Kebaya sangat kental akan budaya Betawi. Bentuk desainnya sangat mudah dikenali dan masih dapat ditemui, walau sudah semakin jarang karena tenggelam akan gedung-gedung pencakar langit ibukota.

Photo: Bing

Jika ingin menemukan rumah adat ini, kita harus berkunjung ke daerah khusus perkampungan Betawi. Jumlahnya juga sudah mulai berkurang karena digantikan oleh perumahan modern.

15. Rumah Adat Bangsal Kencono Asal Jogjakarta

Bangsal Kencono ialah rumah adat yang berasal dari Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Di zaman dulu, rumah adat ini hanya akan digunakan oleh Raja Jawa serta bangsawan kerajaan.

Photo: Google.com

Biasanya, lokasinya akan ada di tengah dari karaton kasultan. Ada banyak filosofi dari rumah adat Bangsal Kencono, seperti pola laku manusia, kehidupan sehari-hari hingga alam semesta.

16. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar Asal Riau

Selaso Jatuh Kembar berasal dari Riau dan memiliki dua sisi selasar. Selasar sendiri berarti posisi lantai lebih rendah dibanding ruang tengah dan biasanya dipakai untuk tempat berkumpul.

Photo: Google.com



Tempat berkumpul ini juga biasanya akan dipakai sebagai tempat musyawarah keluarga. Kini rumah ini sudah jarang ditemukan dan hanya ada beberapa saja jumlahnya.

17. Rumah Adat Belah Bubung Asal Kepulauan Riau

Ciri khas dari rumah adat Belah Bubung ialah bentuk atap bervariasi. Ada atap lipat dengan bentuk curam ke bawah serta atap lipat yang bentuknya datar.

Baca Juga: Ini Dia Inspirasi Cat Rumah Minimalis Di Tahun 2019

Ada pula atap layar dengan bentuk menyusun serta atap panjang dengan bentuk sejajar sama. Umumnya, ada empat bagian dari ruangan dalam di rumah adat ini yaitu ruang induk, selasar, dapur serta ruang penghubung.

18. Rumah Adat Gapura Candi Bentar Asal Bali

Photo: Google.com

Rumah adat Bali masih sangat menjunjung tinggi budaya serta adat istiadat setempat. Kekentalan budaya di Pulau Bali memang telah menyatu ke dalam keseharian masyarakatnya termasuk agama mayoritas yang ada di sana. Rumah adat ini sangat mudah dijumpai dan masih banyak didirikan.

19. Rumah Adat Panjang Asal Kalimantan Barat

Rumah adat Panjang terutama berasal dari Suku Dayak Borneo Barat. Rumahnya tampak sama seperti rumah panggung yang memiliki karakteristik memanjang dengan adanya tiang penyangga tinggi serta anak tangga lebar.

Photo: Bing.com

Sayangnya rumah adat ini sudah cukup sulit ditemui dan perlahan punah dimakan usia. Kita hanya bisa menemukannya dalam bentuk arsitektur yang langka, misalnya di Taman Mini Indonesia Indah.

20. Rumah Adat Betang Asal Kalimantan Tengah

Rumah adat Betang memiliki arsitektur yang sama seperti Rumah Panjang di Kalimantan Barat. Perbedaannya adalah bentuk serta ukurannya yang lebih besar serta dibangun di atas tanah yang ukurannya lebih luas.

Photo: Bing.com

Rumah Betang umumnya akan dibangun di atas tanah seluas 150 m x 30 m serta tinggi rumah antara 3 hingga 5 meter. Satu rumah Betang akan dapat menampung hingga 150 jiwa. Rumah Betang juga adalah rumah adat terbesar kedua di Indonesia.

Itulah daftar rumah adat Indonesia lengkap yang bisa kita temukan dari Sabang sampai Merauke. Sangat disayangkan bahwa sebagian dari rumah-rumah adat tersebut sudah sangat sulit ditemukan lagi.

Orang-orang lebih memilih untuk membangun rumah modern yang lebih mudah arsitekturnya dan lebih murah biayanya. Kini, rumah-rumah adat Indonesia hanya bisa ditemukan di beberapa tempat khusus, seperti TMII, pusat kebudayaan dan lain-lain.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan jika dalam beberapa tahun ke depan, sudah tidak ada lagi orang yang membangun rumah adat di daerah asalnya.

Padahal rumah adat termasuk dalam keberagaman budaya yang jadi daya tarik bagi wisatawan di Indonesia. Sudah saatnya kita turut andil dalam melestarikan rumah-rumah adat ini.

About sibyllineorder.org

Check Also

Tips Cara Aman Membeli Rumah Bekas

Rumah adalah sebuah hunian di mana kita bisa berlindung dari segala macam bahaya. Bahkan memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *