Home / Bisnis / Panduan Membuat Rencana Bisnis Bagi Pemula

Panduan Membuat Rencana Bisnis Bagi Pemula

Business plan atau rencana bisnis tidak hanya diperlukan bagi usaha skala besar. Sebuah Usaha Kecil Menengah atau UKM skala rumahan juga butuh rencana bisnis yang matang.

Semua ini agar tiap langkah serta keputusan yang diambil sehubungan dengan bisnis akan semakin terarah. Rencana bisnis sendiri ialah rencana tertulis yang di dalamnya memuat latar belakang, tujuan serta bagaimana cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut.

Rencana ini juga berguna dalam menarik investor maupun mengajukan pinjaman dana ke bank apabila diperlukan. Jika semua yang Anda tulis dalam rencana bisnis itu menarik, masuk akal serta dapat meyakinkan pihak ketiga terkait potensi keuntungannya, maka bukan tidak mungkin Anda akan dapat menarik investor.

Artikel Terkait: Tips Mempertahankan Bisnis dengan Bantuan Karyawan

Setidaknya, terdapat sembilan komponen yang harus ada dalam sebuah rencana bisnis. Berikut adalah sembilan komponen tersebut.

1. Ringkasan Tentang Bisnis

Bagian ini akan berisi gambaran umum terkait bisnis serta susunan tim yang ada di dalamnya.

2. Deskripsi Perusahaan

Bagian ini ialah penjelasan singkat tentang sejarah perusahaan Anda serta apa yang akan dilakukan oleh bisnis yang hendak dijalankan tersebut.

3. Riset Pasar

Bagian ini berisi analisis Anda terkait pasar, termasuk di antaranya adalah pesaing-pesaing yang mendirikan bisnsi serupa di pasaran.

4. Organisasi dan Manajemen

Pada bagian ini, Anda jelaskan mengenai struktur manajemen bisnis serta peran-peran semua orang yang ada di dalamnya.

5. Produk

Di sinilah Anda jelaskan jasa ataupun produk yang hendak Anda tawarkan.

6. Pemasaran

Bagian ini berisi pemaparan Anda terkait strategi pemasaran yang akan dilakukan dalam memasarkan produk tersebut.

7. Pendanaan

Pada bagian ini, Anda jelaskan berapa modal yang dimiliki serta berapa total dana yang dibutuhkan guna menjalankan bisnis.

8. Proyeksi Keuangan

Bagian ini akan berisi perkiraan modal yang dikeluarkan serta potensi pendapatan yang bisa diterima

9. Lampiran

Jika diperlukan, Anda bisa menambahkan lampiran berupa surat-surat seperti resume serta perizinan yang menyatakan bisnis Anda legal

Setelah Anda tahu persis komponen-komponen apa saja yang harus ada pada rencana bisnis, ini saatnya Anda mulai menuliskan rencana bisnis sendiri. Langkah-langkah penulisannya adalah sebagai berikut.

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Supaya rencana bisnis dapat bermanfaat, lakukanlah penelitian terlebih dahulu. Teliti segala sesuatu yang dibutuhkan secara mendetail. Termasuk di antaranya adalah analisis produk yang hendak Anda jual, selera pasar serta strategi apa yang dilakukan oleh para pesaing Anda.

Photo: Google.com



Riset akan membuat Anda lebih paham terkait bisnis yang hendak dijalani. Jika di kemudian hari muncul masalah, maka Anda akan dapat menanganginya secara cepat. Hasil riset juga bisa jdi patokan dalam menciptakan ragam inovasi yang dapat memperluas jangkauan bisnis.

2. Tetapkan Tujuan Bisnis Anda

Rencana bisnis ialah sebuah perencanaan tertulis yang mencakup latar belakang, jenis dari bisnis yang dijalankan hingga strategi penjualan yang diterapkan.

Photo: Bing



Agar Anda dapat menuliskan semuanya, diperlukan penentuan tujuan bisnis terlebih dahulu. Yang dimaksud tujuan di sini ialah apa yang hendak Anda capai dari bisnis yang dijalankan tersebut serta apa harapan Anda dalam beberapa tahun ke depan terkait bisnis tersebut.

Melalui adanya tujuan yang jelas, Anda akan dapat mengambil sikap serta keputusan rasional agar dapat mencapainya.

3. Buat Profil Perusahaan

Rencana bisnis takkan lepas dari profil perusahaan. Ini merupakan hal utama serta harus tercantum dalam halaman pertama. Sebaiknya, profil perusahaan harus Anda buat secara jelas serta mendetail.

Photo: Yandex.com

Dengan adanya profil perusahaan yang seperti ini, investor akan memiliki alasan bagus untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis Anda, terutama saat Anda tengah mengharap suntian modal. Investor akan dapat membaca bisnis apa yang tengah Anda jalankan.

Cantumkan pula sejarah pendirian bisnis, jasa maupun produk yang ditawarkan, target pasar yang hendak dibidik hingga sumber daya yang dimiliki. Sebutkan pula apa yang membuat bisnis Anda unik serta berbeda dari bisnis-bisnis lain di pasaran.

4. Catat Seluruh Pengeluaran dan Pemasukan

Jika Anda berencana membuat rencana bisnis agar dapat menggaet pendanaan investor, maka buatlah catatan terkait arus keluar masuk uang. Catat semua pemasukan dan pengeluaran, dalam jumlah besar maupun kecil, secara mendetail.

Ini karena investor tentu ingin tahu segala hal terkait bisnis yang Anda jalankan. Catatan keuangan ini akan membuat mereka dapat menganalisa apakah mereka layak mengalokasikan dana ke bisnis Anda.

Jika catatan keuangan menunjukkan pengeluaran lebih besar dibanding pemasukan, maka investor tentu akan berpikir dua kali untuk menggelontorkan dana, atau bahkan tidak akan memberi bantuan dana sama sekali. Hal ini terutama sangat mungkin terjadi apabila pengeluaran tidak dimaksudkan untuk bisnis yang dijalankan.

5. Memiliki Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran yang Anda buat harus memiliki sifat strategis. Jangan sampai semua yang Anda lakukan berakhir sia-sia. Lakukan teknik pemasaran yang dapat memberi dampak positif dan tidak sekedar menghambur-hamburkan modal.



Rencana pemasaran yang Anda buat ini dapat berupa timeline mulai dari kapan akan memperkenalkan produk baru, kapan akan memberi promo diskon dan lain sebagainya.

Artikel Terkait: Ingin Produk Anda Memiliki Sertifikasi MUI? Begini Prosedur dan Biayanya

Semuanya akan dapat dibuat secara mudah asal Anda memiliki kreativitas serta inovasi yang tiada habisnya. Jika diperlukan, cari juga referensi dari pengusaha lain.

Itulah lima hal yang penting untuk jadi perhatian Anda dalam membuat rencana bisnis tertulis. Walau terbilang rumit terutama untuk bisnis rumahan berskala kecil, namun adanya rencana bisnis akan memudahkan Anda dalam mencapai tujuan dan membuat bisnis berjalan sesuai arah.

About sibyllineorder.org

Check Also

Macam Bisnis dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Dunia bisnis memang selalu memiliki ketertarikan tersendiri dan dianggap memiliki peluang yang sangat menguntungkan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *