Home / Hunian / Ini Daftar Fasilitas Apartemen Yang Harus Ada

Ini Daftar Fasilitas Apartemen Yang Harus Ada

Apartemen jadi salah satu pilihan hunian tempat tinggal bagi sebagian orang. Terutama mereka yang berada di wilayah perkotaan besar dengan lahan yang terbatas, apartemen bisa jadi solusi tepat untuk tempat tinggal sehari-hari.

Ini Daftar Fasilitas Apartemen Yang Harus Ada

Apartemen terutama memiliki beragam kelebihan yang tidak dimiliki rumah petak maupun perumahan. Di antaranya adalah lokasi yang strategis, fasilitas lengkap hingga keamanan terjamin.

Baca Juga: Tipe-Tipe Rumah dari yang Mungil Hingga yang Lega

Pengembang apartemen memang biasanya akan membangun propertinya di tengah kota atau dekat dengan pusat perbelanjaan agar bisa menarik minat calon konsumen.

Karena lokasi yang strategis ini, penghuni apartemen tidak perlu berjalan jauh untuk menuju tempat yang biasa dituju sehari-hari.

Fasilitas Apartemen Yang Bisa Dinikmati Penghuninya

Salah satu kelebihan apartemen dibanding tempat tinggal lain ialah adanya fasilitas lengkap yang akan memanjakan penghuninya. Bahkan, tidak sedikit orang-orang memilih untuk tinggal di apartemen karena adanya kelengkapan fasilitas ini.

Pengembang apartemen memang sengaja memberi kelengkapan fasilitas agar penghuninya betah serta memberi nilai tambah untuk apartemen tersebut. Dari sekian banyak fasilitas apartemen, ada enam di antaranya yang dianggap wajib ada.

Ini karena keenamnya akan menunjang kenyamanan dan keamanan tinggal di area apartemen. Sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa unit apartemen, pastikan dulu enam fasilitas ini sudah tersedia. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang keenam fasilitas tersebut.

1. Keamanan 24 Jam

Keamanan 24 Jam
Photo: Google.com

Keamanan tentu akan jadi prioritas tinggi dari hunian tempat tinggal. Apalagi, apartemen yang tidak hanya dihuni satu keluarga melainkan beberapa keluarga sekaligus dalam satu lokasi bangunan.

Sistem keamanan harus terpercaya dan ketat agar bisa membuat penghuninya merasa lebih aman. Pengembang umumnya akan memberi pengamanan berlapis untuk apartemennya.

Mulai dari petugas keamanan yang berjaga 24 jam hingga adanya kamera CCTV di beberapa titik. Bahkan, sekarang sudah banyak ditemukan adanya apartemen dengan tambahan metal detector di pintu masuknya.

Properti high end akan memungkinkan penghuni mengakses unit menggunakan kartu khusus untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

2. Fasilitas Olahraga

Fasilitas Olahraga
Photo: Google.com



Untuk menunjang kebutuhan akan olahraga rutin, kita bisa pilih apartemen yang dilengkapi fasilitas lapangan olahraga serta kolam renang.

Ini tentu akan membuat kita tidak perlu jauh-jauh mengunjungi fasilitas umum yang bisa saja butuh waktu lama untuk mencapainya serta mengharuskan kita untuk membayar tiket masuk.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Fasilitas olahraga di lingkungan apartemen umumnya bisa diakses secara gratis oleh para penghuninya. Ini karena fasilitas tersebut memang secara sengaja disediakan oleh pihak pengembang bagi para penghuni.

Selain kolam renang serta lapangan tennis, kita juga bisa pilih apartemen yang dilengkapi jogging track serta gymnasium. Semakin lengkap tentu semakin baik. Namun, pastikan juga kita menggunakan semua fasilitas yang tersedia agar tidak mubadzir.

3. Pusat Perbelanjaan

Pusat Perbelanjaan
Photo: Google.com

Beberapa minimarket akan melengkapi unitnya dengan minimarket yang terhubung secara langsung atau berada di area apartemen.

Fasilitas apartemen satu ini nyatanya masih jarang ditemukan, padahal penghuni apartemen selalu menginginkan kepraktisan dalam hidup sehari-hari.

Adanya minimarket yang masih berada di lingkungan apartemen akan membuat penghuni cukup turun dari unit tempat tinggal masing-masing.

Artikel Terkait: Mengenal Kebudayaan dan Rumah Adat Papua Sebagai Bagian Kekayaan Indonesia

Kebutuhan sehari-hari akan terpenuhi dengan mudah. Jika memungkinkan, pilih apartemen yang memiliki fasilitas pusat perbelanjaan seperti ini.

Tidak perlu pusat perbelanjaan besar dan mewah, cukup minimarket yang menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti deterjen, sabun, sampo, makanan ringan, minuman, obat-obatan dan lain-lain.

4. Transportasi

Transportasi
Photo: andrinuggraha.com



Ada beberapa apartemen yang dilengkapi fasilitas free shuttle bus khusus untuk semua penghuninya. Kita bisa memilih apartemen ini jika ingin mengurangi pemakaian kendaraan pribadi serta mengurangi tingkat kemacetan.

Namun, adanya free shuttle bus akan membuat biaya sewa apartemen semakin tinggi. Walau memang biaya menaiki kendaraannya gratis, namun tentu pihak pengembang membutuhkan biaya perawatan yang tak sedikit.

Biaya perawatan ini nantinya akan dibebankan ke semua penghuni dalam biaya sewa apartemen. Maka dari itu, pastikan kita benar-benar akan menggunakan semua fasilitas yang tersedia.

Jangan sampai memilih apartemen yang fasilitasnya lengkap namun sebagian besar dari fasilitas itu tak pernah kita gunakan. Hal tersebut sama saja dengan membuang-buang uang.

5. Tempat Bermain Anak

 Tempat Bermain Anak
Photo: Youtube.com



Tempat bermain anak atau playground seringkali jadi salah satu fasilitas unggulan dari sebuah apartemen. Fasilitas ini biasanya akan dicari oleh keluarga yang tinggal di apartemen dengan anak yang masih kecil.

Adanya playground yang aman dengan wahana permainan beragam akan jadi daya tarik tersendiri. Orangtua tak perlu jauh-jauh mengajak anaknya ke ruang terbuka hijau di pusat kota karena cukup turun saja dari unit tempat tinggalnya.

Bahkan, ada pula beberapa apartemen yang dilengkapi daycare dengan bantuan staf terlatih guna membantu orangtua yang hendak menitipkan anaknya ketika pergi bekerja.

6. Tempat Parkir

Tempat Parkir
Photo: kaskus



Faktanya, ada beberapa apartemen yang ternyata tidak menyediakan tempat parkir. Padahal, bisa saja penghuni apartemen memiliki kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, yang tentu harus diparkirkan di tempat aman.

Keberadaan tempat parkir ini wajib jadi perhatian khusus apabila kita memiliki kendaraan pribadi yang digunakan sehari-hari. Pastikan apartemen dilengkapi tempat parkir yang aman serta mudah diakses.

Jika tidak, maka pertimbangkan untuk mencari apartemen lain yang memiliki tempat parkir. Tentu akan sulit jika kita harus mencari tempat parkir lain selain di sekitar lingkungan apartemen. Selain butuh waktu akses, memarkir kendaraan di luar area apartemen bisa berimbas pada keamanannya.

Artikel Terkait: Ini Dia Syarat Jual Beli Rumah yang Wajib Kamu Tau

Selain keenam fasilitas di atas, penghuni apartemen umumnya akan mencari apartemen yang dilengkapi fasilitas laundry. Akan tetapi, fasilitas satu ini dirasa tidak terlalu diperlukan terutama jika penghuni apartemen telah memiliki mesin cuci sendiri di dalam unit apartemennya.

Mempertimbangkan fasilitas yang didapat terbilang penting terutama apabila kita butuh kepraktisan atau hendak menempatinya dalam jangka waktu lama.

Tentu akan dibutuhkan kenyamanan lebih supaya ada rasa betah saat tinggal di apartemen tersebut. Pastikan fasilitas yang tersedia memang adalah fasilitas yang kita butuhkan dan pasti akan kita gunakan.

Percuma saja memilih apartemen dengan fasilitas lengkap jika ternyata sebagian besarnya tidak digunakan. Apalagi dengan semakin banyaknya fasilitas tentu akan mempengaruhi biaya sewa apartemen tersebut.

Pertimbangan dalam memilih apartemen tak sekedar fasilitas apartemen lengkap, namun tipe apartemen itu sendiri. Sesuaikan tipe apartemen sesuai dengan jumlah orang yang akan menempatinya.

Apakah kita akan menempati apartemen seorang diri atau bersama anggota keluarga lainnya? Jika menempati apartemen sendirian, maka tipe apartemen minimalis seperti apartemen studio, apartemen alcove maupun apartemen convertible akan cukup untuk hunian sehari-hari.

Namun untuk seluruh anggota keluarga, akan dibutuhkan apartemen yang ukurannya lebih luas dengan satu atau lebih kamar. Perbedaan jenis apartemen akan turut mempengaruhi harganya, di mana makin luas apartemennya maka akan makin mahal pula harganya.

Jenis Jenis Apartemen Minimalis

Berikut adalah jenis-jenis apartemen yang cocok ditempati oleh orang yang masih tinggal sendiri. Ukurannya terbilang minimalis namun tetap fungsional.

Pertama ada apartemen studio yang juga merupakan jenis apartemen paling populer saat ini. Apartemen ini terdiri dari satu ruangan besar yang berisi tempat tidur, lemari, meja makan hingga dapur.

Semuanya ada dalam satu ruangan serbaguna sehingga semua aktivitas dilakukan dalam satu ruangan. Apartemen ini terbilang mungil namun tetap berfungsi dengan baik.

Selanjutnya ada apartemen alcove. Bentuknya seperti huruf L. Apartemen jenis ini mirip apartemen studio, hanya saja terdapat half room atau ruangan kecil di dalam apartemen yang biasanya akan digunakan sebagai kamar tidur. Apartemen alcove memungkinkan penghuninya mendapat privasi di kamar tidurnya.

Berikutnya ada apartemen convertible. Apartemen ini juga mirip dengan apartemen studio. Bedanya adalah luas yang lebih besar sehingga kita bisa menambahkan partisi untuk memisahkan kamar tidur dan dapur.

Ruang gerak di dalam apartemen akan lebih leluasa. Penghuni juga bisa mendapat privasi yang dibutuhkan berkat adanya partisi ruangan.

Jenis Jenis Apartemen untuk Keluarga

Berikut adalah jenis-jenis apartemen yang bisa dihuni oleh satu keluarga. Ada kamar-kamar di dalam unit apartemen yang membuatnya dapat dihuni oleh lebih dari satu orang. Kita bisa memilih salah satu dari beberapa jenis apartemen di bawah ini.

Pertama ada junior 1 bedroom. Sesuai namanya, terdapat satu kamar di dalam apartemen ini. Jenis apartemen ini cocok bagi keluarga kecil yang terdiri dari pasangan suami istri serta seorang anak. Ukurannya lebih lega dibandingkan apartemen studio.

Berikutnya ada 2 bedrooms yang memiliki dua kamar dalam apartemen. Jenis apartemen ini cocok bagi keluarga yang memiliki dua orang anak.

Apartemen jenis ini juga termasuk sangat populer di Indonesia dan banyak pengembang yang menyediakannya. Sangat mudah menemukan apartemen 2 kamar di Indonesia, mulai dari yang harganya terjangkau hingga cukup mewah.

Jika butuh lebih banyak kamar, kita bisa pilih jenis apartemen dengan tiga kamar tidur. Jenis apartemen seperti ini biasanya disediakan pada properti high end dengan harga tinggi. Sudah pasti ukurannya lebih luas dibanding apartemen-apartemen lain yang lebih kecil.

Selain itu harganya juga lebih mahal. Dengan tiga kamar tidur dalam apartemen, unit ini cocok ditempati keluarga dengan beberapa orang anak.

Ada lagi jenis apartemen loft yang letaknya di loteng dengan ciri khas langit-langit yang tinggi. Jenis ini memang masih jarang ditemukan di Indonesia namun cukup disukai di luar negeri.

Apartemen yang letaknya di lantai teratas bangunan biasa dinamakan penthouse. Ini adalah jenis apartemen termahal karena ukurannya yang luas, jumlah kamar yang banyak, privasi terjamin serta fasilitas lengkap.

Itulah beberapa jenis apartemen yang bisa dipilih sebagai hunian tempat tinggal sehari-hari. Kita bisa memilih jenis yang sesuai kebutuhan akan tempat tinggal sehari-hari.

Sesuaikan dengan budget serta kebutuhan terkait fasilitas. Apartemen yang dilengkapi beragam fasilitas tentu akan jadi daya tarik tersendiri. Namun, pastikan kita memang butuh semua fasilitas tersebut serta akan menggunakannya sehingga tidak mubadzir.

Umumnya makin lengkap fasilitas yang disediakan maka harganya akan semakin tinggi. Maka dari itu, pastikan kalau semua fasilitas yang kita cari di apartemen memang akan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika sudah menentukan fasilitas apa saja yang akan dipakai selagi bertempat tinggal di apartemen, kita akan bisa memilih salah satu apartemen yang paling sesuai.

About sibyllineorder.org

Check Also

Seberapa Pentingnya Asuransi Rumah? Ini Dia Fungsi Utamanya !!!

Program asuransi menjadi sebuah program yang bagi sebagian masyarakat Indonesia dianggap penting. Ada banyak ragam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *