Home / Wisata / Bersantai di Ranca Upas dan Nikmati Hal-Hal Ini

Bersantai di Ranca Upas dan Nikmati Hal-Hal Ini

Salah satu tempat wisata yang paling banyak dicari berada di selatan kota Bandung. Di ciwidey, Anda bisa menemukan berbagai lokasi yang menarik untuk dikunjungi.

Ranca Upas

Salah satunya adalah Ranca Upas. Apa saja yang akan Anda temukan disana? Mari kita simak penjelasannya.

Ranca Upas berada di Jl. Raya Ciwidey-Patenggang KM 11, Alam Endah, Ciwidey. Setelah dibangunnya jalan tol Soroja, perjalanan  Anda menuju Ranca Upas tentunya akan lebih singkat.

Baca Juga: Tempat wisata di bandung yang sangat populer

Setelah keluar dari gerbang tol Soreang,  Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Ciwidey.

Pada awalnya, Ranca Upas dikenal sebagai tempat penangkaran rusa dan juga tempat berkemah. Kini dengan nama yang baru, Kampung Cai Ranca Upas, lokasi ini mendapatkan berbagai tambahan fasilitas.

Hal ini pastinya memberikan kenyamanan yang lebih bagi para pengunjung yang mendatangi tempat ini.

Ranca Upas terletak di ketinggian 1,700 meter diatas permukaan laut sehingga membuat udaranya terasa cukup dingin. Seringkali saat cuaca berubah, kabut akan menyelimuti area ini.

Keindahan Ranca Upas terletak pada banyaknya pepohonan rimbun seperti pohon Pasang, Kitambang, Huru, Puspa, Kihujan, Jamuju, dan Hamirug.

Indahnya alam yang tersaji disini juga menjadikannya sebagai pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin mengadakan sesi foto pra nikah dengan tema alam.

Tantunya tarif yang harus dibayar akan berbeda dengan mereka yang berniat untuk berkemah atau mengamati rusa.

Kisah dibalik nama Ranca Upas

Ranca Upas dahulunya merupakan hutan rawa-rawa. Karena itulah orang Sunda biasa menyebutnya sebagai Ranca.

Namun, ada hal menarik dibalik nama Ranca Upas. Mitos yang beredar di masyarakat sekitar adalah mengenai asal nama Upas.

Baca Juga: Rasakan Pengalaman Naik Karpet Aladin di Dago Dream Park

Upas atau opas adalah bahasa Sunda yang berarti penjaga. Dulu  ada seorang pria Belanda bertubuh tinggi besar yang bekerja sebagai penjaga.

Pada suatu hari pria ini meninggal saat sedang menjelajahi hutan rawa. Tidak ada satupun yang dapat menemukan mayatnya saat itu.

Di  tahun 80-an beredar cerita bahwa sang upas sering menampakkan diri dihadapan penduduk yang sedang mencari kayu bakar. Dia sering menunjukkan dirinya dalam pakain penjaganya dan juga topi lebarnya.

Lihat Juga: Menikmati Bangunan Kolonial Belanda di Jalan Braga Bandung

Kenyataannya, Upas diambil dari nama sebuah pohon yang tumbuh banyak di hutan rawa ini. Sayangnya, kini pohon yang bernama latin Antiaris toxicaria ini sudah tidak dapat ditemukan di Ranca Upas.

Fasilitas yang tersedia

  • Area berkemah

Ranca Upas terkenal sebagai tempat berkemah. Areanya yang luas dapat menampung hingga 10,000 orang. Karenanya, tidak aneh jika pengunjung dapat menentukan lokasi berkemahnya sesuka hati didalam area ini.

Area berkemah ranca upas
Photo: Bing.com

Sambil berkemah, Anda dapat menikmati rimbunnya peohonan dan jernihnya danau yang berada didalam area Ranca Upas.

Bahkan Anda dapat mendirikan tenda di dekat lokasi penangkaran rusa. Pengalaman ini tentunya dapat membuat Anda merasa menyatu dengan alam.

Lihat Juga: Glamping Lakeside Ciwidey Eksotis dan Romantis

Karena lokasinya yang berada di ketinggian 1,700 meter diatas permukaan laut, suhu lingkungannya dapat mencapai 00 Celcius pada malam hari.

Mengingat kondisinya yang cukup dingin, sebaiknya Anda mempersiapkan diri agar tidak kedinginan saat berkemah di Ranca Upas.

Jika Anda tidak membawa perlengkapan berkemah, Anda dapat menyewanya di lokasi. Dari mulai tenda hingga alas tidur dapat Anda sewa.

Untuk tenda yang dapat menampung tiga orang, Anda dapat menyewanya dengan membayar Rp.150,000/malam. Anda bahkan dapat membeli kayu bakar seharga Rp.15,000 per ikat.

  • Penangkaran rusa

Rusa yang ada di Ranca Upas adalah salah satu daya tarik dari tempat wisata ini. Rusa-rusa ini dibiarkan hidup di alam bebas. Uniknya, mereka juga seringkali berinteraksi dengan manusia.

Penangkaran rusa ranca upas
Photo: arififandi.com

Rusa dari spesies Cervus timorensis, atau dikenal juga dengan nama rusa Jawa, ini termasuk kedalam hewan yang dilindungi. Tapi para pengunjung dapat berinteraksi dengannya dengan memberikan makan yang dapat dibeli di dekat lokasi penangkaran.

  • Outbound

Fasilitas ini mungkin terbilang masih baru. Disini, Anda dapat menikmati berbagai jenis permainan untuk mengasah kemampuan berkelompok atau sekadar menjelajahi hutan.

Outbound ranca upas
Photo: hargatiket.net



Peserta kegiatan ini biasanya siswa sekolah yang mengadakan acara pramuka atau karyawan perusahaan yang mengikuti acara gathering.

Lihat Juga: Floating Market Lembang dan Keindahan yang Tersimpan

Di sekitar lokasi, banyak fasilitas pendukung yang dapat digunakan seperti kamar mandi, warung, dan tempat ibadah. Bahkan tersedia juga live music, kudapan, atau api unggun untuk mendukung kegiatan para pengunjung.

  • Kolam pemandian air panas

Mengingat kondisinya yang cukup dingin, adanya pemandian air panas pastinya dapat memberikan sesuatu yang dapat dinikmati para pengunjung Ranca Upas saat suhu lingkungan menurun.

Kolam pemandian air panas ranca upas
Photo: Bing.com

Anak-anak juga dapat merasakan kesenangan di kolam air panas ini dengan tersedianya water boom didekatnya. Walau pengunjung harus merogoh koceknya lagi untuk menggunakan fasilitas ini,  harganya tidak  terlalu tinggi.

  • Permainan paintball

Kampung Cai Ranca Upas juga menyediakan fasilitas paintball bagi Anda yang suka untuk bermain perang-perangan di alam terbuka. Bersama teman-teman dan keluarga, Anda bisa merasakan sensasi perang yang terlihat nyata.

Permainan paintball ranca upas
Photo: Youtube.com



Anda tidak perlu khawatir terluka karena keamanan dalam permainan paintball ini juga sangat diperhatikan. Selain itu, peluru cat yang digunakan pun tidak akan membahayakan jika dilakukan dengan benar.

Saat tertembak peluru cat in i, Anda mungkin dapat merasakan sedikit sakit. Tapi jika Anda memakai pakaian taktis dan topeng yang disediakan pengelola, rasa sakit tersebut akan sangat berkurang.

Lihat Juga: Sensasi Jalan-jalan di Pemukiman Tionghoa ala Chinatown Bandung

Bahkan Anda bisa lebih menikmati permainan ini dan mempraktekkan beberapa teknik bertempur yang Anda miliki.

  • Penginapan

Meskipun Kampung Cai Ranca Upas hanya menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin berkemah, Anda tidak perlu memaksakan diri jika Anda tidak ingin berkemah. Ada beberapa penginapan di sekitar lokasi wisata yang dapat Anda gunakan.

Penginapan terdekat yang bisa Anda coba adalah Patuha Resort. Penginapan ini memiliki berbagai fasilitas yang dapat membuat suasana berlibur Anda semakin menarik.

Lihat Juga: Menelusuri Legenda Sangkuriang di Gunung Tangkuban Perahu

Untuk Anda yang tidak tahan dengan cuaca dingin Ciwidey, coba saja berendam di kolam air panas yang tersedia di Patuha Resort ini.

  • Buah tangan

Ada dua hal yng menjadi ciri khas ciwidey, khususnya di Ranca Upas, yaitu stroberi dan bandrek. Anda bisa membeli dodol stroberi juga sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jika Anda suka dengan minuman yang dapat menghangatkan tubuh, bandrek adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Tiket  dan tarif

Merencanakan sebuah perjalanan tidak akan lepas dari pengaturan anggaran perjalanan. Agar rencana perjalanan Anda berjalan dengan baik, Anda harus mengetahui harga tiket masuk dan tarif berbagai fasilitas yang tersedia di Kampung Cai Ranca Upas.

Lihat Juga: Abadikan Momen Unik Ini Hanya di The Lodge Maribaya

Untuk memasuki area wisata Ranca Upas, para pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp.15,000 untuk wisatawan lokal. Turis asing harus membayar tiket masuk yang lebih mahal, yaitu seharga Rp.25,000 per orang.

Pengunjung yang ingin berkemah harus membayar sebesar Rp 10,000 per malam untuk setiap orang. Jika Anda ingin mencoba kolam renang air panas, Anda harus membayar tiket masuknya sebesar Rp.15,000.

Untuk Anda yang membawa kendaraan, tiket masuk untuk kendaraan roda dua adalah Rp.5,000, kendaraan roda empat Rp.10,000, dan kendaraan roda enam Rp.25,000.

Lihat Juga: Abadikan Cinta Anda Di Danau Situ Patenggang Yang Menyejukkan Ha

Jika menginap, setiap kendaraan roda dua harus membayar Rp 5,000, kendaraan roda empat Rp.10,000, dan kendaraan roda enam Rp.20,000

Jika Anda tidak membawa peralatan berkemah, pengelola Ranca Upas juga menyediakan penyewaan peralatan kemah dan lain-lainnya. Daftar harganya dapat Anda liat berikut ini:

  • Tenda Charly kapasitas 3 orang: Rp.150,000
  • Tenda Gama kapasitas 3 orang: Rp.250,000
  • Tenda Roofi kapasitas 12 orang: Rp.350,000
  • Tenda Vango kapasitas 10 orang: Rp.350,000
  • Tenda regu kapasitas 20 orang: Rp.400,000
  • Tenda pleton kapasitas 40 orang: Rp.600,000
  • Tenda pesta: Rp.600,000
  • Tenda panggung: Rp.700,000
  • Kasur ekstra: Rp.70,000
  • Matras: Rp.15,000
  • Sleeping bag: Rp.25,000
  • Pasang listrik: Rp.600,000
  • Kayu bakar (per ikat): Rp.15,000
  • Genset: Rp.900,000
  • Sound system: Rp.1,000,000
  • Electune: Rp.2,500,000
  • Petromak: Rp.50,000
  • Gedung serba guna: Rp.1,500,000

Sedangkan tarif untuk fasilitas menembak, Anda harus membayar sebesar Rp.1,500,000. Sedangkan untuk sesi foto pra nikah, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp.500,000.

Paintball dapat Anda nikmati dengan membayar tiket masuk Rp.90,000. Untuk Fun Games, tiketnya senilai Rp.75,000 dan untuk Team Building sebesar Rp.150,000.

Pemesanan dan info

Jika Anda ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai kampung Cai Ranca Upas atau ingin melakukan pemesanan tempat, Anda dapat menghubungi pihak pengelola tempat wisata tersebut di Jalan Raya Patengan KM 11, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Bersantai di Ranca Upas dan Nikmati Hal-Hal Ini

Anda juga dapat menghubungi pihak manajemen langsung melalui nomor 0813-2183-5998.

Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan berlibur, tidak ada salahnya jika menjadikan Kampung Cai Ranca Upas sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya.

Selain berbagai fasilitas dan wahana yang bisa ditemukan di camping ground ini, lokasi Ranca Upas berada dalam satu wilayah dengan lokasi wisata lainnya seperti Kawah Putih atau agrowisata stroberi.

Tips

Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui agar perjalanan Anda ke Ranca Upas menyenangkan.

  • Jangan berangkat terlalu siang

Ciwidey seringkalki dikunjungi banyak wisatawan, khususnya pada akhir pekan. Karena kondisi jalan yang cukup sempit, seringkali terjadi kemacetan di tengah perjalanan menuju lokasi wisata.

Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda berangkat lebih pagi. Selain menghindari kemacetan, Anda juga tidak perlu mengantri terlalu lama di lokasi wisata.

  • Bawa jaket

Ciwidey berada di tempat yang cukup tinggi sehingga suhunya cenderung sangat dingi, bahkan di siang hari.

Ada baiknya jika Anda mempersipkan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh Anda, terlebih jika Anda berniat untuk berkemah di Ranca Upas. Suhu pada malam hari akan jauh lebih dingin daripada siang hari.

  • Perhatikan kesehatan

Jangan paksakan diri untuk berwisata ke Ranca Upas jika kondisi tubuh Anda sedang menurun. Apalagi jika Anda memiliki alergi dingin. Bawa juga obat-obatan yang Anda perlukan untuk menjaga kesehatan Anda.

  • Bawa dana cadangan

Ranca Upas berdampingan dengan lokasi wisata lainnya. Jadi sebaiknya jangan membawa uang pas-pasan.

Siapkan dana cadangan untuk berjaga-jaga jika Anda ingin mengunjungi lokasi wisata lain yang dekat dengan Ranca Upas.

Itulah beberapa informasi dan tips mengenai Ranca Upas yang perlu Anda ketahui. Selalui rencanakan perjalanan Anda dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk menikmati waktu Anda di Kampung Cai Ranca Upas.

About sibyllineorder.org

Check Also

Sensasi Mandi di Tempat Pemandian Bidadari di Sanghyang Heuleut

Wilayah Bandung memang terkenal memiliki wisata alam yang eksotis, contohnya seperti gunung, situ atau danau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *