Home / Wisata / 15 Alat Canggih yang Wajib Dimiliki Traveler

15 Alat Canggih yang Wajib Dimiliki Traveler

Di era yang semakin canggih seperti saat ini, ada banyak teknologi yang berhasil dikembangkan oleh para ilmuwan. Berbagai macam teknologi yang dihasilkan dapat mempermudah manusia untuk menjalankan berbagai macam aktivitas, mulai dari aktivitas di pagi hari sampai aktivitas di malam hari menjelang tidur.

Untuk Anda yang gemar bepergian atau traveling, maka Anda dapat menemukan banyak alat canggih yang siap membantu Anda dalam perjalanan.

Bahkan ada banyak alat yang diciptakan untuk Anda yang hobi mendaki gunung dan menikmati alam bebas. Berbagai perlengkapan mendaki dan traveling canggih tersebut siap membantu Anda menjalankan aktivitas di luar rumah.

Berikut ini beberapa alat canggih yang diciptakan untuk mempermudah aktivitas Anda di luar rumah

1. Luci

Apa Anda sudah mengenal powerbank? Ya, powerbank menjadi salah satu teknologi yang menguntungkan bagi para traveler karena powerbank dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel tanpa Anda harus mencari sumber listrik.

Luci
Photo: ziptac.com.au

Sayangnya, powerbank masih memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan dari powerbank adalah membutuhkan listrik untuk mengisi daya powerbank itu sendiri. Kelemahan yang satu ini dapat diatasi dengan hadirnya alat canggih Luci. Luci tidak membutuhkan listrik untuk menambah daya.

Luci menggunakan cahaya atau sinar matahari untuk mengisi daya. Adanya panel surya yang ada, maka Anda dapat mengisi daya Luci tanpa perlu khawatir dengan adanya listrik. Luci juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai senter.

2. Eton Scorpion

Saat Anda melakukan aktivitas di luar rumah terutama di hutan dan gunung, maka Anda membutuhkan senter sebagai barang yang wajib untuk Anda bawa.

Senter akan membantu Anda menerangi jalan ketika gelap datang. Saat ini sudah hadir senter canggih yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai senter, akan tetapi juga dapat digunakan sebagai USB charger serta pembuka botol.

Eton Scorpion
Photo: Amazon.com

Alat canggih yang atu ini juga dapat digunakan sebagai radio komunikasi sehingga akan sangat membantu Anda saat ponsel Anda mati. Sama halnya dengan Luci, alat yang satu ini juga menggunakan cahaya matahari untuk mengisi daya.

3. Sawyer

Saat Anda berjalan menyusuri hutan dan lereng gunung, tentu Anda akan membutuhkan air untuk diminum saat Anda mulai merasa lelah.

Sawyer
Photo: eBay

Membawa air minum terlalu banyak tentu akan merepotkan perjalanan Anda. Anda dapat menemukan banyak sumber air di hutan dan gunung ketika air minum Anda habis. Akan tetapi Anda harus hati-hati karena tidak sedikit air yag beracun.

Simak Juga: Festival Wisata Budaya yang Harus Dikunjungi Tahun Ini

Sawyer menjadi perlengkapan camping yang dapat Anda gunakan untuk membuat air bersih di sekitar Anda layak diminum. Anda hanya perlu memasukan air ke dalam wadah sawyer. Filter yang terdapat di dalam alat canggih yang satu ini akan membantu Anda untuk memurnikan air tersebut.

4. X-1 Surge

Tidak heran jika saat ini ada banyak orang yang menyukai musik. Musik dijadikan sebagai salah satu penghilang stres. Saat Anda melakukan aktivitas di luar rumah dan ingin mendengarkan musik, tentu Anda membutuhkan headset.

X-1 Surge
Photo: Google.com

Sayangnya headset menjadi salah satu perangkat yang rawan rusak jika terkena air. Saat ini sudah muncul X-1 Surge yang merupakan headset yang dibuat dengan kemampuan tahan terhadap air. Anda tidak perlu khawatir headset Anda rusak saat hujan.

5. Handpresso Wild Hybrid

Saat Anda mendaki gunung, tentu Anda membutuhkan stamina yang baik. Ada banyak orang yang memilih untuk meminum kopi untuk menjaga mereka tidak cepat ngantuk.

Handpresso Wild Hybrid
Photo: eBay

Selain itu, kopi juga digunakan untuk menjaga kondisi tubuh tetap hangat terutama saat mendaki. Saat ini sudah ada alat canggih bernama Handpresso Wild Hybrid.

Alat yang satu ini sangat cocok untuk dimiliki oleh Anda penggemar kopi. Alat yang satu ini memberikan kemudahan kepada Anda untuk menyajikan secangkir espresso.

Anda tentu wajib memiliki alat canggih yang satu ini di rumah. Karena Ukurannya yang kecil maka alat ini akan mudah dibawa kemana-mana.

6. Petzl NAO Headlamp

Saat Anda melakukan perjalanan yang membutuhkan cahaya, maka Anda wajib memiliki headlamp. Saat Anda akan mendaki gunung, maka alat yang satu ini akan sangat dibutuhkan. Saat ini sudah ada Petzl NAO Headlamp.

Petzl NAO Headlamp
Photo: mec.ca

Lampu yang satu ini memiliki sensor khusus yang dapat menggatur cahaya yang Anda butuhkan. Anda dapat melihat peta dari jarak dekat atau melihat benda dari kejauhan dengan lebih baik.

7. Pengisi daya baterai canggih

Saat ini Anda sudah dapat menemukan banyak pengisi daya canggih, selain powerbank dan Lusi yang sudah diceritakan di atas, Anda dapat menemukan pengisi daya lainnya.

Simak Juga: Ladies! Ini Dia 10 Kota di Berbagai Negara yang Aman untuk Solo Traveler

Pengisi daya yang satu ini sama dengan Luci menggunakan cahaya matahari untuk mengisi daya, yang membedakan keduanya adalah alat ini lebih tipis, tahan terhadap air, serta mudah untuk dibawa kemana-mana. Karena alat yang satu ini tahan terhadap air, maka Anda tidak perlu khawatir alat ada rusak jika hujan datang.

8. Victorinox Expedition

Saat ini tentu semakin banyak diciptakan alat canggih yang memiliki banyak fungsi atau biasa disebut dengan multifungsi. Alat multifungsi tent akan lebuh mempermudah Anda dalam perjalanan.

Victorinox Expedition
Photo: Youtube

Selain itu, alat multifungsi juga akan mengurangi beban bawaan Anda.Salah satu alat multifunsgi yang akan sangat bermanfaat untuk Anda adalah Victorinox Expedition. Alat canggih yang satu ini memiliki ukuran yang kecil sehingga mampu untuk disimpan di saku Anda.

Alat multifungsi ini memiliki kurang lebih 41 fungsi. Beberapa diantaranya adalah alarm, ham digital, barometer, lampu built in, termometer, dan lain sebagainya.

9. Jakpak

Tentu Anda akan membutuhkan jaket saat Anda melakukan perjalanan naik gunung atau hiking. Saat ini ada banyak jaket gunung yang memiliki fungsi ganda bahkan ada banyak yang multifungsi.

Jakpak
Photo: hiking.org

Jakpak menjadi salah satu jaket yang memiliki fungsi lain selain untuk melindungi Anda dari udara dingin. Jakpak merupakan jaket yang juga dapat digunakan untuk sleeping bag dan tenda.

Jaket anti-air ini tentu akan lebih memudahkan perjalanan naik gunung Anda. Anda tidak perlu repot-repot membawa sleeping bag. Selain mempermudah perjalanan Anda, ini juga akan mengurangi beban yang Anda bawa saat berjalan jauh.

10. Meet Earl

Anda akan membutuhkan banyak alat ketika Anda melakukan perjalanan naik gunung, terutama saat Anda menempuh waktu seharian penuh.

Meet Earl
Photo: techcrunch.com

Terlalu banyak alat yang dibawa juga akan merepotkan Anda sehingga Anda harus menemukan alat yang mampu mencakup semau alat. Untuk Anda yang memiliki dana lebih, maka Anda dapat membeli alat canggih dengan nama Meet Earl.

Alat yang satu ini memiliki fasilitas beragam, mulai dari GPS, barometer, sensor cuaca, kompas, termometer, radio, bluethoot, pengisi solar, bult in walkie talkie, bahkan sampai android 4.1 dapat ditampilkan di Meet Earl. Perlengkapan untuk gunung yang satu ini tentu akan sangat memudahkan aktivitas Anda di luar rumah.

11. Jam tangan canggih

Jam tangan menjadi salah satu alat yang wajib Anda gunakan ketika melakukan perjalanan jauh. Jam tangan akan membuat Anda mengetahui waktu. Saat ini sudah ada banyak jam tagan canggih yang dibuat dengan berbagai macam fungsi.

Jam tangan canggih
Photo: Bing

Salah satunya adalah jam tangan yang memiliki navigasi GPS, kompas, barometer, serta termometer. Alat yang satu ini juga memiliki fitur nirkabel yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan ke smartphone atau monitor Anda.

Simak Juga: Ini 12 Negara yang Berbahaya untuk Solo Traveler, Harus Ekstra Hati-hati!

Jam angan yang satu ini dapat diisi ulang melalui USB sehingga Anda tidak perlu khawatir saat daya mulai habis. Jam yang satu ini bersifat antiair sehingga aman dari kerusakan.

12. Heimplanet Tent

Ketika Anda haking atau naik gunung, tentu Anda membutuhkan tenda sebagai tempat untuk Anda beristirahat bersama dengan teman-teman Anda.Tenda pada umumnya merupakan tenda sederhana yang sangat ribet untuk dipasang.

Heimplanet Tent
Photo: rei.com

Membutuhkan kesabaran ekstra saat memasang tenda tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sudah ada Heimplanet Tent yang merupakan tenda yangsangat praktis untuk didirikan.

Tenda yang satu ini dapat dilipat menyerupai tas kecil sehingga Anda tidak perlu repot membawanya. Anda hanya perlu memompa tenda tersebut untuk dapat mendirikannya. Tenda yang satu ini dapat ditempat oleh 2 sampai 3 orang.

13. Biolite Campstove

Salah satu kesulitan ketika berada di dalam hutan atau gunung adalah tidak adanya api. Beberapa orang kesulitan membuat atau menyalakan api. Api sangat penting ketika Anda di dalam hutan.

Biolite Campstove
Photo: Google.com

Selain digunakan untuk penerang dan penghangat tubuh, api j8ga bermanfaat untuk mengolah bahan makanan yang akan Anda dan rekan Anda makan. Saat ini sudah ada kompor portabel yang diberi nama Biolite Campstove.

Kompor portabel yangsatu ini akan sangat memudahkan Anda untuk menyalakan api. Selain digunakan untuk menyalakan api. Alat yang satu ini ternyata juga dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel Anda.

14. Iridium Extreme Satellite Phone

Alat komunikasi di gunung menjadi salah satu hal yang penting karena alat komunikasi dapat digunakan saat keadaan darurat. Sayangnya ponsel jarang dapat dimanfaatkan di daerah pegunungan karena masalah sinyal.

Iridium Extreme Satellite Phone
Photo: Yandex

Iridium Extreme Satellite Phone menjadi salah satu alat komunikasi yang dapat Anda gunakan saat keadaan darurat. Alat yang satu ini tidak menggunakan provider layaknya smartphone.

Akan tetapi alat yangsatu ini memiliki kemampuan untuk mengirim sms, voice mail, tethering data, serta dapat digunakan untuk mengirimkan lokasi terakhir Anda berada. Anda tidak perlu khawatir karena alat yang satu ini mampu bertahan kurang lebih 30 jam.

15. LED headlamp

Saat Anda mendaki ke atas gunung, maka tentu Anda mencari sunrise atau matahari muncul bukan? Nah, untuk mendapatkan pemandangan indah di pagi hari, maka Anda harus naik di malam hari. Anda akan membutuhkan headlamp untuk mendaki gunung yang akan menerangi perjalanan naik gunung Anda.

 LED headlamp
Photo: Amazon.com

LED headlamp menjadi salah satu alat canggih yang dapat Anda gunakan. Lat yang satu ini mampu bertahan kurang lebih 18 jam. Headlamp yang satu ini dapat diisi daya dengan menggunakan USB.

Meskipun di dalam air, alat yang satu ini tetap dapat menyala sehingga sangat cocok untuk Anda pilih. Alat yang satu ini juga memiliki SOS Strobe yang dapat digunakan saat kondisi darurat.

Demikian di atas merupakan beberapa alat canggih yang wajib untuk dimiliki oleh Anda yang gemar dengan aktivitas luar rumah atau outdoor. Berbagai alat canggih di atas akan mempermudah aktivitas Anda.

About sibyllineorder.org

Check Also

Liburan Backpacker Biaya Murah ke 8 Kota di Dunia Berdasarkan Backpacker Index 2019

Liburan ke luar negeri identik dengan biaya yang mahal dari segi transportasi, akomodasi dan masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *