Home / Wisata / Petak 9 Dieng, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Wonosobo dari Ketinggian

Petak 9 Dieng, Spot Terbaik Menikmati Keindahan Wonosobo dari Ketinggian

Dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa tempat wisata di Wonosobo yang wajib untuk kamu datangi ketika berkunjung ke sana, dan salah satu di antara tempat tersebut adalah Petak 9 Dieng.

Digadang-gadang sebagai spot terbaik untuk menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian, agaknya sayang jika kita hanya membahas Petak 9 Dieng dari kulitnya saja.

Padahal, selain dapat menikmati keindahan dua telaga terpopuler di dataran tinggi Dieng, masih banyak lagi lho, aktivitas lain yang dapat kita lakukan di Petak 9 Dieng.

Oleh sebab itu, yuk kita mengenal lebih dekat tempat wisata yang satu ini!

Mengenal objek wisata Petak 9 Dieng

Terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Petak 9 Dieng merupakan areal puncak Bukit Sidengkeng yang termasuk  ke dalam kawasan wisata Telaga Warna.

Simak Juga: Wisata Gratis Ala Backpacker di Kuala Lumpur Malaysia yang Wajib Banget di Kunjungi

Tentu kamu udah enggak asing lagi dong dengan Telaga Warna? Benar, Telaga Warna merupakan satu dari beberapa telaga cantik yang terdapat di dataran tinggi Dieng.

Telaga Warna sendiri memiliki keunikannya sendiri jika dibandingkan telaga-telaga lain yang ada di Dieng, seperti dapat memancarkan pancaran warna-warni yang sangat indah ketika terkena sinar matahari.

telaga warna dieng
Photo: pusaka-indonesia.com

Oleh sebab itu, cara terbaik menikmati keindahan Telaga Warna adalah dari ketinggian, dan tempat terbaik untuk melihat fenomena tersebut adalah Petak 9 Dieng.

Bukan hanya keindahan Telaga Warna saja lho, yang dapat kamu lihat dari puncak Petak 9 Dieng, di sana kamu juga dapat menikmati keelokan Telaga Pengilon yang berada tepat di sebelah Telaga Warna.

Sensasinya persis seperti melihat danau tiga warna yang terdapat di Gunung Kalimutu, NTT. Kebayang dong gimana kerennya?

Asal muasal nama Petak 9 Dieng

Mungkin kamu mengira-ngira, mengapa puncak Bukit Sidengkeng disebut sebagai Petak 9 Dieng?

Nama Petak 9 Dieng sendiri sebenarnya diberikan oleh Perum Perhutani, yang menyebut setiap kawasan wisata di dataran tinggi Dieng sebagai “petak.” Analogi dari kata “petak” ini berasal dari kata wilayah.

Sedang angka 9, merupakan urutan lokasi dari Petak 9 Dieng berada. Hal tersebut dapat dilihat dari Petak 8 yang berarti Gunung Prau dan Petak 10 yang artinya Bukit Sikunir.

Simak Juga: Festival Wisata Budaya yang Harus Dikunjungi Tahun Ini

Sebab lokasi ketiganya berdekatan, angka “petak” ketiganya menjadi berurutan.

Selain itu, kata wanawisata sendiri dapat diartikan sebagai objek wisata alam yang dikembangkan oleh Perum Perhutani. Jika merujuk pada KBBI, arti wanawisata adalah tujuan wisata berupa hutan.

Persis seperti pemakaian kata wanawisata pada Petak 9 Dieng, hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan sebuah kawasan hutan lindung atau hutan produksi yang juga difungsikan sebagai lokasi wisata.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Petak 9 Dieng

Siapa bilang di Petak 9 Dieng kita cuma bisa bengong sambil melihat pemandangan telaga saja? Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan agar waktu liburanmu lebih menyenangkan, di antaranya:

1. Menyalurkan hobi fotografi

Photo: dieng.me

Tentu saja, dengan suguhan pemandangan yang sangat indah di depan mata, sayang rasanya jika kamu tidak mengabadikan momen tersebut.

Apalagi jika kamu memiliki hobi fotografi, dari puncak Petak 9 Dieng kamu dapat memotret pemandangan pemukiman penduduk, lengkap dengan petak persawahan serta background bukit dan pegunungannya.

Keindahan Talaga Warna dan Talaga Pengilon dapat kamu abadikan dengan apik dari angle yang satu ini.

Selain itu, buat kamu yang hobi selfie, terdapat sebuah rumah pohon yang berfungsi sebagai tempat beristirahat dan gardu pandang bagi para wisatawan.

Pasalnya, terdapat sebuah rumah pohon yang bentuknya sangat instagrammable, yang tentu saja sangat menarik jika kamu jadikan sebagai background foto selfie-mu.

2. Berkemah di camping ground Petak 9 Dieng

Bagi para pecinta alam, kawasan Petak 9 Dieng juga merupakan lokasi yang cocok untuk bisa lebih dekat dengan alam melalui berkemah.

Sebab, kawasan Petak 9 Dieng dilengkapi dengan fasilitas camping ground berkapasitas hingga 100 tenda.

Meski lokasinya tak setinggi puncak Gunung Sumbing ataupun Gunung Prau, namun sensasi berkemah di Petak 9 Dieng juga tak kalah menyenangkannya, lho.

Dari lokasi tersebut kamu dapat melihat megahnya gunung-gunung yang ada di sekitar kawasan Dieng.

Jika hari sedang cerah, kamu bahkan bisa melihat secara jelas pemandangan Gunung Prau dan Gunung Sumbing, serta birunya warna Gunung Sindoro dari kejauhan.

Bahkan, jika hari sedang berkabut nuansa di sekitar Petak 9 Dieng berubah menjadi lebih intim dan romantis.

3. Menikmati syahdunya sunrise, sunset, dan milky way di langit Dieng

menikmati sunrise di dieng
Photo: losmenbudjono.com

Enggak afdol dong, berada di dataran tinggi namun urung menikmati indahnya sunrise dan sunset dari lokasi tersebut.

Jika kamu berkemah di kawasan Petak 9 Dieng, kemungkinan besar kamu berkesempatan menikmati indahnya pancaran mentari pagi dari ufuk timur Dieng.

Dikala senja, kamu juga bisa menyaksikan rona merah keemasan yang secara berangsur-angsur menghilang ke balik pegunungan yang ada di sekitar dataran tinggi Dieng.

Tidak cukup sampai di situ, pada malam harinya kamu bisa menikmati taburan bintang atau milky way yang menghiasi langit malam Dieng.

4. Mengunjungi kawasan konservasi tanaman endemik

Sebagai kawasan wanawisata, Petak 9 Dieng tidak hanya menyuguhkan keindahan landscape-nya saja, namun juga kekayaan flora endemik yang hanya terdapat di dataran tinggi Dieng.

Wilayah ini termasuk ke dalam Kawasan Konservasi Telaga Warna yang dijadikan sebagai tempat pengumpulan dan pengembangbiakan tanaman endemik Dieng.

Dalam kata lain, kawasan Petak 9 Dieng adalah hutan lindung yang dibuat untuk melestarikan tanaman endemik yang hampir punah, serta sarana belajar dan laboratorium hidup bagi peneliti.

Akses dan tiket masuk Petak 9 Dieng

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Petak 9 Dieng, akses menuju lokasi tersebut terbilang cukup mudah kok. Dari Kota Wonosobo kamu dapat berkendara menuju kawasan Dieng.

Sesampainya di kawasan Dieng kamu akan menemui sebuah pertigaan jalan, dari situ pilih jalur kiri yang menuju ke arah Telaga Warna.

Tidak jauh dari situ, kamu akan di menemui sebuah gerbang masuk berbentuk candi bertuliskan “Welcome to Nawa Wisata Petak 9 Dieng” dan sampailah kamu di lokasi tersebut.

pintu gerbang wana wisata petak 9 dieng
Photo: coretanomen.com

Jangan lupa menyiapkan uang untuk biaya tiket masuk wanawisata ya, enggak mahal kok, cuma Rp5 ribu per orangnya.

Dari pintu masuk kamu masih harus melakukan tracking selama kurang lebih 15 menit untuk menuju ke puncak Petak 9 Dieng.

Namun tenang, pihak pengelola sudah mengatur sedemikian rupa agar jalur pendakianmu tidak sulit dan mudah diakses kok.

Selain itu, rimbunnya pepohonan dan sejuknya udara di kawasan tersebut akan membuat pendakianmu tidak terasa melelahkan, malah mengasyikkan.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai Petak 9 Dieng yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke sana.

Ingat ya, tetaplah jaga kelestarian dan kebersihan wanawisata Petak 9 Dieng. Jangan merusak fasilitas dan infrastruktur yang ada, memetik bunga dan membuang sampah sembarangan di sana ya.\

Selamat berlibur!

About sibyllineorder.org

Check Also

Berwisata Sambil Belajar di Museum Geologi Bandung

Sejarah Museum Geologi Bandung Berdirinya Museum Geologi Bandung berhubungan erat dengan sejarah penyelidikan geologi di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *