Home / Bisnis / Nasihat Armand Hartono Untuk Para Pengusaha Muda !!!

Nasihat Armand Hartono Untuk Para Pengusaha Muda !!!

Anda mungkin familiar dengan nama Robert Budi Hartono, orang terkaya di Indonesia kini. Bakat bisnis Robert Budi Hartono ternyata menurun pada sang putra, Armand Hartono.

Nasihat Armand Hartono Untuk Para Pengusaha Muda

Kini, Armand menduduki jabatan sebagai Vice President BCA. Anda tentu bisa bayangkan berapa kekayaannya. Namun, sosok Armand Hartono ternyata dikenal sederhana. Beliau tak pernah tampak mengenakan pakaian mewah.

Selain itu, kendaraan yang digunakannya sehari-hari hanyalah Toyota Innova yang terbilang murah untuk konglomerat sekelas dirinya. Kegemarannya adalah mengenakan batik dan kebiasaannya yang menuai banyak pujian ialah makan siang di kantin dengan karyawan BCA. Tidak mengherankan apabila sikapnya ini mendapat apresiasi banyak orang.

Selain hidupnya yang terbilang sederhana, Armand Hartono juga adalah sosok yang inspiratif. Beliau cukup sering memberi kuliah umum terutama pada bidang bisnis serta karier di beberapa event besar.

Dari kuliah-kuliah umum yang diberikannya, Anda bisa mendapat sangat banyak pelajaran hidup serta nasihat bagi pengusaha muda yang baru saja memulai karir. Dari nasihat ini, Anda akan mendapat banyak masukan berharga dalam menjalankan bisnis serta memajukannya.

Armand Hartono memang tidak pelit dalam berbagi ilmu maupun tips sukses. Hal ini pula yang menjadikan kuliah umumnya selalu dinanti dan digemari banyak orang. Berikut adalah uraian dari kelima nasihat Armand Hartono yang akan berguna bagi para pengusaha muda.

1. Pahami Alasan Anda Bekerja

Dalam gelaran GDP ICON tahun 2018 lalu, ada perkataan Armand Hartono yang sangat menggugah. Kalimatnya ditujukan supaya Anda memahami tantangan apa yang akan datang di masa depan.

Seiring perkembangan waktu, model bisnis dari sebuah perusahaan tentu akan berkembang secara lebih cepat. Jadi, jika Anda hanya bekerja saja, maka selamanya akan tetap seperti itu.

Anda harus paham apa tujuan Anda bekerja serta apa yang sedang Anda kerjakan sekarang ini. Cobalah agar dapat memberikan kontribusi lebih. Siapa tahu karir Anda akan dapat naik secara perlahan namun pasti. Jangan hanya berjalan di tempat yang tidak akan membawa Anda ke mana-mana.

2. Belajar Dari Filosofi Kungfu Panda

Inspirasi yang dibagikan Armand Hartono ternyata diambil dari film kartun anak-anak populer, Kungfu Panda. Dalam acara GDP ICON tahun 2018 silam, Armand mengutip pernyataan salah satu karakter dalam film tersebut yaitu Master Shifu.

Belajar Dari Filosofi Kungfu Panda
Photo: cosgrrrl.com

Menurutnya, jika Anda tidak memiliki budaya belajar, maka dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun, perusahaan yang dipimpin akan berjalan stagnan alias di situ-situ saja.

Hal ini juga turut diaplikasikan olehnya dalam memimpin BCA. Memang benar, mengerjakan sesuatu yang sepenuhnya baru itu akan terasa sulit oleh Anda pada awalnya.

Namun seiring berjalannya waktu, kebiasaan baik yang dijalankan terus menerus takkan lepas dari keseharian dan menjadi bagian dari gaya hidup. Proses belajar memang kadang membuat frustrasi, namun ilmu Anda tentu akan bertambah.

Memang ada banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari film Kungfu Panda. Satu lagi yang bisa Anda resapi dari film ini adalah tentang kepercayaan diri.

Ada satu adegan dalam film ini di mana ayah Po mengatakan resep rahasia untuk mie kuah yang biasa dijualnya. Ternyata, tidak ada bumbu rahasia tentang kelezatan makanan tersebut.

Baginya, jika seseorang percaya bahwa dia bisa membuat sesuatu yang spesial, maka hasilnya juga akan spesial. Dari sinilah Anda bisa mengambil pelajaran bahwa kepercayaan diri akan sesuatu adalah hal yang penting serta turut menentukan kesuksesan.

Percaya pada apa yang Anda lakukan bisa jadi kunci dalam menciptakan sesuatu yang spesial dan mendatangkan banyak keuntungan.

3. Inovasi

Armand Hartono kerap mencontohkan pentingnya inovasi dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berguna bagi banyak orang, serta tentunya mendatangkan keuntungan perusahaan. Salah satunya adalah pada kuliah umum di ITB pada 2018 lalu, dirinya mencontohkan penerapan Magic Band di taman bermain Disneyland.

Magic Band ialah solusi pembelian karcis Disneyland secara murah dengan pembayaran per pemakaian. Data pengguna Magic Band akan dapat dianalisis. Pihak Disneyland pun akan tahu wahana permainan mana yang laris dan sering dikunjungi wisatawan.

Inovasi memang penting di era modern sekarang ini, baik untuk menarik konsumen, memudahkan pekerjaan serta menambah keuntungan.

4. Teknologi Lama Digantikan Teknologi Baru

Photo: dailysocial.id

Pernyataan Armand Hartono yang satu ini masih terkait inovasi. Armand menyinggung tentang perilaku penikmat musik dulu dan skearang. Dulu, orang-orang yang hendak mendengarkan musik harus pergi ke toko kaset, bertanya pada petugas agar dapat membeli album yang disukai, serta tidak dapat melakukan penawaran untuk hanya membeli satu lagu saja.

Namun ini, hadirnya situs streaming musik seperti Spotify dan iTunes memungkinkan Anda dalam mendengarkan hanya satu lagu dari satu album penuh.  Inilah yag disebut suksesi di mana pengganti yang lebih baik akan menggeser kedudukan produk lama.

5. Jangan Merasa Besar

Armand Hartono mengutip kata-kata petinju legendaris Mike Tyson, di mana semua orang boleh saja punya strategi, hingga akhirnya strategi itu akan terpukul dan semuanya selesai. Armand mengingatkan agar jangan sampai Anda merasa besar serta lupa diri.

Hal ini bisa saja membuat Anda tergelincir jatuh. Banyak brand besar yang dulunya sempat meraja di pasaran namun kini redup seiring berlalunya waktu, seperti Nokia dan Kodak.

Intinya, apapun strategi yang Anda terapkan untuk bisnis masing-masing, siap-siaplah berubah jika memang sudah waktunya. Inovasi akan sangat diperlukan agar Anda tidak tergerus perkembangan zaman.

Itulah lima pesan dari Armand Hartono yang dapat berguna bagi bisnis Anda sekarang ini. Mendengarkan kata-kata bijak dari orang sukses tentu akan membantu Anda dalam membangun, mengembangkan dan memajukan bisnis ke depannya.

Ini karena semua nasihat dari Armand Hartono berasal dari pengalamannya bertahun-tahun membangun bisnis hingga sukses. Jatuh bangun dan suka duka beliau menjadikannya memiliki banyak tips sukses yang kini dibagi-bagikan pada setiap pengusaha muda yang mau mendengarkan.

Yang pasti, sukses harus ditempuh dengan perjuangan dan perjuangan itu seringkali tidak mudah. Jangan sampai Anda merasa putus asa hanya karena menjumpai satu kegagalan. Ingatlah bahwa kegagalan akan memberi Anda satu kesempatan lagi untuk sukses.

About sibyllineorder.org

Check Also

Tips Mempertahankan Bisnis dengan Bantuan Karyawan

Keyakinan untuk membangun suatu bisnis dengan memiliki beberapa karyawan sangat harus diperhatikan. Selain kualitas karyawan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *