Home / Wisata / Menyaksikan Pelangi di Curug Cimahi

Menyaksikan Pelangi di Curug Cimahi

Jika biasanya air terjun berwarna air jernih, maka di Curug Cimahi pengunjung bisa melihat air terjun yang berwarna-warni seperti pelangi.

Karena warna tersebutlah maka Curug Cimahi disebut Air Terjun Pelangi.
Jika tertarik untuk menyaksikan air terjun berwarna seperti pelangi, para pengunjung bisa datang ke Curug Cimahi.

Sekilas tentang Curug Cimahi

Sekedar informasi bahwa Curug ini dinamakan Curug Cimahi bukan karena letaknya yang berada di daerah Cimahi. Nama ini disematkan karena air terjun ini aliran airnya berasal dari Sungai Cimahi.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Bandung yang Terkenal dan Direkomendasikan

Kata Cimahi sendiri berarti cukup air. Pada tahun 1992, Curug Cimahi atau Curug Pelangi resmi dibuka untuk umum. Namun pada tahun 2010 curug ini ditutup oleh Perhutani sebagai pengelola menutup lokasi sementara air terjun karena tempat wisata ini memerlukan pembenahan.

Pada Desember 2014, setelah dipulihkan Curug Cimahi kembali dibuka untuk umum dengan konsep pariwisata yang lebih baik.

Curug Cimahi adalah curug yang tertinggi di daerh Bandung Barat engan ketinggian sekitar 1050mdpl. Luas area curug sekitar 25 hektar.

Bagi penyuka cuaca sejuk, sangat cocok untuk mengunjungi tempat wisata ini karena di sini suhu berkisar 18 – 220C.  Curug Cimahi menghadirkan pesona vegetasi hijau yang ada di sekitarnya.

Baca Juga: Menikmati Keindahan dan Dinginnya Kawah Putih Ciwidey

Didukung oleh suasana tenang dan indah yang terletak di sekitar Curug Cimahi Anda bersantai dan memulihkan energi Anda.

Mengapa Disebut Curug Pelangi?

Curug Cimahi yang juga disebut air terjun pelangi memang menghadirkan berbagai pelangi yang berwarna-warni. Namun yang menarik, air terjun Cimahi ini tidak menghadirkan warna pelangi di pagi, siang atau sore hari seperti kebanyakan yang terjadi di tempat lain.

Pelangi di Curug Cimahi hadir mulai malam. Oh iya, pelangi yang dimaksud di sini bukan pelangi yang sering kita lihat saat ada hujan. Pelangi yang nampak di curug tersebut adalah warna yang dihasilkan dari lampu-lampu lampu LED berwarna-warni yang sengaja dipasang oleh pengelola air terjun.

Photo: Bing.com

Para pengunjung dapat menikmati curug ini sejak pagi hari hingga malam. Saat pagi hingga siang, para wisatawan yang datang akan disuguhi dengan indahnya air terjun yang jatuh dengan begitu derasnya ditambah panorama alam yang memukau.

Baca Juga: Menikmati Pengalaman Berwisata ala Koboi di De Ranch Lembang

Menjelang malam, orang-orang yang berdatangan bisa menyaksikan atraksi cahaya lampu yang dipasang di dinding di belakang air terjun yang menyerupai pelangi tersebut.

Dengan adanya lampu-lampu ini, semakin banyak wisatawan yang berdatangan karena terpikat dengan keindahan curug yang mempesona.

Untuk menikmati Curug Cimahi mereka sudah menyediakan dek atau gardu pandang dengan fasilitas kursi dan meja untuk bersantai.

Selain bersantai dan menonton Curug Cimahi yang eksotis, dari pos pengamatan ini Anda dapat berfoto dengan Anda secara bebas.

Baca Juga: Menonton Sambil Belajar Bermain Angklung di Saung Angklung Udjo

Selain pos pengamatan, kursi dan meja, di Curug Cimahi pariwisata juga tersedia beberapa fasilitas lain seperti tempat parkir, musholla, warung makan, tempat makan, jalan setapak, pos jaga dan pos informasi.

Fasilitas

Tempat wisata curug ini menyediakan bermacam-macam fasilitas yang menunjang kenyamanan para pengunjung, di antaranya:

  • Pusat Infomasi
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Parkir
  • Tempat Sampah
  • Peta Lokasi
  • Pos Jaga
  • Warung Makan
  • Shelter (Pemberhentian Istirahat)
  • Area piknik
  • Penginapan
  • Klinik
  • Bangku
  • Pagar Pengaman
  • Jalan Setapak
  • Pintu Pagar

Jam Operasional

Tur Curug cimahi buka setiap hari dari Senin hingga Minggu mulai dari pukul 07.00 pagi sampai jam 20.00 malam.

Tiket Masuk

Biaya masuk ke Curug Cimahi sendiri dibagi menjadi dua yaitu hari kerja dan akhir pekan.

Jika datang pada hari kerja, yaitu Senin sampai Jumat, harga tiket sebesar Rp. 15.000. Untuk akhir pekan harga tiket berbeda, yaitu sebesar Rp. 17.000.

Biaya Parkir

Pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi akan dikenai biaya parkir. Adapun tarif parkir yang dikenakan sebesar Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Lokasi

Bagi pengunjung yang berminat untuk menikmati wisata curug di daerah Cimahi ini datanglah ke daerah Parongpong. Lokasi curug ini ada di Jalan Kol. Masturi No. 325 di daerah Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung.

Cara Menuju Lokasi Wisata

Para pengunjung yang datang dari arah terminal cimahi, cukup naik angkot kuning yang menuju ke Parongpong.

Untuk yang datang dari arah Lembang, ketika sampai di simpang Beatrix, belok ke arah kanan yang menuju Parongpong.

Baca Juga: Berlibur Sambil Mencari Jodoh di Curug Cinulang

Rute terbaik adalah dari arah Padalarang karena jalannya tidak berkelak-kelok.

Untuk menuju Curug Cimahi dari Bandung, akses ini cukup baik. Namun waspadai jalanan yang naik dan turun. Ketika melakukan perjalanan ke Curug Cimahi, para wisatawan akan ditemani dengan pemandangan kebun sayur hijau. Beberapa penjual durian bisa ditemui selama perjalanan ke Curug Cimahi ini.

Saat tiba di area parkir Curug Cimahi, pengunjung akan disambut oleh kawanan monyet. Setelah membayar tiket, pengunjung juga harus mempersiapkan diri dan kekuatan kaki karena mereka harus menuruni 500 anak tangga untuk mencapai lokasi air terjun.

Tips Berkunjung ke Curug Cimahi

  • Jika turun hujan, meskipun hanya berupa gerimis, disarankan untuk tidak turun ke arah air terjun karena jalannya licin dan jalan yang menanjak juga lumayan terjal.
  • Bagi pengunjung yang berminat untuk menginap dekat area wisata, di sini terdapat Villa Istana Bunga yang disewakan per kamar atau satu villa langsung. Dengan rata-rata jumlah kamar 4-5 maka cocok untuk tempat berkumpul keluarga.  Yang asyiknya, mereka yang bermalam di sini bisa memasak sendiri. Keuntungan lainnya yaitu jarak dari villa ke lokasi wisata hanya sekitar 4km.
  • Untuk bisa menyaksikan keindahan dan keeksotisan curug ini, disarankan pengunjung datang pada sore hari.
  • Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa pengunjung akan menuruni 500 anak tangga maka ketahanan fisik diperlukan. Pastikan datang ke lokasi wisata ini dalam keadaan sehat dan fit.
  • Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau keadaan darurat lainnya, di dekat tempat wisata terdapat klinik dn rumah sakit.

Destinasi Wisata Terdekat dengan Curug Cimahi

Curug Bubrug

Curug ini lokasinya sekitar 3 menit dari lokasi wisata ini. Curug Bubrug merupakan salah satu dari curug yang ada di Bandung. Walapun letaknya agak tersembunyi tetapi sekarang sudah mulai dilirik oleh para wisatawan.

Baca Juga: Menikmati Hawa Sejuk di Glamping Lakeside

Ini terjadi setelah air terjun ini mulai dijadikan sebagai lokasi syuting salah satu acara televisi tentang petualangan.

Dusun Bambu

Hanya membutuhkan waktu 8 menit saja dari curug. Wisata Dusun Bambu adalah salah satu destinasi wisata yang terbilang cukup lengkap di Bandung.

Di Dusun Bambu para pengunjung bisa melakukan beberapa aktivitas, seperti hunting foto, trekking, atau downhill. Beberapa resort yang menawarkan pemandangan alam yang indah disediakan oleh tempat wisata ini sehingga membuat pengunjung betah.

Floating Market

Ada yang ingin mencoba belanja di atas perahu? Datang saja ke floating Market Lembang. Jaraknya hanya sekitar 2,6km dari curug.

Di sini pengunjung tak hanya bisa berlayar di atas kapal sambil berbelanja, tetapi bisa juga menikmati wahana-wahana lain yang disediakan oleh tempat wisata ini.

Contohnya memetik stroberi, berfoto, atau wahana permainan anak lainnya. Yang tak boleh ketinggalan tentu mencicipi beragam kuliner yang dijual para pedagang yang ada di floating market.

Farm House

Ingin menikmati Eropa zaman dahulu? Datanglah ke farm house. Di tempat ini para pengunjung bisa menikmati bangunan-bangunan bergaya Eropa lama. Jika ingin berfoto gaya orang Eropa dahulu juga bisa.

Baca Juga: Sensasi Berbelanja di Atas Perahu di Floating Market Lembang

Tinggal menyewa kostum saja. Tiket masuk ke farm house bisa diganti dengan minuman susu. Asyik, bukan?

Observatorium Bosscha

Hanya berjarak 2,7km dari curug, tepatnya di daerah Lembang, wisatawan sudah bisa menyaksikan observatorium bersejarah yang ada di kota Bandung. Observatorium ini pernah muncul dalam sebuah film, lho! Ada yang ingat apa judul filmnya?

Kampung Cikidang

Tempat wisata ini terletak di daerah Lembang tepatnya di Jalan Raya Maribaya. Jaraknya dari curug hanya 1,2km saja. Wisata di sini bentuknya adalah wisata edukasi.

Para pengunjung akan diajak untuk mengenal lingkungan dan kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Kegiatan yang dilakukan di Kampung Cikidang di antaranya, berlajar mencangkok kaktus, lomba menangkap ikan, naik delman, masak nasi liwet, juga trekking di kebun.

About sibyllineorder.org

Check Also

Wisata Curug Tilu Leuwi Opat yang Memukau

Bandung tak pernah kekurangan tempat wisata. Beragam destinasi wisata ada di Bandung, mulai dari wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *