Home / Wisata / Nikmati Suasana Pedesaan Modern di Dusun Bambu Lembang

Nikmati Suasana Pedesaan Modern di Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang terletak di salah satu kota yang terkenal akan kuliner dan kreativitasnya di Indonesia, yaitu kota Bandung. Letak Dusun Bambu tidak persis di kota Bandung, tapi sedikit lebih jauh, yaitu di daerah Lembang. Sejak zaman kolonial Belanda, Lembang telah dikenal luas sebagai lokasi yang indah, cocok untuk berlibur di akhir pekan.

Dusun Bambu membentang di area seluas 15 hektar yang dikelilingi oleh Pegunungan Burangrang dilengkapi dengan danau buatan, taman yang penuh dengan bunga-bunga bermekaran, kedai makanan tradisional Sunda, dan stroberi Lembang yang manis.

Artikel Terkait: Tempat Liburan di Bandung yang Terkenal dan Direkomendasikan

Dusun Bambu Lembang memperkenalkan budaya Sunda  dalam satu area terpadu ke pada pengunjungnya. Destinasi wisata ini berada di Cisarua, Bandung, tepatnya di kaki Gunung Burangrang. Seperti namanya maka bambu menjadi elemen utama alam untuk mewakili tempat ini.

Adalah angklung,  alat musik tradisional Sunda yang populer juga terbuat dari bambu, yang menjadi inspirasi untuk destinasi wisata ini. Dusun Bambu dibuat berdasarkan prinsip Kawula Warga.

Artikel Terkait: Menikmati Keindahan dan Dinginnya Kawah Putih Ciwidey

Kawula Warga, yang artinya  keluarga dalam bahasa Indonesia, diyakini sebagai unit paling mendasar dan penting dari masyarakat Sunda.

Maksud dari prinsip tadi yaitu semua kegiatan di Dusun Bambu fokus bagi pengunjung dari segala usia. Dari taman bermain anak-anak hingga memanah untuk orang dewasa, para tamu dapat memilih kegiatan berdasarkan pilihan mereka. Dari segi lansekap, Dusun Bambu menyejukkan mata dengan pemandangan pegunungannya.

Photo: Youtube.com

Dusun Bambu sejauh ini telah berhasil menggabungkan alam dan tradisi dengan kehidupan modern yang berkelanjutan. Struktur buatan manusia dari bambu.

Artikel Terkait: Menikmati Pengalaman Berwisata ala Koboi di De Ranch Lembang

Dari mulai villa-villa hingga taman bermain, semuanya dibuat sesuai dengan tanaman hijau di sekitarnya. Arsitektur ini dirancang dengan baik sehingga bangunan dan alam saling melengkapi.

Atraksi dan Aktivitas di Dusun Bambu

Taman Arimbi

Orang-orang bisa melakukan banyak hal di tempat wisata ini. Namun, pertama-tama, kunjungi Taman Arimbi. Kebun itu terletak di dekat pintu masuk sehingga hampir tidak mungkin untuk melewatkannya ketika pengunjung baru saja memasuki area tersebut.

Photo: dusunbambu.id



Pengunjung dapat duduk di rumput atau berjalan-jalan di antara bunga-bunga berwarna-warni. Jika ingin berfoto diperbolehkan, tetapi jangan sekali-kali memetik bunga apa pun.

Rabbit Wonderland

Di seberang taman terdapat sebuah taman bermain bambu siap membangkitkan jiwa anak-anak setiap pengunjung. Ada taman ajaib di dalam taman bermain dengan replika bangunan kecil yang menyerupai desa dongeng.

Photo: dusunbambu.id



Ratusan kelinci hidup di negeri ajaib ini. Hewan-hewan lucu ini tidak sabar untuk berteman dengan pengunjung.

Artikel Terkait: Menonton Sambil Belajar Bermain Angklung di Saung Angklung Udjo

Semua orang bisa bermain memberi makan bahkan mereka bisa memeluk kelinci-kelinci lucu itu. Tempat ini benar-benar surga bagi pecinta kelinci. Kampung Ulin adalah tempat lebih serius.

Taman Bermain Bambu

Taman bermain ini terletak di salah satu sisi food court sehingga orang tua dapat dengan mudah mengawasi anak-anak mereka.

Orang tua juga diperbolehkan menemani anak-anak mereka, terutama anak-anak yang lebih kecil. Anak-anak dapat berlarian, memanjat, meluncur, berjalan di jembatan, dan merangkak di terowongan.

Creativity ship

Ini adalah bengkel kecil yang terletak di dekat pintu masuk Bamboo Playground. Bahan-bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan oleh staf dan mereka juga akan membimbing anak-anak cara membuat kerajinan yang dipilih seperti membuat slime.

Kampung Ulin

Pengunjung dapat memilih kegiatan memanah dengan menyewa busur dan anak panah atau kegiatan menembak dengan menyewa pistol dan uji keahlian menembak dengan menembak target di area menembak.

Photo: foodnotestories.com

Untuk pengunjung yang kurang suka dengan aktivitas yang berbau aksi, yang lebih senang dengan sesuatu yang tenang dan santai, mereka bisa mengikuti kursus membuat tembikar.

Artikel Keren: Mencari Jodoh di Sumedang? Datang Saja Ke Curug Cinulang

Ada juga spa ikan, tempat yang sempurna hanya untuk duduk dan bersantai. Dan biarkan ikan melakukan pekerjaan mereka.

Konsep Unik Restoran Dusun Bambu

Burangrang Café

Banyak pengunjung datang ke Dusun Bambu karena tertarik dengan restorannya. Burangrang adalah sebuah restoran dua lantai yang memiliki pemandangan yang indah.

Photo: dusunbambu.id



Café Burangrang Café termasuk dalam jenis restoran kelas atas. Desainnya memiliki perpaduan unsur-unsur tradisional dan modern, membuat kafe ini terlihat cantik.

Pilih meja di beranda dan nikmati berbagai pilihan menu Indonesia di sini. Jika pengunjung ingin duduk di luar untuk menikmati makan malam romantis yang menyenangkan, staf akan memberi mereka pemanas. Harga makanan di sini dimulai dari Rp. 25.000.

Lutung Kasarung

Untuk suasana yang lebih tenang pengunjung bisa memilih Restoran Lutung Kasarung. Di restoran ini para tamu akan makan di paviliun pribadi menyerupai sarang burung.

Photo: dusunbambu.id



Sarang-sarang itu digantung yang ditutupi tanaman merambat. Sarang-sarang ini sebenarnya adalah ruang pribadi yang dapat dipesan dengan minimum pemesanan Rp 400 ribu selama 2-3 jam.

Restoran Purbasari

Jika ingin merasakan pengalaman bersantap Sunda yang paling otentik, cobalah Restoran Purbasari. Dibandingkan dengan yang lain, Restoran Purbasari merasa lebih ekslusif. Untuk bisa makan di sini ada minimum pemesanan sebesar Rp. 900.000.

Photo: dusunbambu.id



Jumlah orang yang bisa makan di pondok tidak dibatasi. Untuk bisa sampai di restoran tersebut, pertama-tama pengunjung harus berlayar dengan sampan kecil untuk mencapai pondok di tepi danau.

Artikel Keren: Menikmati Hawa Sejuk di Glamping Lakeside

Di sini tidak disediakan kursi maupun meja. Jadi semua orang harus makan dengan gaya khas orang Indonesia yaitu gaya lesehan. Makanannya adalah paket lengkap makanan Sunda mulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup.

Pesan hidangan Sunda yang lengkap untuk makan siang di sini. Makan dengan menggunakan tangan juga merupakan gaya makan tradisional orang Indonesia.

Pasar Khatulistiwa

Pasar Khatulistiwa pada dasarnya adalah food court. Di pasar ini, pengunjung dapat menemukan beberapa produk lokal di antara gang kereta tradisional di Pasar Katulistiwa Dusun Bambu Lembang.

Photo: dusun-bambu.com

Pasar ini memiliki Interior yang unik, mereplikasi pasar tradisional Indonesia yang sesungguhnya. Yang membedakan di pasar ini lebih tertib dan bersih.


Pasar ini memiliki Interior yang unik, mereplikasi pasar tradisional Indonesia yang sesungguhnya. Yang membedakan di pasar ini lebih tertib dan bersih.

Artikel Keren: Sensasi Berbelanja di Atas Perahu di Floating Market Lembang

Pengunjung dapat menemukan produk lokal yang khas di pasar ini, seperti kerajinan Burangrang dan produk pertanian Cisarua. Ingin mencoba jajanan di Bandung? Di sini pengunjung dapat menemukan berbagai jenis camilan tradisional, permainan, dan buah-buahan segar.

Pasar ini seperti food court raksasa. Pengunjung dapat mencoba sate kelinci, sate susu, atau  mencoba camilan pangsit Bandung yang terkenal yaitu siomay yang dijual di salah satu warung makan.

Harga di Pasar Khatulistiwa memang mirip dengan harga di food court yang ada di mall. Pengunjung yang akan belanja di sini harus menukar uang mereka dengan uang khusus Dusun Bambu.

Resor dan Area Perkemahan

Jika sehari penuh masih belum cukup untuk menjelajahi Dusun Bambu, pengunjung bisa menginap di villa yang ada di tempat ini. Villa Kampung Layung akan memberikan momen tak terlupakan, menginap di desa tradisional Sunda.

Simak Juga: Menelusuri Legenda Sangkuriang di Gunung Tangkuban Perahu

Setiap kamar adalah rumah ‘limas’ klasik, struktur kayu persegi panjang dengan atap yang terbuat dari jerami.

Walaupun bentuknya tradisional, tetapi interiornya mewah dan modern dengan tetap mempertahankan pesona tradisionalnya. Selain tinggal di villa, pengunjung juga bisa berkemah sebagai alternatif yang menarik untuk bermalam di Dusun Bambu.

Perkemahan di sini disebut glamping, atau berkemah yang glamor atau glamorous camping. Di area perkemahan ini para tamu dapat menyewa tenda lengkap dengan perabot dan fasilitas penunjang lainnya.

Nikmati BBQ di malam hari untuk membuat suasana malam menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Di pagi hari, para tamu bisa joging atau bersepeda di antara sawah yang mengelilingi perkemahan. Menginap satu malam di Dusun Bambu dikenai biaya mulai dari Rp. 1.600.000 per malam.

Jam Operasional

Dusun Bambu beroperasi dari mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 09.00 malam. Tempat wisata ini buka setiap hari termasuk selama hari libur nasional dan tutup hingga 23.00 malam.

Tiket Masuk & Wahana Lain

  • Harga tiket masuk untuk Anak-anak & Dewasa ke Dusun Bambu Lembang adalah Rp. 25.000/orang.
  • Berkano Rp. 10.000
  • Merry-go-round Rp. 20.000
  • Trampoline Rp. 20.000
  • Balon Istana Rp20.000

Tarif Parkir

Bagi pengunjung datang dengan kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir. Biaya parkir adalah:

  • Untuk mobil dan Rp 15.000.
  • Untuk sepeda motor Rp 10.000.

Fasilitas Dusun Bambu

Sebagai tujuan wisata dimiliki oleh perseorangan, taman rekreasi ini dilengkapi dengan fasilitas dasar, seperti:

  • toilet
  • bangku untuk istirahat
  • restoran
  • toko cenderamata
  • Tempat parkir luas tetapi cukup jauh dari pintu masuk

Untungnya manajemen menyediakan layanan antar-jemput bagi pengunjung jadi mereka tidak harus berjalan kaki dari tempat parkir ke lokasi.

Simak Juga: Berburu Sunrise dan Sunset yang Memukau di Tebing Keraton

Pengunjung dapat memilih untuk berjalan di sepanjang sawah atau naik Wara Wiri, yaitu “transportasi umum” yang dibuat khusus untuk berkeliling Dusun Bambu; dapat membawa pengunjung berkeliling kompleks.

Cukup tunjukkan pada staf tiket masuk pengunjung. Layanan antar-jemput mobil ini disediakan gratis.

Lokasi Dusun Bambu

Taman rekreasi ini terletak di No.KM 11, Jalan. Kolonel Masturi di wilayah Situ Lembang, Cisarua, daerah Kabupaten Bandung Barat.

Cara Menuju Ke Dusun Bambu Lembang

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Dusun Bambu dari pusat kota sekitar satu jam. Rute paling terkenal adalah Jalan Bandung – Ledeng – Sersan Bajuri– Parongpong – Dusun Bambu. Ada beberapa rute alternatif juga.

Simak Juga: Abadikan Momen Unik Ini Hanya di The Lodge Maribaya

Dan untuk menghindari kemacetan lalu lintas selama akhir pekan, ambil rute yang kurang populer Bandung, seperti Jalan Gegerkalong Girang – Jalan Cihanjuang – Parongpong – Dusun Bambu. Sayangnya, tidak ada angkutan umum yang berhenti di depan Dusun Bambu.

About sibyllineorder.org

Check Also

Wisata Curug Tilu Leuwi Opat yang Memukau

Bandung tak pernah kekurangan tempat wisata. Beragam destinasi wisata ada di Bandung, mulai dari wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *