Home / Hunian / Seberapa Pentingnya Asuransi Rumah? Ini Dia Fungsi Utamanya !!!

Seberapa Pentingnya Asuransi Rumah? Ini Dia Fungsi Utamanya !!!

Program asuransi menjadi sebuah program yang bagi sebagian masyarakat Indonesia dianggap penting. Ada banyak ragam jenis asuransi.

Secara umum asuransi merupakan sebuah bentuk pertanggungan untuk mengendalikan berbagai risiko bersama pihak lain yang mana pihak tersebut membantu menanggung risiko itu atas kesepakatan yang telah disepakati.

Asuransi Rumah

Dari banyak ragam jenisnya, asuransi rumah menjadi jenis asuransi yang banyak dipilih oleh sebagian kalangan, khususnya mereka yang memiliki hunian bernilai tinggi.

Jenis Asuransi Rumah dan Apa Saja Manfaatnya

Secara umum, tujuan dari adanya program asuransi ialah pertama, menjadi sebuah jaminan bagi suatu pihak agar mendapat perlindungan dari segala risiko atau kerugian yang bisa terjadi di masa depan. Tujuan kedua adalah memperkecil potensi kerugian.

Baca Juga: Ini Dia Syarat Jual Beli Rumah yang Wajib Kamu Tau

Ketiga, menutup loss of earning power seseorang/badan ketika tidak lagi bekerja atau tidak lagi berfungsi. Lalu, tujuan terakhir sebagai usaha mencapai efisiensi bagi satu badan seperti perusahaan dalam usaha mengurangi biaya pengawasan, perlindungan, dan pengamanan.

Program asuransi jenis rumah ini memang tidak sebanyak peminat asuransi jiwa yang menjadi asuransi paling umum dipilih masyarakat Indonesia.

Tetapi tetap, asuransi satu ini masih memiliki sejumlah kelebihan yang membuat para pemilik rumah ataupun bangunan tertarik. Asuransi tersebut juga tidak hanya seputar bangunan saja, namun meliputi isi-isinya seperti perlengkapan elektronik dan furnitur.

Jenis asuransi sendiri dilengkapi macam jenis lagi yang dibedakan menjadi 2 yaitu:

1. Building All Risk Insurance

Building All Risk Insurance
Photo: Youtube

Pada asuransi jenis rumah pertama ini merupakan pertanggungan secara keseluruhan terhadap dua hal yaitu Property All Risk dan Industrial All Risk. Bentuk pertanggungan atau jaminan terhadap keduanya meliputi:

  • Pertanggungan yang disebabkan oleh kerusuhan, perbuatan jahat, pemogokan, dan huru-hara
  • Pertanggungan yang disebabkan oleh banjir, badai, angin topan, dan kerusakan akibat air.
  • Pertanggungan yang disebabkan oleh gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.
  • Pertanggungan yang disebabkan oleh pergerakan tanah dan tanah longsor

Property All Risk menjadi program asuransi yang menanggung kerusakan untuk bangunan non-industrial, sedangkan Industrial All Risk sebaliknya.

Baca Juga: Prosedur dan Biaya Balik Nama Sertifikat Tanah atau Rumah

Non-industrial ini contohnya rumah, kantor, sekolah, rumah sakit, dan lain-lain. Sementara industrial contohnya gudang, pabrik, mall, serta pertokoan.

2. PSAKI

Jenis kedua ini adalah PSAKI atau singkatan dari Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia.

Asuransi ini menjadi asuransi standar yang banyak ditawarkan dengan fungsi memberi tanggungan dan jaminan dalam layanan asuransi kebakaran. PSAKI sendiri dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Perbedaan selain dari sisi program yang resmi dikeluarkan oleh AAUI, asuransi ini lebih fokus menangani risiko kebakaran dan kerusakan bangunan serta harta benda akibat kebakaran, ledakan, petir, kejatuhan pesawat terbang (aircraft), dan asap.

Namun nasabah atau pemegang asuransi bisa memperluas seperti jenis yang pertama dengan memasukan penyebab lebih luas lagi.

Cara Kerja dan Sistem Asuransi Untuk Rumah

Membicarakan cara kerja program asuransi memang ada dua sisi yang bisa diambil, satu sisi melihat dengan penuh sisi positif, satu lagi melihat sisi positif sekaligus negatifnya.

cara Kerja dan Sistem Asuransi Untuk Rumah
Photo: Google.com

Sebagai contoh, Anda membeli sebuah rumah dengan luas bangunan 200 meter persegi. Untuk mengetahui nilai pertanggungan, akan dihitung berapa jumlah dana yang dibutuhkan dalam membangun sebuah rumah dengan luas 200 meter per-segi.

Baca Juga: Tipe-Tipe Rumah dari yang Mungil Hingga yang Lega

Jika ternyata setelah dihitung dan mengikuti harga tanah saat ini misalnya sekitar Rp 4 juta per-meter persegi, maka nilai pertanggungan mencapai Rp 800 juta,-.

Setelah itu bari dicari nilai premi yang harus dibayarkan setiap tahunnya. Sebenarnya bila dilihat dari sisi positif, nilai premi tahunan dengan nilai pertanggungan akan sangat menguntungkan bagi pemegang asuransi.

Contoh, nilai premi yang harus dibayarkan setiap tahun sekitar Rp 1 juta saja, namun bila terjadi kerugian akibat hal-hal yang sudah disebutkan di atas, Anda akan mendapat tanggungan atau jaminan senilai Rp 800 juta.

Tapi, belum tentu biaya yang dibayarkan sesuai nilai premi ini akan terpakai karena kita tentu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bukan? Nah, bila melihat dari sisi negatif, kita harus mengeluarkan biaya lebih terhadap hal-hal yang tidak pasti.

Belum lagi akan ada sejumlah syarat dan ketentuan bila ingin berhenti mengikuti program asuransi dan biaya nilai premi yang telah bertahun-tahun disetor bisa saja tidak akan dibalikan atau hanya sekitar sekian persen saja.

Kembali lagi, karena kita tidak pernah tahu bagaimana masa depan berjalan, sebagian masyarakat memilih lebih baik mengeluarkan biaya lebih setiap bulan atau tahunnya untuk mengurangi segala risiko yang bisa saja terjadi khususnya dalam hal bangunan dan harta benda.

Coba Pertimbangkan Kelebihan Pakai Asuransi Bangunan dan Harta Benda

Tertarik mengikuti program asuransi jenis rumah untuk bangunan dan harta benda Anda tetapi masih merasa ragu? Berikut beberapa kelebihan dari penggunaan asuransi bangunan dan harta benda yang dapat dijadikan referensi:

Coba Pertimbangkan Kelebihan Pakai Asuransi Bangunan dan Harta Benda
Photo: BING

a. Memberi Perlindungan Bangunan dan Harta Benda

Kelebihan yang pertama ialah asuransi melindungi bangunan dan harta benda. Karena pada dasarnya fungsi utama asuransi jenis ini ialah memberi jaminan dan pertanggungan terhadap bangunan beserta isinya. Sebagai pemilik bangunan dan isinya, Anda akan lebih merasa tenang dan tidak merasa kehilangan secara keseluruhan bila suatu hari terjadi peristiwa yang tidak diharapkan.

Baca Juga: Ini Daftar Fasilitas Apartemen Yang Harus Ada

Seperti terjadi bencana dan musibah yang membuat bangunan mengalami kerusakan. Selain itu asuransi dapat digunakan lebih luas untuk mendapat jaminan/tanggungan bila terjadi peristiwa perampokan.

b. Menciptakan Rasa Aman

Karena adanya jaminan atau pertanggungan, tentu secara tidak langsung Anda sebagai pemilik akan merasa lebih aman. Aman di sini merupakan rasa tenang ketika mendapat kerugian yang terjadi secara mendadak.

c. Biaya Terjangkau

Seperti yang sudah dijelaskan dalam cara kerja atau sistem asuransi pada bangunan dan harta benda, biaya yang harus dibayarkan setiap tahun cukup murah dibandingkan dengan tanggungan yang harus ditanggung ketika terjadi sesuatu seputar bangunan serta isinya.

d. Mengurangi Risiko Gangguan Finansial

Ketika kita tertimpa musibah atau mengalami bencana (bukan karena kelalaian kita sendiri) otomatis secara finasila akan terganggu karena harus mengeluarkan banyak biaya dalam memulihkan situasi.

Contohnya kebakaran akibat konsleting listrik. Dengan menggunakan asuransi, kita bisa mengurangi gangguan terhadap finansial dari dampak kejadian tersebut.

e. Memiliki Tempat Tinggal Sementara

Kelebihan terakhir menggunakan asuransi adalah Anda akan mendapat tempat tinggal sementara bila bangunan mengalami kerusakan hebat atau Anda harus kehilangan tempat tinggal. Pihak asuransi akan memberi dan mencarikan tempat tinggal sementara tanpa harus membayar apapun.

Tips Memilih Partner Asuransi Untuk Rumah

Kalau tertarik dan sudah yakin ingin menggunakan produk asuransi dengan berbagai program yang biasanya dibuat berbeda oleh setiap perusahaan asuransi, simak deretan tips dalam memilih partner atau produk asuransi untuk rumah di bawah ini.

  • Perhatikan Perusahaan Asuransi Pilihan

Perusahaan asuransi di Indonesia banyak sekali jumlahnya, mungkin Anda sudah tidak asing dengan beberapa nama perusahaan asuransi populer. Tips pertama ialah dengan memerhatikan baik-baik kualitas dan sistem pada perusahaan tersebut.

Baca Juga: Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Anda dapat mencari banyak informasi seputar perusahaan atau produk asuransinya baik melalui internet atau secara langsung bertanya pada mereka yang sudah lebih dulu menjadi pengguna,

  • Gunakan Polis Sesuai Kebutuhan

Berikutnya, Anda harus banyak mempertimbangkan dalam memilih polis atau jenis program asuransi untuk rumah dan harta benda Anda.

Biasanya setiap perusahaan memiliki penawaran program asuransi dengan kelebihan atau keuntungan berbeda-beda. Begitu juga dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan.

  • Biaya Premi yang memadai

Selain memperhatikan dengan rinci perusahaan asuransi yang dipilih dan memilih polis sesuai kebutuhan Anda, jangan lupa selalu perhitungkan besar biaya premi tahunan dengan cermat.

Sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Karena bagaimana pun menggunakan produk asuransi sama dengan menerapkan motif berjaga-jaga yang behrubngan dengan waktu yang akan datang dan masa depan.

Ketika memilih produk asuransi dari sebuah perusahaan, jangan ragu bertanya tentang berbagai hal yang berhubungan dengan program asuransi tersebut.

Tidak sedikit pengguna atau pemegang asuransi tidak mengerti keseluruhan, khususnya tentang syarat dan ketentuan.

Terkadang malah menimbulkan konflik antara pengguna dengan pihak perusahaan asuransi karena pengguna merasa kecewa sebab tidak mendapat jaminan atau pertanggungan terhadap permasalahan yang ia pikir harusnya menjadi hak-nya.

Hal seperti itu umum terjadi karena kurang pahamnya syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Ada banyak faktor yang bisa saja dijadikan kebijakan pihak perusahaan asuransi untuk tidak memberi tanggungan dan jaminan pada penggunanya.

Contohnya bila kerugian yang dialami pengguna tidak termasuk dalam polis. Kemudian, pengguna kurang paham akan hal itu.

Mengikuti Program Asuransi Bisa Menjadi Sarana Merangsang Pertumbuhan Finansial

Bukan hanya dalam program asuransi untuk rumahsaja, ketika kita memutuskan ikut atau bergabung dalam program asuransi, ini menjadi sebuah langkah untuk menstabilkan finansial kita. Khususnya bagi pemimpin keluarga yang mau tidak mau memiliki pengeluaran besar setiap bulannya.

Dengan ikut asuransi, kita tidak perlu banyak khawatir mengenai pengeluaran biaya tidak terduga. Termasuk dalam asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, bisnis, dan kendaraan.

Selain itu asuransi juga dapat menjadi media investasi. Biasanya setiap program asuransi merupakan program yang diberlakukan sekian tahun, misalnya dalam 10 tahun.

Bila selama 10 tahun tersebut tidak mengalami permasalahan yang berujung menggunakan tanggungan dan jaminan asuransi, maka biaya premi yang selama ini disetorkan dapat kembali lagi pada kita. Tentunya disertai aturan yang telah disepakati bersama antara pihak perusahaan dan pihak pengguna asuransi.

Sebagian besar pakar keuangan menilai program asuransi menjadi program menabung dengan motif berjaga-jaga paling masuk akal. Karena pengguna dapat memilih sendiri program sesuai kebutuhan mereka sendiri.

Tidak hanya mereka tapi dapat melibatkan orang atau pihak lain. Asuransi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi dan meminimalkan risiko-risiko yang diakibatkan peristiwa tidak terduga yang dapat terjadi kapan saja.

Asuransi sering disebut juga dengan suatu bentuk perhatian dan wujud pengendalian finansial seseorang atau lebih untuk menghadapi masa depan.

Bagaimana? Sudah tertarik menggunakan produk asuransi rumah ataupun produk asuransi lainnya? Silakan pilih perusahaan asuransi yang menurut Anda dapat dipercaya dan memberi layanan serta fasilitas terbaik. Tidak sedikit perusahaan membuat program menarik dengan memberi bonus menarik.

About sibyllineorder.org

Check Also

Tips Berikut Ini Bisa Meningkatkan Harga Jual Rumah Anda

Saat Anda ingin berpindah rumah, tentu ada dua pilihan untuk rumah yang kini Anda tempati, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *