Home / Wisata / Belajar Sambil Bermain di Orchid Forest Lembang

Belajar Sambil Bermain di Orchid Forest Lembang

Bersantai sambil menikmati segarnya suasanya di daerah Bandung Utara, dekat Gunung Tangkuban Parahu pastinya dapat menjadi saat yang menyenangkan untuk melepas penat setelah bergelut dengan katifitas kerja.

Orchid Forest Lembang

Lembang menyediakan berbagai tempat yang menarik sebagai tujuan wisata keluarga atau mereka yang ingin menyegarkan pikiran dengan pemandangan alam yang indah.

Artikel Menarik: 9 Tempat Wisata di Bandung yang Terkenal Yang Direkomendasikan

Salah satu lokasi wisata yang dapat menjadi tujuan para wisatawan selanjutnya adalah The Orchid Forest Cikole. Lokasi wisata ini pertama kali dibuka pada 24 Agustus 2018 dan sejak saat itu, banyak orang yang mengunjunginya untuk menikmati keindahan yang ditawarkannya.

Terletak sekitar 5 km dari Alun-alunLembang (Lembang’s Square) atau sekitar 45 menit dari Bandung dan 3-4 jam dari Jakarta , Orchid Forest Cikole menawarkan udara pegunungan yang sejuk dan tidak terpolusi, deretan pohon pinus, spot foto yang menakjubkan dan instagrammable, dan tentunya koleksi anggrek yang sangat beragam.

Tujuan liburan yang unik berada di Kecamatan Lembang. Namanya Hutan Anggrek dan milik Desa Cikole. Objek wisata alam ini berada di Indonesia yang terletak di tengah hutan dan dataran tinggi.

Artikel Menarik: Ternyata Begini Rasanya Naik Karpet Ajaib Aladdin Di Dago Dream park

Tidak heran, wisatawan dapat menghilangkan stres mereka saat menjelajahi situs. Plus, mereka memiliki kesempatan untuk mempelajari berbagai jenis anggrek dan tanaman lain yang tumbuh di daerah ini.

Faktanya adalah bahwa situs tersebut telah menjadi pusat budidaya anggrek lokal. Fakta penting lainnya adalah banyak agen wisata memasukkannya ke dalam daftar tujuan liburan terbaik di Lembang. Apa yang lebih?

Orchid Forest Lembang
Photo: Bing.com

Hutan Anggrek Nuansa Lembang memiliki luas sekitar 12 hektar dan berada pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Sebenarnya, situs ini dikelilingi oleh hutan pinus, menampilkan pinus tua dan pohon-pohon tinggi lainnya.

Artikel Menarik: Berkemah Bersama Sahabat Di Ranca Upas Bandung

Sekilas, nuansanya mirip dengan Hutan Pinus Jayagiri. Ini juga menjelaskan mengapa suasananya terasa nyaman dan sejuk di sana.

Menjelajahi Hutan Anggrek

Daya tarik dari tempat wisata ini menggabungkan hutan pinus yang subur dan pusat budidaya anggrek. Wisatawan tidak akan menemukan tempat lain yang menawarkan kolaborasi semacam itu di Kecamatan Lembang.

Orchid Forest Lembang
Photo: Google.com

Karena hal ini, para pelancong sering mampir untuk menjelajahi hutan dan menyaksikan banyak spesies anggrek secara bersamaan.

Tidak diragukan lagi, daya pikat utama tempat ini adalah koleksi anggrek yang dibudidayakan oleh pemerintah.

Banyak spesies flora yang indah tumbuh di sana, sehingga pengunjung dapat belajar tentang mereka dengan seksama selama kunjungan.

Artikel Menarik: Berlibur Bersama Keluarga Di Danau Situ Patenggang

Hal menarik lainnya tentang Orchid Forest Lembang adalah fasilitaslengkap yang disediakan oleh pihak manajemen. Misalnya, pengunjung dapat menemukan area luar ruangan untuk berkumpul.

Lokasinya berada di lapangan terbuka di bawah pohon pinus. Beberapa wahana outbound yang menyenangkan juga tersedia disini, tetapi ada tarif yang harus dibayar untuk menggunakannya. Jadi, pastikan membawa uang yang cukup ketika mengunjungi tempat wisata ini.

Di sini pengunjung dapat menemukan lebih dari 20.000 jenis anggrek di antaranya adalah beberapa varian paling langka seperti Phavio dari Jawa Barat , serta berbagai spesies anggrek dari Argentina, Peru, Filipina , dan banyak lagi.

Artikel Menarik: Merajut Kegembiraan di Trans Studio Bandung

Selain anggrek yang indah, tempat ini menawarkan kegiatan menarik untuk dinikmati termasuk meluncur di flying fox atau melintasi jembatan kayu yang menggantung 23 meter di atas lembah.

Apa yang membuat pengunjung harus datang ke Orchid Forest?

Jadi, jika pengunjung masih ragu apakah Hutan Anggrek Cikole layak dikunjungi, berikut adalah sepuluh alasan mengapa mereka harus datang ke Orchid Forest dan melihat keunggulannya sendiri.

1. Untuk generasi milenial yang senang mengabadikan momen-momen menarik dalam keseharian mereka, Orchid Forest mampu memberikan daya tariknya dengan menyediakan berbagai spot yang sayang untuk dilewatkan.

Keindahan alam yang tersaji di tempat ini merupaakan tempat yang tepat untuk para pengunjung yang senang bergaya di tempat-tempat menarik dan mengunggahnya di media sosial.

Artikel Menarik: Abadikan Momen Unik Ini Hanya di The Lodge Maribaya

2. Taman ini menginspirasi banyak ide kreatif tentang lanskap dan dekorasi yang mengekspresikan semangat anak muda. Di antaranya adalah dekorasi bambu yang benar-benar menggambarkan semangat milenial.

3. Seperti namanya, pengunjung akan dimanjakan dengan lebih dari 20.000 varietas anggrek yang menggantung indah di pohon pinus. Lalu ada Rumah Anggrek yang melestarikan beberapa anggrek yang paling istimewa dan paling langka di dunia.

Anggrek memamerkan kecantikan mereka sendiri yang berbeda dengan warna-warna mempesona yang akan selalu tampil luar biasa dengan baik di foto dan video.

4. Jika pengunjung mencari aksi mendebarkan yang dapat memompa adrenalin, ada slide Flying Fox yang menantang untuk melancur di jalur yang panjang dan tinggi.

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan keselamatan mereka karena wahana ini dilengkapi dengan alat keselamatan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Artikel Menarik: Keindahan Alam Curug Cinulang Bandung

Ada juga jembatan kayu yang membentang sepanjang 150 meter dan tergantung pada ketinggian 23 meter di atas tanah. Pengunjung akan merasakan sensasi yang berbeda saat berjalan diatasnya.

5. Lalu ada Taman Cahaya yang menerangi langit malam yang romantis. Lampu berbagai warna yang indah dan dikontrol oleh sensor menciptakan pertunjukan cahaya yang luar biasa.

Jika para wisatawan ingin menikmati pertunjukannya, datanglah di sore hari dan nikmati taman yang indah.

6. Untuk anak-anak, ada taman bermain kelinci, rumah kelinci, dan tempat pemberian makan kelinci. Berinteraksi dengan hewan berbulu yang lucu ini pasti akan menyenangkan.

Artikel Menarik: Menikmati Hawa Sejuk di Glamping Lakeside

7. Taman ini dirawat dengan baik, bersih, dan dikelola dengan baik pula. Fasilitas umum seperti tempat ibadah dijaga dengan baik kondisinya, bahkan kebersihannya pun terjaga dengan baik.

8. Di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut, pengunjung pasti akan dimanjakan dengan iklim Lembang yang dingin dan memanjakan. Kabut sesekali yang muncul dari lembah menambah suasana yang mempesona danmenciptakan pemandangan yang menarik untuk diabadikan.

9. Di sini pengunjung juga dapat memulai petualangan di alam liar dengan trekking dan hiking. Dengan trekking atau hiking melintasi hutan pinus, pengjunjung akan merasa terbenam dalam keindahan alam yang menawarkan pemandangan menakjubkan dan udara segar yang benar-benar tidak tercemar.

10. Nikmati suasana yang memanjakan disertai dengan secangkir kopi, teh, atau cokelat panas di kafe atau nikmati berbagai makanan lezat masakan Jawa Barat di kantin yang nyaman.

Ada juga toko suvenir, tempat pengunjung dapat membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan untuk pengalaman tak terlupakan yang mereka alami di Orchid Forest ini.

Tiket Masuk

Untuk masuk ke Orchid Forest, pengunjung akan dikenakan tiket masuk.

  • Hari kerja                                            Rp25.000
  • Hari libur dan puncak liburan             Rp35.000

Tempat Wisata Terdekat

  • Tangkuban Parahu

Gunung yang masih cukup aktif ini terletak di kawasan objek wisata alam Bandung yang berdekatan dengan Lembang yang juga merupakan kawasan wisata unggulan di Jawa Barat.

Artikel Menarik: Sensasi Berbelanja di Atas Perahu di Floating Market Lembang

Keunikan dan tentu saja keindahan panorama dan udara sejuk yang mampu menarik banyak pengunjung.

Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat yang sangat indah ini di akhir pekan, terutama ketika musim liburan panjang tiba.

  • Tebing Keraton

Tebing Keraton Bandung, telah menjadi trending topic di media sosial. Sejak ketenarannya di internet pada tahun 2014, banyak pengunjung datang untuk menyaksikan keindahannya.

Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, Tebing Keraton menyajikan pemandangan kota Bandung yang indah dari atas.

  • Bukit Moko

Bukit Moko adalah dataran tinggi yang terletak di desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tepat di dataran tinggi Moko, ada sebuah toko bernama Daweung.

Baca Juga: Sensasi Jalan-jalan di Pemukiman Tionghoa ala Chinatown Bandung

“Daweung” dalam bahasa Sunda berarti melamun atau merenung. Ini karena lokasi yang sering digunakan untuk melamun sambil menikmati keindahan alam yang indah dari meja dan kursi yang terbuat dari batu.

Saat matahari terbenam, dataran tinggi Moko akan memanjakan kita dengan pemandangan alamnya yang luar biasa.

  • Hutan Jayagiri

Tempat liburan ini menerapkan tema alami dan menawarkan pengalaman menarik bagi pengunjung. Sangat cocok untuk pecinta alam dan mereka yang gemar bertualang.

Salah satu alasan untuk datang ke Hutan Jaya Giri adalah trekking. Tempat wisata ini menyediakan beberapa opsi untuk rute hiking.

Bahkan pemula dapat menikmati trekking dengan baik, karena keberadaan papan nama yang dipasang di beberapa tempat di hutan.

Hal ini pasti membantu trekker untuk menjelajahi rute tanpa kerepotan. Belum lagi fasilitas berguna lainnya yang berada di dalam hutan, termasuk toilet, pos jaga, dan tempat sampah.

Cara ke lokasi wisata

Bagi para wisatawan yang datang dari Kota Bandung, tujuan pertama adalah Kecamatan Lembang. Kemudian, dapat mengambil layanan transportasi lokal dan menuju ke Desa Cikole, tempat Orchid Forest berada.

Baca Juga: Sensasi Berlibur di Eropa ala Farmhouse Lembang

Seluruh perjalanan mungkin memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit karena jaraknya sejauh 21,7 km dari Bandung kota. Adapun rute terbaik untuk mencapai lokasi wisata ini adalah melalui Jalan Dago Giri.

Penginapan sekitar Orchid Forest

Jika pengunjung berniat untuk menghabiskan waktu beberapa hari di Orchid Forest, mereka bisa menginap di salah satu penginapan yang ada di sekitar lokasi seperti penginapan dibawah ini:

  • Yehezkiel Hotel

Hotel ini terletak di dekat pasar Lembang, sebuah dataran tinggi di kabupaten Bandung, sehingga udaranya cukup sejuk.

Hotel ini dapat disewa per kamar dan dapat juga menyewa pondokan dengan model perumahan yang terdiri dari beberapa kamar (3 kamar tidur, 3 kamar mandi, lemari es, ruang keluarga).

  • Villa Venetys

Meskipun lokasi villa ini terpencil, pemandangan dan kesenangan tempat ini sangat sayang dilewatkan. Dari balkon restoran para tamu akan dapat menikmati pemandangan gunung yang indah, pertanian sayuran, dan udara segar, terutama di pagi hari. 

Villa ini sangat direkomendasikan untuk keluarga yang ingin tinggal di luar kota Lembang tetapi belum dekat dengan tempat makan dan atraksi lokal.

  • Hotel Grand Hani

Hotel ini sangat dekat dengan objek wisata terkenal di Lembang seperti Pasar Terapung, De Ranch, dan Rumah Pertanian. Hotel merupakan pilihan yang bagus untuk menginap.

Lokasi hotel tidak jauh dari jalan sehingga memudahkan orang-orang yang menginap untuk menemukan kendaraan transportasi menuju beberapa tempat wisata yang ingin mereka kunjungi.

Baca Juga: Menelusuri Legenda Sangkuriang di Gunung Tangkuban Perahu

Tips untuk para tamu hotel, cobalah memilih kamar di depan kolam untuk mendapatkan pemandangan yang bagus.

  • Hotel Jayagiri Lembang

Untuk pelancong yang memiliki anggaran perjalanan yang terbatas, penginapan ini dapat menjadi pilihan mereka selama berlibur di Lembang. Tempat ini bersih, sederhana dan stafnya sangat ramah.

Jika mereka berencana untuk menginap disini, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

About sibyllineorder.org

Check Also

Sensasi Mandi di Tempat Pemandian Bidadari di Sanghyang Heuleut

Wilayah Bandung memang terkenal memiliki wisata alam yang eksotis, contohnya seperti gunung, situ atau danau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *