Home / Wisata / Wisata Curug Tilu Leuwi Opat yang Memukau

Wisata Curug Tilu Leuwi Opat yang Memukau

Bandung tak pernah kekurangan tempat wisata. Beragam destinasi wisata ada di Bandung, mulai dari wisata kuliner, belanja hingga alam.

Daerah di bagian selatan dan utara Bandung diberkahi dengan keindahan dan kemolekan alamnya. Salah satu wisata alam yang disukai oleh para wisatawan lokal maupun yang datang dari luar kota adalah wisata curug.

Curug Tilu Leuwi Opat

Kata curug berasal dari bahasa Sunda yang dalam bahasa Indonesia berarti air terjun. Dengan alam yang dikelilingi oleh banyak gunung maka tak heran jika di Bandung dan sekitarnya banyak dijumpai curug-curug yang indah. Di antara curug-curug yang menjadi lokasi wisata terkenal itu adalah:

Curug Malela

Terletak di desa Cicadas, kabupaten Bandung Barat, Curug Malela terkenal keindahanya di kalangan para wisatawan. Karena keindahannya itu curug ini mendapat julukan sebagai Niagara Mini di wilayah barat Bandung.

Curug Malela
Photo: Google.com



Meskipun para pengunjung perlu berjuang untuk bisa sampai di curug ini, tapi keindahannya akan menghapuskan semua lelah dan peluh. Diperlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai di curug yang memiliki ketinggian sekitar 1000 mdpl.

Curug Dago

Terletak di kecamatan Cidadap di daerah Bandung, Curug Dago letaknya agak tersembunyi akan tetapi akses menuju curug ini tak jauh dari Terminal Dago.

Curug Dago
Photo: Bing.com



Curug yang termasuk  ke dalam kawasan Taman Hutan Raya Djuanda ini memiliki ketinggian sekitar 800mdpl. Curug ini memiliki sejarah karena dahulu Raja Rama V dan Raja Rama VII pernah mengunjungi Curug Dago

Curug Cimahi

Curug Cimahi
Photo: Wikipedia

Terletak di daerah utara Kota Bandung, kota Cimahi tepatnya wisatawan akan menemukan Curug Cimahi. Curug ini memiliki tinggi sekitar 75m.

Curug Panganten

Memiliki ketinggian 1050mdpl air di Curug Panganten terlihal seperti Kristal yang berkilau saat terkena sinar matahari.

Curug Panganten
Photo: Youtube.com

Dahulu curug ini dikenal dengan nama Curug Manglayang tapi karena sebuah kejadian akhirnya curug ini berubah nama menjadi Curug Panganten.

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug ini dikenal juga dengan nama lain, yaitu Curug Tilu Ciwidey atau Curug Tilu Parompong. Jadi jika ada orang menyebut nama tersebut, jangan bingung. Mereka menyebutkan Curug Tilu Leuwi Opat dengan nama lain.

Simak Juga: Tempat wisata di Bandung paling hits saat ini

Dari semua curug yang disebutkan tadi, yang akan kita kupas di sini adalah yang paling akhir, yaitu Curug Tilu Leuwi Opat.

Sekilas tentang Curug Tilu Leuwi Opat

Bagi yang pernah berkunjung ke Curug Cimahi, pasti tidak akan susah menemukan Curug ini karena lokasi kedua curug ini berdekatan. Nama curugnya lumayan panjang.

Dalam bahasa Sunda curug berarti air terjun, tilu berarti tiga, leuwi artinya sungai sedangkan opat artinya empat. Jadi kalau diterjemahkan per kata mungkin artinya air terju tiga sungai empat.

Curug ini juga memiliki tiga curug lain, empat sungai atau leuwi juga dua goa. Curug ini  memiliki curahan air yang terbagi menjadi tiga aliran maka disematkanlah nama itu pada curug ini.

Setiap aliran dari air terjun memiliki ketinggian yang berbeda sehingga terlihat seperti bertingkat. Jika dilihat dari bawah, pemandangannya sangat indah.

Simak Juga: Berwisata Sambil Belajar di Museum Geologi Bandung

Ada tiga curug lain yang terletak berdekatan dengan curug ini, yaitu Curug Citulang, Curug Aseupan, dan Curug Cilaki. Di sini juga terdapat beberapa leuwi atau sungai, yaitu Leuwi Bagong, Leuwi Baeud, Leuwi Kacapi dan Leuwi Gentong. Sedangkan untuk goa, ada Goa Tokek dan Goa Lalay.

Harga Tiket

Untuk masuk ke tempat wisata ini para pengunjung akan dipungut tiket seharga Rp. 10.000/orang. Dengan uang sejumlah itu para pengunjung akan disuguhi pemandangan alam curug yang memikat. H arga tiket masuk Curug Aseupan Rp. 10.000. Harga tiket untuk Curug Layung Rp. 10.000

Simak Juga: Abadikan Momen Unik Ini Hanya di The Lodge Maribaya

Untuk masuk area perkemahan dikenakan biaya Rp. 10.000. Jika berkemah dikenakan biaya Rp. 10.000

Tarif Parkir

Jika pengunjung datang dengan membawa kendaraan pribadi, mereka dikenakan biaya parkir kendaraan.

  • Biaya parkir motor Rp. 2.500
  • Biaya parkir mobil Rp. 5.000

Jam Operasional

Curug Tilu Leuwi Opat mulai dibuka pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Fasilitas

Kawasan Curug Tilu Leuwi Opat memiliki fasilitas yang lumayan lengkap bagi para wisatawan yang berkunjung, di antaranya:

  • Toilet yang bersih
  • Masjid
  • Tempat parkir yang luas
  • Warung atau kantin
  • Camping ground
  • Bermacam wahana permainan

Lokasi

Lokasi destinasi wisata curug ini berada di Jalan Ciwangun Indah Camp di Desa Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat.

Cara Menuju Lokasi

Bagi pengunjung yang datang dari arah Lembang dengan kendaraan pribadi, cukup arahkan ke daerah Parompong, ke arah Dusun Bambu atau Air Terjun Pelangi menuju arah Universitas Advent diteruskan kea rah Ciwangun Indah Camp.

Simak Juga: Berburu Sunrise dan Sunset yang Memukau di Tebing Keraton

Jalur lainnya bisa dari Gapura Lembang kemudian ambil jalur kiri menuju arah Jalan Kolonel Masturi.

Dari arah Bandung, ambil arah Jalan Sersan Bajuri dari seberang Terminal Ledeng kemudian melewati Kampung Gajah sampai arah Jalan Kol. Masturi. Dari sana terus ke arah Universitas Advent dan ke arah Ciwangun Indah Camp.

Wahana lain di Curug Tilu

Selain menikmati pemandangan curug yang indah, pengunjung bisa melakukan aktivitas lain yang tersedia di Curug Tilu.

Apa sajakah kegiatan yang bisa dipilih oleh pengunjung?

Trekking

Pengunjung bisa mencoba trekking ke Curug Tilu. Asyiknya, jalur untuk trekking ke curug tidak terlalu sulit, cenderung lebih ringan. Rutenya datar tetapi ada sedikit naik turun.

Simak Juga: Sensasi Berlibur di Eropa ala Farmhouse Lembang

Meskipun mudah tetapi perlu tetap berhati-hati karena rute ini akan melewati tebing yang cukup tinggi tanpa dilengkapi dengan pengaman.

Rute ini juga akan melewati sungai kemudian harus menyeberangi jembatan dari kayu dan ada juga jalan berbatu yang agak naik turun. Supaya nyaman dan aman selama perjalanan, gunakanlah sepatu atau alas kaki yang nyaman dan tepat untuk kegiatan outdoor.

Sehabis dari Curug Tilu, pengunjung dapat meneruskan trekking ke curug lainnya, yaitu Curug Aseupan dan Curug Putri.

Outbond

Ada beberapa wahana outbond yang bisa dipilih oleh para wisatawan yang datang ke curug ini. Jika ingin menguji adrenali, pengunjung dapat mencoba shaking bridge, high rope, body rafting, flying fox, memanah, jembatan dua tali, menangkap ikan atau gebuk bantal. Untuk menikmati outbound, wisatawan terlebih dahulu harus menghubungi para petugas.

Bermain Air

Yang ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Berwisata ke curug pastilah tak akan melewatkan untuk bermain air.

Penginapan

Untuk menginap, pengunjung bisa memilih untuk berkemah karena tersedia area perkemahan. Jika pengunjung ingin menginap di penginapan, di dekat area wisata terdapat beberapa penginapan yang cukup terkenal contohnya villa Merah Lembang, Dusun Bambu, Villa Air Natural Resort atau Villa Istana Bunga. Tarif penginapan di penginapan-penginapan tadi sekitar Rp. 1.000.000/malam.

Simak Juga: Abadikan Momen Unik Ini Hanya di The Lodge Maribaya

Hmm…lumayan mahal memang tarifnya tetapi penginapan tersebut berbeda dengan hotel umumnya. Jika hotel hanya menyewa satu ruangan, jika memilih villa maka satu villa itulah yang akan ditempati oleh pengunjung.

Jadi, sudah siap untuk menjelajahi Curug Tilu Leuwi Opat?

About sibyllineorder.org

Check Also

Menyaksikan Pelangi di Curug Cimahi

Jika biasanya air terjun berwarna air jernih, maka di Curug Cimahi pengunjung bisa melihat air …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *