Home / Wisata / Menikmati Keindahan dan Dinginnya Kawah Putih Ciwidey

Menikmati Keindahan dan Dinginnya Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih adalah tujuan favorit bagi para wisatawan lokal dan dari luar kota yang terpana dengan suasananya yang syahdu dan memukau.

Pada akhir pekan dan hari libur, sejumlah besar pengunjung yang berwisata di Bandung sering mengunjungi kawah putih Ciwidey hanya untuk menikmati keindahan alam yang mistis.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih merupakan danau vulkanik yang cantik yang terletak di kaki Gunung Patuha, di daerah Ciwidey. Danau vulkanik tersebut memiliki warna yang indah yang bisa berubah warna sesuai dengan sudut matahari.

Simak Juga: 9 Tempat Liburan di Bandung yang Terkenal dan Direkomendasikan

Pengunjung bisa menyaksikan air danau berubah dari warna putih susu menjadi warna turquoise atau kehijau-hijauan. Air danau ini juga dipercaya memiliki khasiat untuk penyembuhan penyakit.

Dahulu Gunung Patuha sempat meletus dan salah satu sisanya berubah menjadi kawah putih yang mengeluarkan asap berwarna putih. Kawasan kawah putih ditutupi oleh tebing tinggi berbalut pohon yang mengelilingi kawah dengan ketinggian sekitar 2.500 meter di atas permukaan laut.

Latar tebing tersebut tampak menakjubkan, terutama ketika awan mulai bergulung. Ketinggian di sini menyebabkan suhu di kawasan ini dingin, yang sedikit banyak akan menambah keajaiban kemegahan Kawah Putih.

Kawah Putih Ciwidey
Photo: rezablog.blogspot.com

Menurut legenda semua burung yang terbang di sini akan mati. Kawah ini  baru ditemukan pada abad ke-19 karena saat itu orang terlalu takut untuk menjelajah ke daerah misterius ini.

Simak Juga: Menikmati Pengalaman Berwisata ala Koboi di De Ranch Lembang

Ketika berjalan menuju ke danau, pengunjung akan melewati area yang dihiasi oleh hutan. Dengan menuruni beberapa tangga pengunjung bisa langsung berjalan ke arah danau yang mendidih yang dihiasi gelembung-gelembung.

Perjalanan Menuju Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih terletak sekitar 44 KM selatan dari pusat Kota Bandung. Perjalanan dari kota Bandung melewati Soreang, yang merupakan ibu kota kabupaten Bandung, terus turun menuju Ciwidey memakan waktu kurang lebih 2 jam, tetapi itu bergantung pada lalu lintas. Hal itu dikarenakan jalan utama di wilayah selatan ini adalah jalur yang sibuk.

Kawah Putih Ciwidey
Photo: Youtube.com

Dari jalan utama, pengujung tinggal belok saja. Ada papan nama besar di sebelah kiri jalan utama dan pintu masuk yang menonjol jadi tak mungkin terlewat.

Jika wisatawan ingin menggunakan transportasi umum, mereka harus pergi menuju Stasiun Bus Leuwipanjang dan kemudian naik bus ke arah Ciwidey. Dari Ciwidey, wisatawan dapat naik angkot ke pintu masuk Kawah Putih Ciwidey.

Setibanya di pintu masuk Kawah Putih, wisatawan bisa berjalan kaki untuk tiba di kawah dengan menempuh perjalanan panjang menanjak ke kawah. Namun, tak banyak orang yang memilih cara ini.

Simak Juga: Menonton Sambil Belajar Bermain Angklung di Saung Angklung Udjo

Umumnya para pengunjung lebih memilih meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir utama di pintu masuk ke kawah dan menaiki angkutan yang disediakan di tempat wisata yang disebut mobil ontang anting. Mobil ini berangkat setiap lima menit atau lebih untuk menempuh perjalanan 5 KM hingga ke kawah.

Tips Berwisata di Kawah Putih

Sebelum pergi menuju Kawah Putih, ada baiknya persiapkan baju tebal karena di sana cukup dinging. Jangan lupa juga membawa syal atau masker untuk menutupi hidung karena bau dan asap dari belerang yang menyengat.

Untuk berjaga-jaga jika hujan turun, ada baiknya untuk membawa perlengkapan seperti payung atau jas hujan agar terhindar dari kebasahan. Dengan cuaca yang cukup dingin bila terkena hujan akan sangat menyiksa.

Simak Juga: Berlibur Sambil Mencari Jodoh di Curug Cinulang

Datang lebih pagi disarankan bagi mereka yang akan berkunjung ke Kawah Putih karena semakin siang cuaca di sini sangat terik. Terlalu siang juga tidak akan puas menikmati keindahan kawah karena perjalanan menuju kawah cukup jauh dan sore hari tempat ini sudah tutup.

Jangan melakukan kontak dengan air danau karena air tersebut kandungan asamnya tinggi sehingga berbahaya jika bersentuhan langsung dengan kulit.

Tiket Masuk dan Parkir

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal dan asing berbeda. Untuk wisatawan lokal dipungut tiket masuk seharga Rp. 20.000 dan mancanegara Rp. 50.000. Jika memilih untuk naik mobil ontang-anting, ongkos per orangnya sebesar Rp. 15.000.

Biaya parkir per kendaraan berbeda. Untuk motor biaya parkir di bawah sebesar Rp. 5.000. Untuk mobil yang parkir di atas dikenakan biaya Rp. 150.000 dan di bawah sebesar Rp. 6.000. Bus dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 25.000.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 7.00 sampai 17.00 WIB.

Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Agar dapat menikmati pemandangan yang lebih indah dan terhindar dari hujan, ada baiknya datang saat musim kemarau. Bulan Maret sampai Oktober adalah waktu yang tepat untuk berkunjung.

Simak Juga: Jalan Braga Bandung Dengan Suasana Eropanya

Jika datang berkunjung saat akhir pekan dan musim libur, bersiap-siap dengan padatnya lalu lintas di Bandung dan di daerah Ciwidey. Berlibur di saat hari-hari biasa akan lebih nyaman untuk mengeksplorasi kawasan wisata di daerah Ciwidey.

Aktivitas di Kawah Putih dan Daerah Sekitarnya

Selain mengunjungi Kawah Putih, pengunjung dapat melakukan banyak hal di area yang menyegarkan ini, mulai dari berfoto hingga hiking. Jika sudah puas menikmati keindahan dan dinginnya Kawah Putih, kegiatan apalagi yang bisa dilakukan wisatawan?

Jangan takut, masih banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan jika sudah selesai berkunjung ke Kawah Putih. Berikut ini adalah aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan Kawah Putih dan daerah sekitarnya.

Berfoto di Kawah Putih

Aktivitas yang paling digemari pengunjung saat berwisata ke Kawah Putih adalah berfoto. Maka tak heran jika melihat banyak pengunjung yang asyik berfoto dengan latar kawah dan  awan menakjubkan dari kabut yang menggantung di atas danau berwarna kehijauan yang menghasilkan foto berlatar belakang indah.

Hiking Ke Kawah Putih Melalui Hutan Gunung Patuha

Pak Tua adalah nama lain untuk Gunung Patuha yang diberikan sebagai bentuk penghormatan terhadap para tetua. Namun wisatawan jarang yang memilih rute Gunung Patuha untuk  bisa sampai ke Kawah Putih.

Simak Juga: Menikmati Hawa Sejuk di Glamping Lakeside

Biasanya hanya orang yang hobi hiking atau trekking yang memilih jalur ini. Jika memilih hiking melalui Gunung Patuha, pengunjung akan berjalan melalui hutan yang mengarah ke puncak gunung, kira-kira dua hingga tiga jam perjalanan.

Mungkin jalur ini tidak begitu cocok untuk anak-anak dan remaja, lebih tepat untuk orang dewasa. Pemandangan pohon-pohon tua dan hutan yang masih alami dan lebat di sepanjang jalan menjadi teman perjalanan.

Begitu pengunjung sampai di puncak, mereka dapat  menikmati pemandangan seluruh wilayah pegunungan serta Kawah Putih.

Menikmati Keindahan Situ dan Resto Perahu di Glamping

Glamping Lakeside Rancabali menawarkan keindahan Situ Patenggang. Resort yang sedang hits ini terletak di tepi Situ Patenggang di kawasan Ciwidey.

Simak Juga: Sensasi Berbelanja di Atas Perahu di Floating Market Lembang

Glamping Lakeside Rancabali merupakan sebuah wahana wisata alam terbuka yang sangat luas yang didominasi oleh hamparan kebun teh. Di sini tersedia penginapan dan restoran, tetapi pengunjung tak perlu menginap di sini cukup membayar tiket masuk saja.

Per orang dipungut Rp. 20.000 dan untuk mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000 per jam.  Kegiatan yang bisa dilakukang pengunjung di resort ini antara lain, berkemah, jalan-jalan di kebun teh, memetik stroberi, dan juga bermain dengan kelinci di taman.

Bintang utama dari resort ini adalah restoran yang bernama Pinisi Resto Rancabali. Resto yang berbentuk kapal ini sangat terkenal di kalangan para wisatawan.

Simak Juga: Sensasi Jalan-jalan di Pemukiman Tionghoa ala Chinatown Bandung

Restoran ini menghadap ke arah Situ Patenggang. Menu makanan di restoran ini bermacam-macam dari makanan Indonesia dan Barat. Soal harga memang sedikit mahal, tetapi akan terobati dengan pemandangan yang Indah. Oh, iya.

Resort Glamping ini memberikan semacam paket-paket tertentu atau paket terusan. Bagi yang membeli paket A, bisa menikmati berwisata di jembatan yang menuju ke restoran Pinisi.

Berlayar di Situ Patenggang

Situ Patenggang membentang di area seluas 45.000 hektar. Jarak Situ Patenggang dari Kawah Putih sekitar 7 kilometer. Daerah ini dikelilingi oleh perkebunan teh dan barisan pohon dan ciri khasnya adalah udara menjadi dinginnya.

Para pengunjung bisa berlayar di situ dengan naik perahu. Berlayar mengelilingi situ yang indah tentu saja merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Situ Patenggang dipercaya sebagai saksi ujian cinta sejati. Dalam bahasa Sunda kata Patenggang berarti “dipisahkan.” Dikisahkan di danau ini, seorang pangeran kerajaan bisa bertemu dengan kekasihnya yang seorang gadis desa biasa.

Simak Juga: Farmhouse Susu Lembang, Destinasi Wisata Keluarga Bergaya Eropa

Namun sayang, keduanya dilarang menikah karena pasangan ini berasal dari status sosial yang berbeda. Diam-diam keduanya bertemu di sebuah batu di sebuah pulau kecil di tengah danau.

Batu itu masih ada sampai hari ini dan dikenal sebagai Batu Cinta. Menurut legenda setempat, mereka yang yang datang ke situ dan mengelilingi pulau kecil maka cinta mereka akan abadi.

Tiket masuk ke Situ Patenggang untuk wisatawan domestik pada hari kerja harganya hanya Rp 20.000, tetapi turis asing harus mengeluarkan Rp. 135.000 dan Rp. 185.000 di akhir pekan.

Sedangakn tiket untuk naik perahu di Situ Patenggang sebesar Rp. 20.000 per orang per perjalanan atau wisatwan dapat menyewa sepeda air seharga Rp30.000-Rp50.000 per jam.  Untuk foto prewedding dikenakan tiket sebesar Rp. 500.000.

Semua info tentang Kawah Putih sudah lengkap tersaji. Sekarang waktu pergi berlibur!

About sibyllineorder.org

Check Also

Wisata Curug Tilu Leuwi Opat yang Memukau

Bandung tak pernah kekurangan tempat wisata. Beragam destinasi wisata ada di Bandung, mulai dari wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *